Laporan Keuangan Erajaya Semester 1 2021

Laporan keuangan erajaya semester 1 2021

GayaTekno.id – PT Erajaya Swasembada, Tbk. (ticker code: ERAA. IJ), merilis laporan keuangan untuk periode semester pertama 2021.

Selama paruh awal 2021, perseroan berhasil melanjutkan trend pertumbuhan dengan meningkatnya penjualan bersih sebesar 47,6% YoY dan berhasil mencatat peningkatan laba yang signifikan sebesar Rp 558,5 miliar (+392,4% YoY).

Beberapa ringkasan kinerja keuangan ERAA periode semester pertama 2021 sebagai berikut:
Pertumbuhan penjualan sebesar 47,6% YoY dari Rp 14,5 triliun per 1H 2020 menjadi Rp 21,4 triliun per 1H 2021.

Sementara itu, pertumbuhan margin kotor perusahaan dari 9,2% per 1H 2020 menjadi 10,2% per 1H. Pertumbuhan laba tahun berjalan yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar 392,4% YoY dari Rp113,4 miliar per 1H 2020 menjadi Rp558,5 miliar per 1H 2021

Menanggapi laporan keuangan Erajaya semester 1 2021 ini, Hasan Aula selalu Wakil Direktur Utama PT Erajaya Swasembada Tbk tidak bisa menutupi bahagianya.

“Sepanjang semester 1 tahun 2021 ini Perseroan sanggup meningkatkan laba Perseroan hampir 5x lipat dibanding semester 1 tahun 2020 lalu,” kata Hasan.

“Kita mencatat Rp 558,5 miliar laba di semester 1 2021 ini. Penjualan juga dapat kita tingkatkan menjadi Rp 21,4 triliun di semester 1 tahun 2021, meningkat 47,6% dibanding periode yang sama tahun lalu,” imbuhnya.

Secara umum, pandemi dan pembatasan aktivitas di berbagai wilayah di Indonesia dengan jangka waktu yang tidak singkat, menjadi tantangan bagi para pelaku bisnis termasuk Erajaya.

Namun tantangan ini berhasil dirubah menjadi opportunity untuk tetap memberikan layanan dan produk unggulan melalu beragam strategi seperti:

Mobile Shopping: memberikan promo terbaru dan terbaik melalui e-catalog dan memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk memesan via chat Whatsapp center.

Home Delivery Service/EraXpress: layanan delivery yang dilakukan oleh pihak Erajaya dalam waktu 3 jam dan gratis ongkir untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mendapatkan produk yang diinginkan tanpa perlu keluar rumah.

Omni-Channel: layanan berbasis O2O (online to offline maupun sebaliknya) yang memberikan kebebasan bagi pelanggan untuk memesan produk.

Online promotion & exhibition: secara agresif melaksanakan berbagai event promosi melalui online platform maupun bekerja sama dengan e-commerce marketplace di Indonesia untuk menawarkan produk unggulan dengan penawaran menarik.

Strategi ini didasarkan pada komitmen Erajaya untuk mengutamakan kepuasan pelanggan dan memberikan customer journey yang positif, lewat semua channel yang dipilih oleh pelanggan baik online maupun offline.

Komitmen Erajaya dengan berupaya meningkatkan jaringan toko ritel kembali dilakukan di tahun 2021. Per 30 Juni 2021, Erajaya telah memiliki toko ritel sebanyak 1.067 toko dengan 88 titik distribusi, serta kerjasama dengan lebih dari 64.000 reseller di wilayah Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Seiring dengan ekspansi footprint ini, management juga terus memonitor perkembangan dan dampak pandemi, dan akan terus melakukan penyesuaian akan strategi bisnis ke depannya, sesuai dengan kebutuhan.

Ronald Bastian
Jika kamu tak mampu meyakinkan dan memukau orang dengan kepintaranmu, bingungkan dia dengan kebodohanmu.