Ekspansi ke Negeri Jiran, Jet Commerce Andalkan Potensi Lokal

Jet commerce malaysia

GayaTekno.id – Jet Commerce memperluas jaringan bisnisnya dengan membuka operasi di Malaysia. Negeri Jiran menjadi negara kelima yang berhasil diekspansi oleh ecommerce asal Indonesia itu setelah Thailand, Vietnam, Filipina, dan Tiongkok.

Ekspansi ini bertujuan untuk memperkuat posisi Jet Commerce sebagai perusahaan e-commerce enabler yang memiliki jaringan internasional di Asia dan sebagai bentuk dukungan Jet Commerce kepada brand yang memiliki permintaan di pasar Malaysia.

“Sejak mendirikan Jet Commerce pada awal 2017, saya memiliki mimpi untuk menjadikan Jet Commerce sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya dan paling dapat diandalkan di Asia Tenggara. Dan hari ini kami kembali melebarkan jangkauan perusahaan kami untuk mencapai mimpi tersebut,” ucap Founder dan CEO Jet Commerce Oliver Yang.

“Memiliki presence di Malaysia merupakan hal yang penting dalam upaya kami memperkuat jaringan internasional kami di Asia, agar dapat menjawab kebutuhan para mitra kami yang ingin melakukan ekspansi ke pasar – pasar e-commerce internasional, termasuk ke Malaysia,” tambah Oliver.

Sebagai salah satu negara dengan tingkat penetrasi internet tertinggi di Asia Tenggara, yakni 82.3%, laju pertumbuhan majemuk tahunan (Compound Annual Growth Rate) industri e-commerce Malaysia dinilai cukup menjanjikan dengan peningkatan yang diprediksi mencapai 17% dari 2020 hingga 2023, menurut laporan terbaru dari perusahaan finansial global JP Morgan.

Pasca pandemi, pihak pemerintah setempat bahkan dikabarkan akan memprioritaskan perkembangan industri ini sebagai bagian dari rencana pemulihan ekonomi nasional, dengan menggelontorkan investasi sebesar US$ 33 juta.

Kondisi ini dinilai akan menarik berbagai brand global untuk masuk dan turut menggarap pasar e-commerce Malaysia. Namun, menurut Oliver, untuk brand dapat memenangkan pasar e-commerce tidak cukup dengan hanya membangun presence melalui pembukaan Official Store di marketplace.

Banyak hal yang harus brand investasikan dengan serius dan persiapkan dengan matang, mulai dari strategi, marketing, hingga operasional, yang tentunya harus mengacu pada data kondisi pasar e-commerce di negara tersebut.

Oleh karena itu, memanfaatkan talenta lokal telah menjadi strategi Jet Commerce sejak melakukan ekspansi pertamanya ke Thailand dan Vietnam pada tahun sebelumnya.

Hal ini selain dapat membantu Jet Commerce dalam melokalisasi strategi e-commerce untuk para mitranya, juga bertujuan untuk turut memupuk talent pool di Asia Tenggara yang memiliki spesialisasi di industri e-commerce, yang diharapkan kelak dapat berkontribusi dalam membangun masa depan industri e-commerce Asia Tenggara yang lebih baik.

Acid Rahman
Cuek adalah karakter, tapi nyuekin itu pilihan