Peta Transaksi Kategori Olahraga di Tokopedia

Transaksi Kategori Olahraga di Tokopedia

Jakarta, GayaTekno.id – Kesadaran masyarakat untuk menjalani gaya hidup sehat semakin meningkat, terutama sejak masa pandemi.

Perubahan gaya hidup ini pun berdampak pada tren belanja online kategori olahraga di Tokopedia di beberapa wilayah Indonesia.

Di perusahaan racikan William Tanuwijaya ini sendiri, transaksi kategori olahraga di Tokopedia memperlihatkan pertumbuhan yang signifikan.

“Tokopedia mencatat wilayah Denpasar, Makassar, Balikpapan, Malang, dan Semarang menjadi beberapa wilayah di Indonesia yang mengalami pertumbuhan transaksi kategori olahraga paling tinggi pada semester 1 2022 dibandingkan periode sama 2021,” papar Head of Category Development and Strategic Initiatives Tokopedia, Fransiscus Leo Chandra.

Sementara itu, kecamatan Binjai Barat, Susukan, Tegowanu, Kasembon, dan Kaliwungu menjadi kecamatan yang mengalami peningkatan transaksi kategori olahraga paling tinggi pada semester 1 2022 dibanding periode sama 2021, dengan rata-rata peningkatan hingga 2 kali lipat.

Dibalik tren positif tersebut, tentu ada kiat-kiat dari Tokopedia dalam melayani pelanggannya. Dengan semangat #SelaluAdaSelaluBisa, Tokopedia secara konsisten mempermudah masyarakat memenuhi beragam kebutuhan tanpa harus keluar rumah, salah satunya lewat inisiatif Hyperlocal.

Beberapa inisiatif Hyperlocal yang dijalankan diantaranya KEBUT, Tokopedia Peduli Sehat hingga Sportacular Shopathon, Tokopedia membantu masyarakat membeli berbagai jenis produk dengan harga menarik.

“Data internal kami mencatat Sepeda, Hiking & Camping, Aksesoris Olahraga, Sepak Bola, hingga Alat Pancing menjadi beberapa kategori produk olahraga yang paling banyak diminati oleh masyarakat pada semester 1 tahun 2022 ini,” lanjut Fransiscus.

Di sisi lain, Dilayani Tokopedia sebagai gudang pintar yang mendukung pelaku UMKM lokal dalam memaksimalkan penjualan, juga ikut mengalami pertumbuhan.

Berdasarkan temuan Tokopedia, cabang Dilayani Tokopedia dengan penjualan kategori Olahraga paling tinggi berada di Surabaya Berbek, Bandung Soetta, Medan, Makassar Parang Loe, dan Palembang Martadinata pada pertengahan tahun 2022.

“Tokopedia terus berkomitmen mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan harian, sekaligus mendukung pertumbuhan pelaku UMKM lokal,” klaim Fransiscus.

Tercatat bahwa wilayah Manado, Semarang, Gianyar, Malang dan Balikpapan menjadi beberapa wilayah dengan peningkatan jumlah penjual tertinggi pada kategori Olahraga selama semester 1 2022, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 3,5 kali lipat.

“Kami berharap melalui berbagai kampanye inisiatif Hyperlocal, dan dukungan dari berbagai pihak, memberikan peluang bagi pegiat usaha lokal di Indonesia untuk meraja di negeri sendiri,” tutup Fransiscus.

Sedangkan dalam rangka Menyambut Hari Olahraga Nasional 2022, Tokopedia menghadirkan kampanye Sportacular Shopathon yang akan berlangsung pada tanggal 12-22 September 2022.

Melalui promo Tokopedia ini, masyarakat berkesempatan mendapatkan Flash Sale mulai dari Rp 10 ribu di platform Tokopedia, hingga Promo Giveaway melalui akun Instagram resmi Tokopedia.

Acid Rahman
Cuek adalah karakter, tapi nyuekin itu pilihan