Jakarta, GayaTekno.id – Tokopedia dan ShopTokopedia ikut merayakan Hari Pahlawan 2024 dengan terus berupaya memberi panggung bagi UMKM lokal sebagai pahlawan ekonomi yang turut berkontribusi memberdayakan masyarakat sekitar.
Demi mendorong UMKM lokal dapat berjaya di negeri sendiri hingga mampu berkontribusi terhadap perekonomian nasional lewat pemanfaatan teknologi, Tokopedia dan ShopTokopedia terus berupaya dengan menghadirkan berbagai kampanye dan fitur, termasuk melalui live streaming, yang tersedia pada platform ShopTokopedia di aplikasi TikTok.
Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan, mengatakan bahwa peringatan Hari Pahlawan 2024 yang bertema ‘Teladani Pahlawanmu Cintai Negerimu’, menginspirasi Tokopedia dan ShopTokopedia untuk terus membantu sebanyak-banyaknya pelaku usaha di Indonesia dari berbagai skala bisnis untuk dapat menjangkau pasar lebih luas dan makin menjadi pilihan masyarakat, seperti Nifty Twice (Bandung, Jawa Barat), Sulawesi Central (Makassar, Sulawesi Selatan) dan Emak CW (Pekanbaru, Riau).
“Bagi Tokopedia dan ShopTokopedia, ketiga UMKM tersebut adalah beberapa contoh dari jutaan penjual, sekaligus pahlawan yang menggerakkan perekonomian negara, dengan memberdayakan masyarakat di sekitar wilayah mereka dalam menjalankan usahanya,” ujar Aditia secara daring pada Jumat (8/11/2024).
Selain itu, untuk memudahkan masyarakat mengakses kebutuhan harian dengan kualitas produk dan harga yang transparan, Tokopedia dan ShopTokopedia menghadirkan kampanye Beli Lokal yang mengusung brand lokal, Promo Guncang yakni kampanye khusus setiap tanggal kembar, Tokopedia NYAM! untuk mendukung penjual makanan dan minuman, dan Selalu Jadi Syantik yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha di kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh melalui ShopTokopedia.
Di sisi lain, hasil riset ‘Indonesia E-commerce Trends 2023’ yang berfokus pada tren konsumen pada semester II 2023 menunjujkan sebanyak 87% responden mengaku pernah menonton live streaming dan 77% dari responden melakukan transaksi via fitur live streaming.
“Melihat tingginya antusiasme masyarakat Indonesia terhadap live streaming, maka semakin besar pula peluang yang bisa dimanfaatkan pelaku usaha lokal, termasuk UMKM, sekaligus menjadi pahlawan yang menggerakkan perekonomian negara,” tambah Aditia.
Melihat data pemerintah, yang mencatat bahwa UMKM berkontribusi lebih dari 60% terhadap PDB Indonesia, UMKM bisa disebut sebagai pahlawan yang menggerakkan perekonomian negara.
Untuk mendorong pertumbuhan bisnis bagi pelaku usaha lokal di era digital, Tokopedia dan ShopTokopedia menyediakan berbagai materi edukasi yang relevan serta webinar seputar live shopping yang dapat ditemukan secara gratis di Pusat Edukasi Seller Tokopedia dan ShopTokopedia Academy.
Agar setiap pelaku usaha berhasil memberi pengalaman belanja yang lebih interaktif, serta meningkatkan transaksi melalui fitur live streaming, penjual harus memastikan bahwa akun TikTok yang dimiliki telah menjadi Akun Resmi Toko (ShopTokopedia) tanpa syarat jumlah pengikut minimum.
“Selain dapat memberikan pengalaman belanja yang lebih interaktif dan menghibur bagi pelanggan lewat ShopTokopedia, fitur live streaming dapat dimanfaatkan menjadi salah satu strategi pemasaran oleh penjual dari berbagai kategori, mulai dari Kecantikan, Fashion, Olahraga, Makanan dan Minuman, Elektronik dan masih banyak lagi,” tutup Aditia.
Berikan Komentar