GayaTekno.id – Sebagai salah satu super apps saat ini, Grab mendekatkan diri dengan para pelanggannya melalui berbagai cara, termasuk membentuk dan mengerahkan tim media sosial.
Yap, mereka adalah ‘mimin’ media sosial Grab di Instagram, Twitter, hingga Facebook yang senantiasa mengupdate informasi terbaru yang terkait dengan perusahaan.
Beranggotakan 30 orang, tim Social Media Care & Community Engagement Grab Indonesia tidak hanya bertugas menjawab pertanyaan pelanggan di media sosial, tetapi juga merancang strategi untuk memastikan setiap pelanggan dapat dilayani dengan baik dan dengan cara yang kreatif.
Saking kreatifnya, mimin Grab Indonesia sempat membuat beberapa konten viral di media sosial, dan berikut empat diantaranya.
Apresiasi Pekerja Harian: Petugas Bioskop
Di bulan Juli tahun lalu, seorang petugas bioskop menceritakan pengalamannya saat bekerja menawarkan makanan ringan di dalam studio kepada pelanggan. Ia menyebutkan kerap kali diejek, dijadikan bahan tertawaan dan mendapatkan perlakuan yang tidak mengenakkan perasaannya.
Netizen pun memberikan dukungannya kepada pemilik akun bernama @Gggani ini. Tak ketinggalan, untuk mengapresiasi para pekerja Indonesia yang jujur dan tidak kenal patah semangat, Grab berusaha menemukan petugas bioskop ini dan memberikannya saldo OVO yang diharapkan dapat terus membuatnya bersemangat walau menghadapi tantangan tersendiri dalam pekerjaannya.
Aksi ini mendapat respon positif dari netizen, dengan total lebih dari 116.000 interaksi di Twitter.
Apresiasi Pelanggan: #AkuBersamaAdminTwitterGrab
November 2019 lalu, Grab Indonesia mendapatkan penghargaan dari Social Media Week sebagai The Most Engaging Brand on Twitter.
Kalau bukan karena apresiasi dari warganet yang budiman, tentu penghargaan ini tidak bisa diraih. Untuk merayakan pencapaian ini, Grab mengajak netizen untuk berbagi alasan kenapa mereka mem-follow akun Twitter Grab dengan tagar #AkuBersamaAdminTwitterGrab dan memilih puluhan pemenang yang akan mendapatkan saldo OVO.
Berbagai respon positif, kocak dan mengocok perut dikirimkan lebih dari 12.000 netizen dan membuat tagar ini sempat menjadi Trending Topic Twitter di Indonesia. Tujuannya satu, yakni mengapresiasi pelanggan Grab dan tentunya menciptakan komunikasi dengan cara yang menarik dengan mereka.
Pantun Viral Bikin Terkenal
Siapa yang tak kenal pantun? Cara ini menjadi salah satu ciri khas admin Twitter Grab Indonesia untuk berkomunikasi dengan pelanggan, baik saat memberikan informasi atau menjawab pertanyaan.
Februari 2020 lalu, salah seorang warganet menanyakan apakah Grab pernah memesan makanan menggunakan aplikasi kompetitor, dan dijawab dengan sebuah pantun singkat yang direspon sangat positif oleh netizen.
Hal ini dibuktikan dengan hampir 8.000 retweet dan lebih dari 30.000 likes yang didapatkan untuk unggahan pantun ini! Tujuannya tentu untuk menunjukkan bahwa di balik akun resmi perusahaan, ada manusia yang terus mengedepankan interaksi dengan kreativitas dan humor.
Menjadi #YangSelaluAda untuk Pelanggan
Pandemi membawa tantangan tersendiri bagi banyak orang. Untuk mengapresiasi pelanggan setia dan membantu lebih banyak orang dapat tetap merayakan berbagai momen spesial mereka di tengah pandemi, admin Twitter Grab mulai Februari 2020 lalu memberikan kejutan bagi ratusan pelanggan lewat tagar #YangSelaluAda.
Melalui monitor perbincangan media sosial yang real-time yang dilakukan oleh Grab, kami memberikan ratusan voucher GrabFood bagi pelanggan setia yang sudah berbagi pengalamannya dengan Grab, bahkan yang menceritakan keluhan atau memberikan masukannya tanpa menyebutkan akun resmi Twitter Grab.
Hal ini menekankan perlunya monitor perbincangan di media sosial secara menyeluruh agar kita bisa mendengarkan serta memahami kebutuhan pelanggan. Hal ini tentunya menekankan komitmen tim Social Media Care & Community Engagement untuk jadi #YangSelaluAda untuk semua pelanggan Indonesia.
Berikan Komentar