Serba-Serbi Tren Belanja Ramadan di Tokopedia

tren belanja Ramadan di Tokopedia

Jakarta, GayaTekno.id – Setelah berbagai platform e-commerce hadir, masyarakat Indonesia cenderung lebih antusias untuk berbelanja berbagai produk kebutuhan Ramadan hingga Lebaran secara online.

Hal ini sesuai dengan laporan The Tradedesk yang menunjukkan sebanyak 9 dari 10 masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja pada saat Ramadhan tahun ini. Sementara itu, data dari Google mencatat bahwa sekitar 80% konsumen digital pun akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada tahun 2023.

Rupanya, tren peningkatan belanja selama Ramadan dan jelan Idulfitri juga terlihat di Tokopedia. Direktur Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak pun menguraikan tren belanja Ramadan di Tokopedia, termasuk kategori produk terlaris selama Ramadan di Tokopedia.

“Data internal Tokopedia menunjukkan bahwa Fesyen, Otomotif, Rumah Tangga, Perawatan Diri, serta Makanan dan Minuman menjadi sejumlah kategori yang paling laris selama dua minggu pertama puasa dibandingkan dwimingguan biasanya. Artinya, produk-produk inilah yang paling dibutuhkan masyarakat belakang ini,” tutur Nuraini dalam sesi buka puasa bersama awak media di Jakarta pada Senin (10/4/2023).

Lebih lanjut, ia menguraikan bahwa pada kategori produk Fesyen di Tokopedia, scarf wanita, baju koko pria dan busana muslim keluarga masing-masing mengalami peningkatan transaksi hampir 6x lipat, lebih dari 5x lipat dan lebih dari 7x lipat di dua minggu pertama Ramadan.

“Kegiatan khas Ramadan, seperti bukber, cenderung membuat masyarakat lebih memperhatikan penampilan,” imbuh Nuraini.

Sedangkan pada kategori produk Perawatan Diri, Tokopedia pun mencatat parfum dan cologne, produk kesehatan gigi dan mulut, serta perlengkapan mandi menjadi sejumlah produk yang paling diburu masyarakat di dua minggu pertama Ramadan.

“Masyarakat di sisi lain tampak tengah mempersiapkan kendaraan untuk mudik. Buktinya, produk seperti spare part mobil, produk perawatan mobil dan produk interior mobil menjadi yang paling laris di Tokopedia pada kategori produk Otomotif,” kata Nuraini.

Bahkan, interior mobil seperti kasur mobil, tempat tisu mobil dan bantal mobil bahkan mengalami peningkatan transaksi hampir 2x lipat. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia turut mempersiapkan kendaraannya untuk mudik.

Pada kategori produk Rumah Tangga di Tokopedia, transaksi perlengkapan ruang tamu dan keluarga (seperti sarung bantal, cover sofa dan taplak meja), penyimpanan makanan (seperti toples makanan, alumunium foil dan plastik wrapping) dan peralatan baking (seperti cetakan kue, kuas kue dan tatakan kue) mengalami peningkatan signifikan di dua minggu pertama Ramadhan.

“Bulan puasa tidak terpisahkan dari sahur dan berbuka, serta momen berbagi dengan kerabat maupun teman. Tokopedia mencatat produk seperti hampers atau parsel, tepung dan buah menjadi sejumlah produk yang paling laris, dengan peningkatan rata-rata transaksi lebih dari 2x lipat. Buah kurma bahkan peningkatan penjualannya tercatat lebih dari 3x lipat,” ujar Nuraini.

Penjualan Hampers Naik

Melihat tingginya antusiasme masyarakat dalam berbelanja online lewat Tokopedia saat Ramadan, kata Nuraini, Tokopedia berupaya membantu pelaku usaha memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya untuk menciptakan peluang tanpa hambatan (zero barriers) lewat berbagai inisiatif, salah satunya lewat inisiatif yang berpendekatan Hyperlocal.

Kumpulan Toko Pilihan (KTP) misalnya, ini merupakan sebuah halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokasi pembeli.

“Beberapa wilayah dengan kampanye KTP seperti Bandung, Surabaya dan Denpasar mengalami peningkatan transaksi tertinggi di Tokopedia pada dua minggu pertama Ramadan 2023,” ungkap Nuraini.

Selain itu, ada pula inisiatif berpendekatan Hyperlocal lainnya, yaitu Tokopedia NYAM!, yang membantu masyarakat mendapatkan makanan dan minuman dari penjual terdekat.

“Baik jumlah pembeli maupun transaksi melalui Tokopedia NYAM! meningkat hampir 2x lipat selama dua minggu pertama Ramadan 2023, dibandingkan dwimingguan biasa sepanjang kuartal I 2023,” tegas Nuraini.

Untuk membantu pelaku usaha menjangkau pasar yang lebih luas tanpa harus berpindah ke kota besar, Tokopedia menghadirkan Dilayani Tokopedia. Layanan pemenuhan pesanan ini memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi.

Aktivitas operasional penjual, mulai dari penerimaan pesanan, pengemasan produk, pengantaran ke kurir, hingga penanganan kendala jika dibutuhkan, akan Dilayani Tokopedia.

“Data Tokopedia menunjukkan, di dua minggu pertama Ramadan tahun ini dibandingkan tahun lalu, penjual yang memanfaatkan layanan berpendekatan Hyperlocal, Dilayani Tokopedia, mengalami rata-rata peningkatan penjualan hampir 2x lipat. Kami juga melihat bahwa transaksi parsel makanan lewat Dilayani Tokopedia meningkat hampir 3,5x lipat,” klaim Nuraini.

Nuraini razak tren belanja Ramadan di Tokopedia

Hyperlocal, Resep Peningkatan Transaksi selama Ramadan

“Berkat inisiatif Hyperlocal Tokopedia–yang mendekatkan penjual dan pembeli di mana pun mereka berada–Banyuasin (Sumatra Selatan), Kampar (Kepulauan Riau) dan Lombok Timur (NTB) menjadi beberapa wilayah dengan peningkatan transaksi antarpulau paling tinggi di Tokopedia selama awal Ramadan 2023, dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 2x lipat,” kata Nuraini.

Di sisi lain, Kuningan (Jawa Barat), Palangkaraya (Kalimantan Tengah) dan Tabanan (Bali) tercatat sebagai beberapa wilayah dengan peningkatan transaksi menggunakan pengiriman same day dan instan paling tinggi di Tokopedia, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 2x lipat.

Tivan Rahmat
The advance of technology is based on making it fit in so that you don't really even notice it, so it's part of everyday life