Laris Manis, Ratusan Ribu Peralatan Dapur SAMONO Ludes Dalam 2 Tahun

Peralatan dapur Samono

Jakarta, GayaTekno.id – Tak bisa dipungkiri, jenama peralatan rumah tangga menjadi item yang menemani keseharian masyarakat Indonesia. Maka, tidak heran banyak perusahaan yang berkompetisi di industri ini.

Hanya saja, belum banyak yang bisa menorehkan prestasi dalam kurun waktu yang singkat. Dari sedikit perusahaan tersebut, bercokol nama SAMONO yang sukses menjual ratusan ribu peralatan dapur hanya dalam durasi dua tahun.

Andry Tjandra Susanto, National Sales Manager Small Home Appliances SAMONO mengatakan bahwa sejak diperkenalkan pada Mei 2021, SAMONO mengalami pertumbuhan yang masif hingga 200 persen.

Menariknya, minat konsumen terhadap peralatan dapur SAMONO kini tidak hanya tersentralisasi di kota-kota besar di Pulau Jawa saja, melainkan di seluruh wilayah Indonesia.

“Di Papua tidak banyak mal tapi daya beli tinggi. Penjualan sangat bagus disana. Lalu ada Sumatera, Kalimantan ini proyek di luar kota Jakarta,” tutur Andry saat ditemui di Kota Kasabanka, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Sedikit membedah dapur perusahaan, Andry menuturkan bahwa penjualan SAMONO pada mulanya memang didominasi oleh produk airfyer dan oven karena dipengaruhi kondisi pandemi Covid-19, ketika semua orang fokus dan peduli terhadap gaya hidup sehat.

Namun seiring berjalannya waktu, SAMONO pun menghadirkan berbagai produk lain mulai dari kompor listrik, food chopper, blender portable, water pump, toaster hingga coffee maker.

Ketertarikan konsumen akan produk-produk SAMONO juga tidak hanya sebatas fungsi. Tapi didukung dengan desain yang estetik, ramah lingkungan hingga mampu memenuhi kebutuhan gaya hidup modern masyarakat masa kini

“Kami menghadirkan berbagai produk sesuai dengan market di Indonesia. Desainnya kami buat menarik, dan tentunya berbeda dengan kompetitor,” lanjut Andry.

Dalam pemasarannya, anak perusahaan WOOK Global Technology itu berkolaborasi dengan Miniso, sehinggga produk SAMONO pun menjadi semakin diminati karena desainnya yang trendi dan sangat cocok bagi kaum milenial.

“Miniso ini punya market milenial, jadi ini menjadi alasan kami untuk kolaborasi. Produk Miniso X SAMONO ini lebih colorfull, trendi jadi lebih diminati milenial,” klaim Andry.

Ketika ditanya terkait alasan produk SAMONO begitu diminati konsumen, Andry menjelaskan bahwa faktor harga yang terjangkau juga membuat SAMONO lebih mudah diterima pasar.

Apalagi, produk-produk SAMONO juga didukung dengan kualitas yang baik. Tak heran jika SAMONO saat ini sudah menjadi jenama favorit para ibu milenial untuk melengkapi dapurnya.

“Produk yang keluar (dirilis) sudah pasti harus melalui quality control yang ketat,” kata Andry.

Namun dari semua yang keunggulan produk yang ditawarkan, SAMONO mampu memberikan jaminan kepada konsumen terhadap produknya. Untuk purna jual, SAMONO memberikan garansi penggantian produk apabila ada yang rusak di masa garansi selama setahun. Dengan adanya layanan tersebut, tentunya menjadi bukti adanya kepercayaan yang dibangun oleh SAMONO kepada konsumen setia.

“Bagi kami mengganti sparepart itu efeknya bisa mengubah kualitas produk yang baru. Jadi kita menggantinya dengan produk baru. Kita membangun trust ke konsumen,” pungkasnya.

Tivan Rahmat
The advance of technology is based on making it fit in so that you don't really even notice it, so it's part of everyday life