GayaTekno.id – Shopee terus melanjutkan komitmennya untuk mengembangkan UMKM lokal di Indonesia. Salah satunya melalui Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor.
Inisiatif ini diawali dengan menghadirkan dua Kampus UMKM Shopee Ekspor di Solo, dan Bandung, serta Kampus UMKM Shopee di Semarang. Kampus UMKM Shopee Ekspor ketiga juga akan segera menyusul di kota Malang.
Seluruh kampus binaan Shopee ini diharapkan dapat menjadi one stop solution bagi UMKM lokal untuk memulai digitalisasi usaha serta mengembangkan usaha ke pasar ekspor, melalui serangkai pelatihan, pendampingan dan berbagai fasilitas penunjang yang disediakan.
“UMKM merupakan bagian tak terpisahkan dari bisnis Shopee, maka dari itu kami menyiapkan Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor secara serius dan kami berikan akses ini secara gratis,” ujar Radynal Nataprawira, Head of Public Affairs Shopee Indonesia, dalam konferensi pers virtual pada Selasa (29/9/2021).
Sekadar informasi, Kampus UMKM Shopee Ekspor fokus pada empat hal yang dipersiapkan untuk UMKM lokal yakni Bantuan Operasional dan Pendaftaran, Pelatihan dan Edukasi, Fasilitas Penunjang Pemasaran dan Ruang Pertemuan serta Pelatihan.
Untuk fasilitas dan layanan Kampus UMKM Shopee Ekspor antara lain mencakup:
Bantuan Operasional dan Pendaftaran
Simulasi Gudang: Para pelaku UMKM bisa melihat demonstrasi aktivitas (proses inbound dan outbound) yang perlu diketahui oleh Penjual untuk memahami proses pengelolaan stok yang baik.
Laptop dan printer di bagian inbound digunakan untuk memasukkan stok ke dalam sistem serta mencetak barcode untuk ditempel di produk dan lokasi penyimpanan.
Inventori perlu disimpan secara rapi dengan produk terpopuler disimpan di tempat yang paling mudah dijangkau. Pada bagian outbound terdapat berbagai peralatan yang biasa digunakan seperti mesin penimbang, barcode scanner serta peralatan untuk mengemas pesanan.
Pusat Ekspor: Dari Pusat Ekspor ini, diharapkan para pelaku UMKM bisa mendapatkan informasi terkait informasi serta prosedur yang harus dipersiapkan untuk berpartisipasi dalam Program Ekspor Shopee.
Ada juga berbagai produk ekspor dari Solo yang diharapkan memberikan inspirasi bagi pelaku UMKM yang ini juga merambah ke pasar global.
Pelatihan dan Edukasi
Pusat Edukasi: Pusat Edukasi merupakan pusat informasi mengenai cara mulai berjualan di Shopee serta pusat informasi mengenai jadwal pelatihan yang dapat dipilih oleh Penjual UMKM mulai dari Modul Dasar (Basic), Menengah (Intermediate), hingga Lanjutan (Advanced).
Pada Pusat Edukasi ini tersedia fasilitas seperti laptop dan smartphone agar penjual UMKM dapat memahami fitur di Shopee dan langsung melakukan pendaftaran.
Fasilitas Penunjang Pemasaran
Studio Foto: Spot studio foto ini bisa digunakan oleh para pelaku UMKM untuk mengambil foto produk dengan kualitas yang baik. Terlebih karena foto produk sangat krusial bagi para pelaku UMKM untuk memasarkan dagangannya secara online melalui platform kami.
Selain pengambilan foto produk secara langsung, para pelaku UMKM juga bisa menggunakan model supaya produknya terlihat lebih menarik.
Live Streaming Room: Shopee punya fitur yang bisa membantu para penjual memasarkan produknya dengan meningkatkan interaksi dengan para pembeli secara langsung, Shopee Live.
Spot ini dilengkapi dengan peralatan yang mendukung kegiatan live streaming supaya produk bisa terlihat lebih menarik – seperti background, tripod, lampu (ring light), bangku serta meja.
Ruang Pertemuan dan Pelatihan
Ruangan Pertemuan: Tersedia 4 ruangan yang dapat digunakan untuk pertemuan 1-on-1 antara pelaku UMKM dengan Trainer Shopee.
Trainer Shopee yang didedikasikan untuk memberikan penjelasan terkait insight bisnis yang bisa membantu para pelaku UMKM untuk meningkatkan performa bisnisnya.
Ruangan Training: Ruangan training berkapasitas sekitar 30 orang disediakan bagi para penjual untuk mendapatkan pelatihan dari setiap layanan edukasi yang akan diadakan hampir setiap hari, 6 hari seminggu.
Berikan Komentar