Adu Spesifikasi Poco X3 NFC vs Realme 7 Pro

Spesifikasi Poco X3 NFC vs Realme 7 Pro

GayaTekno.id – Dua hari terakhir, penikmat gadget di Tanah Air dimanjakan dengan kehadiran dua smartphone terbaru. Xiaomi meluncurkan Poco X3 NFC pada Kamis malam (15/10/2020), sementara Realme 7 Pro melenggang sehari sebelumnya.

Menariknya, kedua smartphone anyar itu sama-sama menjadikan generasi muda sebagai sasaran utama pasar mereka. Tapi, smartphone manakah yang lebih layak untuk dimiliki?

Sebagai bahan pertimbangan, yuk kita bandingkan spesifikasi Poco X3 NFC vs Realme 7 Pro.

Desain dan Layar

Di atas kertas, Poco X3 NFC membawa dimensi 165.3 x 76.8 x 9.4 mm dengan bobot 215 gram. Sedangkan Realme 7 Pro tampil lebih ringkas dan enteng karena hanya berukuran 160.9 x 74.3 x 8.7 mm dengan berat 182 gram.

Adanya ketimpangan dimensi dan berat ini tidak terlepas dari ukuran layar yang berbeda. Jagoan baru Xiaomi meluncur dengan layar 6,67 inci berpanel IPS beresolusi FHD+, sementara amunisi Realme dipersenjatai layar Super AMOLED 6,4 inci beresolusi FHD+.

Meski layar Poco X3 NFC lebih luas, namun jika dilihat dari sisi penggunaan panel, layar Realme 7 Pro lebih unggul. Panel Super AMOLED memungkinkan perangkat untuk dijejali pemindai sidik jari di bawah layar. Sedangkan panel IPS pada Poco X3 NFC memaksa fingerprint berpindah di bagian samping smartphone.

Anehnya, meskipun Realme 7 Pro sudah dibekali panel Super AMOLED, namun refresh rate layarnya mentok di 60Hz saja, atau setengah dari refresh rate layar Poco X3 NFC yang mencapai 120Hz. Perbedaan refresh rate ini tentu saja akan berpengaruh pada tampilan layar, terutama saat smartphone dipakai bermain game. Semakin besar refresh rate layar smartphone, semakin mulus grafis yang disajikan.

Perlu digarisbawahi juga, daya tahan layar perangkat bisa saja menjadi milik Poco X3 NFC. Pasalnya, smartphone ini sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 5 di bagian depan dan belakang ponsel. Sementara rivalnya hanya dimodali Corning Gorilla Glass 3+.

Poco X3 NFC

Performa

Bicara performa, adu spesifikasi Poco X3 NFC vs Realme 7 Pro tidak terlepas dari chipset yang menjadi otak kedua perangkat. Smartphone milik Xiaomi dilengkapi prosesor Qualcomm Snapdragon 732G, chip 4G paling mutakhir di seri 700, yang berpadu dengan GPU Adreno 618.

Sedangkan kepunyaan Realme ‘hanya’ dijejali Snapdragon 720G, yang notabene generasi sebelum Snapdragon 732G. Meski demikian, kartu grafisnya sama-sama menggunakan Adreno 618. Kedua chip juga sama-sama berarsitektur 8nm, cukup efisien untuk menghemat pemakaian baterai.

Bergeser ke bagasi data, Poco X3 NFC menawarkan opsi RAM 6GB + ROM 64GB dan RAM 8GB + ROM 128GB. Sedangkan kompetitornya hanya menyediakan memori RAM 8GB + ROM 128GB.

Perbandingan selanjutnya menuju gaming. Kedua smartphone sama-sama membawa fitur gamingnya sendiri. Poco X3 NFC dibekali Game Turbo 3.0, sedangkan Realme 7 Pro dengan fitur Game Space.

Kendati demikian, Poco X3 NFC masih memiliki kartu As berupa LiquidCool Technology 1.0 Plus, sistem pendingin untuk mereduksi suhu panas yang tentu saja tak dimiliki Realme 7 Pro.

Kamera

Soal kamera, baik Poco X3 NFC maupun Realme 7 Pro sama-sama menggunakan Quad Camera dan kamera selfie tunggal.

Poco X3 NFC dilengkapi empat kamera belakang dengan konfigurasi kamera utama 64MP (sensor Sony IMX 682), lensa ultrawide 13MP, lensa makro 2MP, dan sensor kedalaman 2MP. Sedangkan kamera depannya 20MP yang dibenamkan ke dalam layar punch hole.

Di sisi lain, Realme 7 Pro membawa kuartet kamera belakang dengan komposisi kamera utama 64MP (sensor Sony IMX 682), lensa ultrawide 8MP, lensa makro 2MP, dan sensor bokeh 2MP. Adapun kamera selfienya berkekuatan 32MP.

Untuk keperluan fotografi, Poco X3 NFC unggul di lensa ultrawide, namun di kategori swafoto, Realme 7 Pro juaranya.

Realme 7 Pro

Baterai dan NFC

Beralih ke urusan daya tahan, Poco X3 NFC bergantung pada baterai 5.160 mAh, lengkap dengan pengisian daya cepat 33W yang diklaim sanggup mengisi penuh baterai dalam 65 menit.

Sementara Realme 7 Pro, meski kapasitas baterainya lebih kecil, yakni 4.500 mAh, bisa mengisi baterai lebih ngebut. Berkat fitur 65W SuperDart, baterai perangkat bisa terisi penuh hanya dalam waktu 34 menit saja.

Kabar baiknya, kedua smartphone sudah memiliki NFC.

Harga

Inilah faktor yang paling krusial ketika akan memilih sebuah smartphone. Dengan segudang spesifikasi yang diusungnya, harga Poco X3 NFC dibanderol Rp 3,099 juta untuk versi RAM 6GB + ROM 64GB dan Rp 3,499 juta untuk varian RAM 8GB + ROM 128GB selama masa promosi.

Sedangkan harga Realme 7 Pro yang tersedia dalam RAM 8GB + ROM 128GB dijual senilai Rp 4,999 juta.

 

Tivan Rahmat
The advance of technology is based on making it fit in so that you don't really even notice it, so it's part of everyday life