Cerita Gonegani yang Laris Manis Via Live Shopping

Gonegani

Jakarta, GayaTekno.id – Saat ini, dunia fashion lokal di Indonesia terus mengalami perkembangan pesat yang signifikan.

Hal ini terlihat dari hadirnya brand-brand lokal, yang tidak hanya menawarkan produk tetapi juga berani mengambil langkah untuk menciptakan produk inovatif dengan kualitas terbaik.

Tren fashion yang terus berputar, menjadi peluang tersendiri bagi para pelaku usaha lokal untuk berkreasi dan bergerak bersama konsumen.

Begitu pula yang dirasakan oleh Khairul Gani, atau dikenal dengan panggilan Gani, pemilik brand fashion lokal Gonegani yang berfokus pada knitwear berkualitas tinggi dengan desain modern dan nyaman.

Berawal dari sebuah kos-kosan, Gani pun memutuskan untuk meluncurkan brand nya sendiri dengan nama Gonegani. Saat ini, Gonegani telah banyak dikenal oleh masyarakat luas dan telah berhasil memperkuat potensi nya dengan strateginya dalam memanfaatkan kemajuan teknologi.

Khairul Gani, Pendiri dan CEO Gonegani menyampaikan bahwa sejak awal hadir di tengah masyarakat, Gonegani berfokus untuk menciptakan produk fashion yang stylish, nyaman, dan berkualitas tinggi.
“Ketika Gonegani memutuskan masuk ke pasar online pada 2021, kami mencoba memetakan strategi dan inovasi apa saja yang bisa kami manfaatkan untuk mendorong penjualan secara online ini,” ungkap Gani.
Perlahan tapi pasti, upaya yang dilakukannya berbuah manis. Bahkan dengan melakukan live shopping melalui salah satu aplikasi belanja online, Gani mengaku bisa mendapatkan pesanan 70 kali lipat lebih banyak.
Banyaknya keberhasilan yang sudah Gonegani capai menjadi motivasi untuk terus berinovasi dan memanfaatkan setiap peluang yang ditawarkan oleh teknologi digital.
Riset pasar merupakan kunci utama yang selalu dilakukan oleh Gonegani untuk membangun dan menjaga keberlangsungan bisnis.
Mulai dari mempelajari tren-tren fashion yang tidak hanya digemari tapi juga dibutuhkan oleh pasar Indonesia, hingga bergerak dengan perkembangan perilaku belanja dimana masyarakat cenderung memilih cara berbelanja yang mudah dan dapat langsung bertanya melalui live streaming.  
“Saya yakin interaksi langsung dengan konsumen adalah kunci keberhasilan di era digital karena kami bisa mendengar feedback konsumen dan terus berinovasi,” tambah Gani.
Menurutnya, fitur live shopping akan memudahkan konsumen untuk melihat kualitas produk dan menikmati penawaran voucher yang diberikan.
Dalam membuat konten, Gonegani juga turut meriset apa tren yang sedang berlangsung di dunia fashion. Sehingga konten yang disuguhkan dapat meningkatkan daya tarik pengguna, antara lain seperti mix & match. 
Tidak hanya itu, untuk semakin memperkuat strategi, Gonegani sering untuk memberikan voucher untuk berbelanja.
“Memutuskan untuk rutin aktif secara Live, bisa membantu meningkatkan kualitas hidup baik untuk pribadi, keluarga dan bisnis. Saat ini pun, Gonegani sudah memiliki team sendiri khusus untuk Live, bahkan ini juga menjadi kesempatan untuk membuka lapangan pekerjaan baru,” ungkap Gani.
Saat awal bergabung, salah satu keinginan Gani adalah untuk menghabiskan produk-produk yang tidak terjual melalui website.
Sekadar informasi, ketertarikan Gani terhadap dunia fashion sudah terlihat sejak di bangku kuliah, dimana pada saat itu, Gani kerap diminta oleh teman-temannya untuk membantu memadupadankan OOTD yang akan digunakan.
Memiliki mimpi untuk melahirkan brand fashion yang dapat berdiri di 3 kota besar di Indonesia, Gani pun melakukan berbagai upaya mulai dari mencoba membuka online shop saat di bangku kuliah hingga bekerja di salah satu brand fashion untuk mempelajari lebih dalam mengenai bisnis dalam industri tersebut.
Gonegani pertama kali berdiri pada tahun 2015 dengan visi untuk menawarkan produk knitwear yang berkualitas tinggi dan desain yang mengikuti tren fashion global.
Membangun identitas dan menciptakan produk dengan khas Gonegani bukanlah hal yang mudah. Secara rinci dan teliti, Gani memperhatikan proses produksi produk-produk Gonegani agar memiliki kualitas terbaik. Dimana kain untuk produksi Gonegani sendiri selalu membelinya dari tangan pertama dan diproses secara lokal.
Berawal dari produksi skala kecil, Gonegani perlahan memperluas jangkauan pasarnya melalui berbagai pameran lokal dan online marketplace.  Dengan semangat dan kegigihannya, kedepannya Gani akan terus belajar dan mengikuti tren serta pergerakan perilaku belanja masyarakat.
Masih banyak peluang dan potensi yang dapat dikreasikan melalui brand nya, Gonegani. Tidak hanya untuk keberlangsungan bisnis, tetapi juga untuk membuktikan potensi besar yang dimiliki oleh produk-produk lokal.
Feby Vebriani
Beberapa orang itu seperti mendung. Ketika mereka menghilang, suasana jadi lebih cerah.