Tren Belanja Tokopedia Selama Ramadan dan Lebaran 2023

Tokopedia mengumumkan tren belanja selama periode Ramadan dan Lebaran 2023.

Jakarta, GayaTekno.id – Tokopedia mengumumkan tren belanja selama periode Ramadan dan Lebaran 2023.

Secara umum, Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya menyampaikan bahwa peningkatan transaksi terjadi di beberapa kategori, seperti perlengkapan rumah tangga, makanan dan minuman, hingga fesyen.

“Beras, mi instan, dan daun bawang tercatat sebagai produk terlaris di Tokopedia NOW! sepanjang Ramadhan hingga Lebaran 2023. Layanan ini mempermudah masyarakat untuk belanja kebutuhan harian, termasuk bahan segar untuk masakan sahur maupun buka puasa dalam waktu maksimal 2 jam setelah pembayaran dan bebas ongkir,” urai Ekhel dalam sesi halal bilahal bersama awak media di kantor Tokopedia, Kuningan, Jakarta, pada Selasa (9/5/2023).

Untuk kategori fesyen, data internal Tokopedia menunjukkan bahwa kaos, sepatu serta kerudung menjadi sejumlah produk yang paling banyak dibeli masyarakat pada Ramadan hingga Lebaran tahun ini.

“Di sisi lain, masyarakat masih mengandalkan kanal online untuk membeli makanan atau minuman. Pada kampanye Tokopedia NYAM!, kami mencatat kurma, madu dan parsel makanan menjadi produk yang banyak dibeli masyarakat pada Ramadan-Lebaran 2023,” tambah Ekhel.

Fakta menarik lainnya, jarak terjauh untuk pengiriman parsel melalui Tokopedia pada periode Ramadan-Lebaran 2023 tercatat dari Jakarta ke Jayapura (lebih dari 3.500 km).

“Keberhasilan atau kelancaran pengiriman tersebut dan seluruh pengiriman lainnya, pada peak season seperti Ramadan dan Lebaran, terjadi berkat kolaborasi Tokopedia bersama lebih dari 14 mitra logistik terhubung, maka kami sangat mengapresiasi hal ini,” Ekhel mengungkapkan.

Sementara pada periode mudik, Tokopedia juga mempermudah masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman dengan menyediakan berbagai pilihan tiket transportasi umum, termasuk pesawat.

“Kami mencatat tiket tujuan pesawat yang paling banyak terjual selama Ramadhan 2023, yaitu ke Sidoarjo,” imbuh pria berkacamata tersebut.

Di sisi lain, Tokopedia juga memfasilitasi masyarakat muslim yang ingin menunaikan pembayaran zakat secara online, tentu dengan pengawasan BAZNAS.

“Selama Ramadhan hingga Lebaran 2023, lebih dari Rp 5 miliar zakat terkumpul di Tokopedia,” tambah Ekhel.

Sepanjang Ramadan hingga Lebaran 2023, Tokopedia bersama pelaku usaha juga terus menghadirkan berbagai tayangan interaktif live shopping melalui kanal video streaming Tokopedia PLAY. Tokopedia menghadirkan berbagai inisiatif untuk #LengkapiRamadan pelaku usaha agar mereka bisa memaksimalkan penjualan. Salah satunya adalah inisiatif Hyperlocal.

Hyperlocal Tokopedia menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada. Inisiatif ini terdiri dari berbagai manifestasi, seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan layanan pemenuhan Dilayani Tokopedia.

“Data internal Tokopedia menunjukkan lebih dari 40 persen pesanan dilayani Tokopedia selama Ramadan 2023 dikirim menggunakan layanan pengiriman instan,” sahut Ekhel.

Dongkrak Penjualan Mitra

Selain inisiatif Hyperlocal, Tokopedia juga menghadirkan Ramadan in Style, yaitu kampanye khusus bagi pelaku usaha lokal perlengkapan ibadah dan fesyen muslim untuk perempuan maupun laki-laki. Salah satu contoh UMKM lokal yang bergabung di Tokopedia Ramadan in Style dan mendapatkan berbagai pencapaian adalah Universa Sajadah.

Berawal dari keinginan untuk mendapatkan penghasilan tambahan saat menjadi pekerja kantoran dan sebagai upaya untuk mendalami ilmu agama, Renato Akbar mendirikan Universa Sajadah pada 2014. Hingga kini, Universa Sajadah menawarkan berbagai koleksi perlengkapan ibadah, salah satunya sajadah dengan motif polos.

“Nama Universa Sajadah diambil dari kata universe, dengan harapan Universa Sajadah dapat menjadi brand perlengkapan ibadah yang bisa dijangkau oleh masyarakat muslim dari semua latar belakang di seluruh Indonesia,” papar Akbar.

“Kini hampir 50 persen penjualan Universa Sajadah berasal dari Tokopedia. Angka ini mendominasi jika dibandingkan dengan platform penjualan lainnya,” pungkas Akbar.