Jakarta, GayaTekno.id – Perfect Corp penyedia solusi teknologi artificial intelligence (AI) dan augmented reality (AR) untuk kecantikan dan fashion serta pengembang solusi ‘Beautiful AI’, mengumumkan laporan tren global terbaru mereka yang berjudul “Tren AI Teratas yang Ikut Membentuk Industri Kecantikan dan Fashion pada 2024.”
Laporan komprehensif ini merupakan hasil upaya kolaboratif dari para ahli dan pemimpin terkemuka di industri teknologi dan ritel yang menyumbangkan pemikiran mereka tentang penggunaan AI.
Selain itu, laporan ini juga ditampilkan mahadata yang bersumber dari aplikasi YouCam Suite milik Perfect Corp, yang menggambarkan cara-cara penggunaan kecanggihan AI untuk konsumen di industri kecantikan dan fashion.
Riset terbaru Perfect Corp ini menganalisis bagaimana AI berpotensi besar untuk merevolusi industri kecantikan dan fashion, dengan mendorong terciptanya pengalaman belanja yang dipersonalisasi untuk konsumen sekaligus meningkatkan interaksi antara konsumen dengan brand.
Sejak kemunculannya, teknologi AI telah mentransformasi berbagai industri dengan kemampuannya untuk meningkatkan keterlibatan konsumen, menyederhanakan layanan konsumen, dan mendorong inovasi dalam perjalanan belanja konsumen.
Dengan semakin berkembangnya ekspektasi konsumen di era digital, AI hadir sebagai teknologi penting yang mendorong brand dan peritel untuk lebih tanggap terhadap kebutuhan konsumen, serta untuk memastikan keberlanjutan dan profitabilitas yang lebih baik.
Tren AI teratas yang dihadirkan dalam laporan ini dijelaskan secara singkat sebagai berikut:
Lewat fitur percakapan, asisten berbasis AI akan membawa personalisasi dan layanan konsumen ke tingkat lebih tinggi
Asisten berbasis AI, seperti perangkat SkincareGPT dan BeautyGPT yang inovatif dari Perfect Corp., memungkinkan brand untuk memberikan rekomendasi yang sesuai dan layanan pelanggan yang responsif, meningkatkan pengalaman berbelanja dan loyalitas konsumen, menawarkan saran kecantikan secara langsung, menganalisis kulit, dan virtual try-on produk melalui percakapan yang interaktif, menghadirkan layanan yang lebih personal bagi konsumen kecantikan.
AI akan memberi pengalaman imersif yang lebih canggih untuk membuat fitur virtual try-on dan virtual fitting room menjadi sangat realistis.
Teknologi AI yang canggih akan merevolusi pengalaman berbelanja virtual, memungkinkan konsumen untuk mendapat visualisasi tampilan kecantikan dan fesyen yang sangat realistis, sehingga konsumen lebih yakin saat membeli produk dan mengurangi pengembalian produk.
Di sisi lain, teknologi AI akan mendorong keberlanjutan dalam ritel kecantikan dan fashion.
Pasalnya, perangkat virtual try-on yang didukung AI akan mengurangi kebutuhan produk sampel di industri kecantikan dan fashion, sehingga membantu brand dapat beroperasi secara lebih berkelanjutan.
Pengalaman virtual try-on produk juga memungkinkan brand untuk memberikan rekomendasi produk yang dipersonalisasi kepada konsumen, memenuhi kebutuhan setiap pelanggan dengan produk yang paling sesuai, dan mengurangi limbah yang dihasilkan saat proses pengembalian produk.
Tren berikutnya, AI diproyeksikan akan merevolusi pembuatan konten, membuka potensi baru untuk kreativitas dan personalisasi.
AI generatif membuat brand dapat memproduksi konten yang dinamis dan lebih personal dalam skala besar, yang memungkinkan konsumen untuk mendapat inspirasi kreatif yang lebih tinggi.
Mulai dari kampanye pemasaran yang dihasilkan oleh AI hingga karya seni dan pengeditan yang disempurnakan oleh AI, AI generatif membuka berbagai potensi baru bagi brand dalam bercerita dan meningkatkan keterlibatan konsumen.
AI juga akan meningkatkan pengalaman konsumen di semua aspek untuk mendorong kesuksesan brand dan peritel.
Dari rekomendasi yang dipersonalisasi hingga layanan pelanggan yang lebih baik, AI akan mengoptimalkan setiap tahap perjalanan konsumen, mendorong efisiensi operasional, dan meningkatkan kepuasan konsumen secara keseluruhan.
“Kami dengan bangga merilis laporan tren terbaru kami, yang menggarisbawahi dampak penggunaan AI yang transformatif bagi banyak industri,” jelas Alice Chang, Founder dan CEO Perfect Corp.
Dengan berbagai perangkat yang inovatif, seperti virtual fitting room dan HD AI skin diagnostics, Alice mengungkapkan bahwa AI tidak hanya berperan dalam mengubah cara brand berinteraksi dengan konsumen, tapi juga mendorong efisiensi dan inovasi.
“Di Perfect Corp., kami berkomitmen untuk memberdayakan brand kecantikan dan fashion dengan membagi wawasan tentang berbagai teknologi yang dapat merevolusi perjalanan belanja konsumen, serta solusi AI yang canggih untuk memberi pengalaman imersif yang luar biasa,” tutup Alice.
Berikan Komentar