Jakarta, GayaTekno.id – Pada era digital seperti saat ini, gaya hidup masyarakat Indonesia tidak bisa terlepas dari sentuhan teknologi untuk memenuhi kebutuhan harian mereka.
Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet Indonesia tahun 2024 mencapai 221.563.479 jiwa dari total populasi 278.696.200 jiwa penduduk Indonesia.
Dari hasil survei penetrasi internet Indonesia 2024 yang dirilis APJII, maka tingkat penetrasi internet Indonesia menyentuh angka 79,5% atau naik 1,4% dari tahun sebelumnya.
Menjawab fenomena ini, PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli) terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup masa kini. Salah satu caranya dengan mengembangkan ekosistem omnichannel terpadu Blibli Tiket.
Dalam keterangan tertulisnya, Yolanda Nainggolan selaku Head of Public Relations Blibli, menjelaskan bahwa ekosistem Blibli Tiket terus berupaya menghadirkan innovation for excellence yang berpusat pada pelanggan agar dapat mengakses ke seluruh platform dengan mudah, sekaligus bisa mendapat mendapatkan serangkaian benefit.
Kolaborasi yang melibatkan Blibli, Tiket.com, dan Ranch Market yang dimulai sejak 2022 lalu itu menandai perjalanan inovasi dan sinergi ekosistem Blibli Tiket dalam menjawab kebutuhan konsumen yang terus berevolusi, sekaligus menjadi kunci agar dipercaya oleh pelanggan dan institusi.
Solusi ini juga merupakan bagian dari visi perusahaan yang ingin menjadi ekosistem perdagangan pilihan masyarakat Indonesia.
Mengusung semangat #BisaJadiLebih, ekosistem Blibli Tiket dirancang untuk memastikan pengalaman yang superior, bernilai tambah, dan transaksi tanpa hambatan baik online maupun offline, yang dituangkan ke dalam enam pilar utama, yaitu:
Blibli Tiket PayLater
Solusi yang satu ini menawarkan opsi pembayaran terintegrasi di semua platform Blibli Tiket. Layanan ini memungkinkan pelanggan membeli kebutuhannya sekarang dan membayar nanti.
Menariknya, Blibli Tiket PayLater bukan hanya bisa digunakan untuk belanja di Blibli saja, tapi juga bisa dipakai untuk membayar transaksi di Tiket.com dan Indodana.
Single Sign-On
Dalam bahasa sederhana, fitur ini memberikan kemudahan akses antar platform dengan menggunakan kredensial login yang sama di semua akun.
Karena antar platform telah terintegrasi, pengguna hanya memerlukan satu akun saja untuk dapat menikmati semua layanan pada Blibli, Tiket, dan Ranch Market.
Mau belanja di e-commerce Blibli, merencanakan liburan via Tiket.com, atau memenuhi kebutuhan harian melalui Ranch Market kini hanya butuh satu akun saja. Simpel dan praktis, bukan?
Loyalty Membership Parity
Pada dasarnya, fitur ini menggabungkan manfaat pelanggan secara bertahap. Artinya, setiap benefit yang tersedia di masing-masing platform dapat diakses melalui ekosistem Blibli Tiket, agar keuntungan yang dimiliki pelanggan bisa digunakan secara optimal.
Blibli Tiket Rewards
Program loyalitas terpadu “Satu Poin Untungnya Dimana-mana” yang telah hadir sejak tahun 2023, kini berlaku untuk transaksi offline di toko elektronik konsumen dan gerai supermarket di dalam ekosistem Blibli Tiket yang terdiri dari 185 toko fisik elektronik konsumen, 62 gerai supermarket premium, dan 30 Dekoruma Experience Center di seluruh Indonesia (data per akhir Juni 2024).
Bicara tentang Blibli Tiket Rewards, terdapat momen menarik saat perayaan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) tahun ini.
Pasalnya, pelanggan berhak menerima bonus poin Blibli Tiket Rewards dengan kelipatan hingga 2 kali di setiap tier level (Silver, Gold, Platinum, Diamond).
Nantinya, poin bisa ditukar di ekosistem Blibli Tiket, yaitu platform Blibli, online travel agent (OTA) tiket.com, gerai supermarket premium Ranch Market dan Farmers Market, Blibli Store, Hello Store dan Tukar Tambah Store.
Mekanisme ini merupakan komitmen Blibli Tiket untuk memastikan pengalaman pelanggan dalam mengumpulkan dan menukarkan poin yang mudah dan terintegrasi.
Unified Membership
Integrasi menjadi kata kunci dalam solusi yang diberikan ekosistem Blibli Tiket bagi para pelanggannya. Per tahun 2024, keanggotaan pelanggan di ekosistem Blibli Tiket sepenuhnya terintegrasi.
Blibli Tiket Action
Sebagai pelopor ekosistem perdagangan dan gaya hidup yang siap dan relevan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, Blibli Tiket menyadari bahwa sejauh apapun pencapaian perusahaan, tidak akan berarti jika tanpa diiringi dengan rasa tanggung jawab untuk membantu mewujudkan masa depan berkelanjutan dan bumi yang lebih lestari.
Maka dari itu, Blibli Tiket mempunyai banyak program sustainability yang diselaraskan pada enam pilar ESG, yaitu penggunaan sumber daya yang bertanggung jawab; pengurangan sampah; pengurangan emisi; pengelolaan data dan privasi; pelatihan dan pengembangan; dan hubungan komunitas.
Bahkan, Blibli Tiket telah memiliki program tahunan bertajuk Langkah Membumi Festival yang mempertemukan ratusan ecopreneur, pihak swasta/pelaku industri, penggiat sustainability, hingga ribuan anak muda dalam aksi kolaboratif menuju ekonomi yang berkelanjutan.
Dengan semua layanan yang dimilikinya, rasanya tidak berlebihan jika ekosistem Blibli Tiket merupakan solusi gaya hidup masa kini.
Berikan Komentar