Jakarta, GayaTekno.id – KoinWorks mengakhiri rangkaian peluncuran inovasi terbaru mereka, KoinWorks NEO, dengan menggelar hajatan di Plaza Timur, Gelora Bung Karno, pada akhir pekan lalu.
Sebagai acara pamungkas, perusahaan one stop solution untuk bisnis itu mengumumkan pemenang Kompetisi KoinWorks NEO Inspire yang diikuti oleh para pengusaha Usaha Kecil Menengah (UKM), Womenpreneur, Freelancer, Content Creator, Startup, dan Educator.
Meski sebagian besar pemenang kompetisi ini dipilih oleh para juri yang kompeten di bidangnya masing-masing, KoinWorks NEO menyiapkan kategori khusus, yaitu Juara Favorit yang pemenangnya ditentukan berdasarkan voting terbanyak di platform media sosial, Instagram.
Terlepas dari para pemenang KoinWorks NEO Inspire, kompetisi ini merupakan bukti nyata yang ditunjukkan KoinWorks untuk membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan menginspirasi pengusaha, khususnya UKM, untuk membangun bisnis mereka dengan bantuan layanan keuangan terintegrasi yang ditawarkan oleh KoinWorks NEO.
“Festival KoinWorks NEO Inspire adalah langkah nyata bagi KoinWorks untuk terhubung dengan basis pengguna kami yang terus berkembang dan membuat mereka menemukan peluang dan manfaat yang ditujukan dari inovasi kami,” ujar Chief Marketing Officer KoinWorks, Grace Hong, di Jakarta pada Senin (28/6/2022).
Menurut Grace, layanan terintegrasi yang diberikan KoinWorks NEO mampu memaksimalkan potensi UKM, mulai dari pengembangan bisnis secara strategis, hingga memperluas jaringan bisnis mereka.
Untuk ke depannya, lanjut Grace, KoinWorks NEO akan terus mengembangkan program dan inovasi untuk UKM, womenpreneurs, freelancer, content creator, startup, dan educator untuk mempersiapkan mereka berpartisipasi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Libatkan Ribuan UKM se-Indonesia
Bak oase di padang pasir, kompetisi KoinWorks NEO Inspire dibanjiri oleh peserta yang jumlahnya hampir mencapai 9.000 UKM dan pemilik usaha dari seluruh Indonesia.
Dari ribuan partisipan tersebut, juri kemudian memilih 60 finalis untuk mengikuti serangkaian kegiatan yang meliputi bootcamp serta sesi mentoring dengan para ahli, sebelum mempersiapkan diri untuk mempresentasikan bisnis mereka di Festival KoinWorks NEO Inspire.
Untuk menambah keseruan acara, KoinWorks selaku penyelenggara kompetisi ini menyiapkan total hadiah uang tunai hingga Rp 2 miliar bagi para pemenang.
Leonard Theosabrata, Juri Kompetisi KoinWorks NEO Inspire yang juga menjabat sebagai Direktur Smesco Indonesia menuturkan, kompetisi ini merupakan panggung yang tepat bagi UKM di Indonesia untuk mengeksplorasi sekaligus memamerkan ide-ide kreatif mereka agar mendapatkan eksposur dari banyak pihak.
“Kemajuan UKM merupakan salah satu kunci yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia. Kompetisi dan festival KoinWorks NEO Inspire ini menjangkau berbagai pelaku UKM Tanah Air sehingga memberikan spotlight yang sepantasnya mereka dapatkan. Ide dan karya para finalis kompetisi juga sangat kreatif dan hal tersebut menjadi bukti kualitas tinggi yang dimiliki UKM di Indonesia,” lanjut Leonard.
Pelatihan Bisnis
Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, para finalis kompetisi ini berhak mengikuti Bootcamp KoinWorks yang diharapkan mampu memberikan wawasan lebih lanjut tentang pengembangan bisnis mereka.
Para finalis diberi kesempatan langka untuk belajar tidak hanya dari aspek teknis menjalankan bisnis, tetapi juga mendapat nasihat berharga dari mentor yang ahli di bidangnya.
Rangkaian kegiatan terbukti menjadi master class untuk menjalankan bisnis yang sukses dan nantinya dirangkum dalam presentasi yang mana akan dievaluasi berdasarkan keunikan dan inovasi bisnis, kualifikasi dari keterampilan hingga pengetahuan industri dan pengalaman pemilik bisnis, kemampuan peserta untuk mengelola dana, hingga dampak positif yang dihasilkan oleh bisnis mereka.
M Ridha Indradewa dari Rewash Laundry, yang merupakan pemenang kompetisi KoinWorks NEO untuk kategori startups mengatakan bahwa kompetisi ini datang pada waktu yang tepat.
“Saat ini, saya sedang merintis sebuah startup dan siap untuk mengembangkan bisnis. Di kompetisi KoinWorks NEO Inspire ini, saya belajar bahwa yang harus kita lakukan salah satunya adalah menginvestasikan waktu kita untuk mengadopsi teknologi terbaru termasuk KoinWorks NEO dalam cara kerja kita. Saya harap cerita saya dapat menginspirasi pelaku usaha lainnya untuk mengambil langkah proaktif agar dapat mengoptimalkan bisnis mereka sekarang,” ujar Ridha.
Sedangkan Meyrick Sumantri, Co-founder dan Co-CEO dari City Vision yang merupakan partner dari KoinWorks NEO Inspire mengaku bangga bisa turut mendukung kompetisi KoinWorks NEO Inspire.
“Hari ini kami melihat betapa kuatnya ekosistem bagi pemilik usaha kecil yang penuh semangat dan kami salut dengan Koinworks karena telah memberi mereka platform untuk maju lebih jauh. Sebagai bisnis Indonesia yang membanggakan, kami ingin membantu mendorong pertumbuhan komunitas melalui platform kami sendiri, out-of-home advertising (OOH), yang merupakan cara yang tepat untuk memasarkan produk dan menarik pelanggan potensial,” pungkasnya.
Berikan Komentar