Jakarta, GayaTekno.id – Setelah lama mendulang sukses Negeri Jiran, Telcowin akhirnya resmi berekspansi ke Indonesia dengan menghadirkan layanan Customer Relationship Management (CRM).
Mengandalkan kemampuan Salesforce sebagai platform CRM, Telcowin akan membantu perusahaan di Indonesia mengintegrasikan Salesforce ke dalam proses bisnis untuk meningkatkan penjualan, layanan, dan pemasaran mereka.
“Ini bukan hanya tentang penjualan, tapi kami di Telcowin berupaya untuk mengerti bagaimana masalah yang dialami pelanggan dan kami menyiapkan solusi yang tepat untuk mengatasinya,” ujar Hafiz Izwan, CEO Telcowin Malaysia di Jakarta pada Selasa (30/7/2024).
Seperti yang telah diketahui, era digital sangat ketat dengan persaingan, perusahaan dihadapkan pada tekanan untuk terus meningkatkan keunggulan dan daya saing mereka.
Perkembangan teknologi dan dorongan untuk melakukan transformasi digital telah mendorong perusahaan untuk menjadi lebih inovatif dalam memasarkan produk dan mengelola engagement dengan pelanggan, salah satunya dengan mengadopsi CRM.
Di Indonesia, market untuk CRM mengalami pertumbuhan yang stabil seiring makin kuatnya fokus bisnis dalam membangun dan memelihara engagement yang kuat dengan pelanggan.
Maka dari itu, solusi CRM akan membantu perusahaan mendapatkan insight mengenai perilaku pelanggan, memberikan penawaran yang lebih terpersonalisasi, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
Untuk market CRM di Indonesia diprediksi akan mencapai US$148,2 juta pada 2024, dengan pertumbuhan tahunan sekitar 13,59%. Pada 2029, volume market CRM di Indonesia diperkirakan akan mencapai US$280,3 juta. Dengan peluang itu, ekspansi bisnis perdana di Indonesia menjadi sangat strategis bagi Telcowin.
“Untuk diferensiasi (dengan kompetitor), kami mendengarkan keinginan konsumen sekaligus menyediakan layanan yang tepat bagi mereka. Selain itu, pelanggan juga bisa melakukan kostumisasi layanan sesuai dengan apa yang mereka butuhkan,” tambah Hafiz.
Meski hadir sebagai pendatang baru di Indonesia, Telcowin yakin akan bisa mendapatkan pasarnya tersendiri di Tanah Air.
“Memang benar, ada perbedaan secara kultur bisnis dengan di Malaysia. Tapi kami melihat di Indonesia kurang implementator, sehingga kami akan invest di local implementator yang kuat terhadap pebisnis lokal,” sahut Yansen Setiawan, President Commissioner Telcowin Indonesia.
Sekadar informasi, Salesforce merupakan platform CRM berbasis cloud terkemuka yang membantu bisnis merampingkan proses, meningkatkan interaksi dengan pelanggan, dan mendorong pertumbuhan melalui manajemen data dan analisis.
Salesforce akan melakukan sentralisasi terhadap data pelanggan, mengoptimalkan proses penjualan, layanan, dan pemasaran dengan analitik tingkat lanjut.
Solusi Salesforce sudah memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan fungsinya dan menyediakan tools yang lebih cerdas dan efisien untuk bisnis.
Algoritma AI dan pembelajaran mesin pada kedua solusi akan menganalisis sejumlah besar data untuk mengoptimalkan proses seperti manajemen hubungan pelanggan, panduan pengguna, dan dukungan.
Teknologi AI pada solusi Salesforce akan memungkinkan analisis prediktif, rekomendasi yang dipersonalisasi, dan otomatisasi, yang pada akhirnya meningkatkan efisiensi, pengambilan keputusan, dan pengalaman pengguna untuk bisnis.
Untuk mendukung para pelanggan di Indonesia, Telcowin akan memberikan support yang kuat sehingga mereka dapat meraih value bisnis, melalui layanan lengkap, seperti Customer Support, Customer Success, dan Telcowin Beyond.
Berikan Komentar