Jakarta, GayaTekno.id – Lebih dari tahun sebelumnya, 2021 adalah tahun ketika seluruh dunia mencari cara untuk pulih dan bangkit dengan lebih kuat lagi.
Hari ini Google mengumumkan Year in Search 2021 yang menawarkan informasi dan perspektif unik tentang momen dan tren tahun 2021 berdasarkan penelusuran yang dilakukan di Indonesia.
Year in Search 2021 menggambarkan topik apa saja yang trending di Indonesia sepanjang tahun ini dan mengalami peningkatan dalam periode yang berkelanjutan sepanjang tahun dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
Perlu dicatat, daftar Google Year in Search 2021 ini tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas penelusuran.
Topik paling banyak dicari di Google sepanjang 2021 bercermin dari masa-masa sulit yang terus menguji tekad kita semua, melihat ke dalam diri, mencari tahu makna “Apa itu Insecure” dan ingin belajar lebih banyak tentang kesehatan mental seperti “Apa itu Disleksia”.
Masyarakat Indonesia juga memikirkan cara untuk pulih dari pandemi dengan bertanya “Cara Mengembalikan Indera Penciuman”, “Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen”, hingga “Pencegahan COVID-19”.
Masyarakat Indonesia juga memikirkan cara untuk bangkit, tumbuh lebih tangguh dan memperkuat jalan ke masa depan; baik sebagai wirausaha yang mencari tahu “Cara Jualan Online” atau pekerja yang mencari tahu bagaimana “Cara Daftar Kartu Prakerja”.
Pada tahun 2021 masyarakat Indonesia juga mencari berbagai cara baru untuk berusaha membantu sesama dan masyarakat di sekitar kita, seperti “Apa Itu Ikoy-Ikoy-an”.
Seperti tahun lalu, pada tahun 2021 ini orang-orang juga terus mencari cara untuk tetap terhubung dengan sesama dan menikmati hiburan di rumah dengan film-film lokal seperti Ali & Ratu-Ratu Queens, atau film seri menegangkan seperti Squid Game yang berhasil menjadi salah satu pencarian trending tahun ini dalam penelusuran acara TV yang ditonton di Indonesia dan seluruh dunia.
Masyarakat Indonesia juga mewarnai hari dengan lagu dari musisi lokal seperti lagu Widodari oleh Denny Caknan dan Guyon Waton, C.H.R.I.S.Y.E dari Diskoria dan Eva Celia, hingga lagu dari musisi mancanegara seperti Butter dari BTS (방탄소년단).
Tahun ini juga menjadi momen kebangkitan Indonesia di ajang Piala Thomas setelah 19 tahun lamanya, sekaligus menjadi tahun di mana banyak talenta Indonesia yang memimpin dan merintis jalannya di bidang masing-masing, mulai dari Greysia Polli dan Anthony Ginting di bidang Olahraga, Amanda Manopo di bidang Seni Pertunjukan, hingga Dewa Kipas di bidang Catur, dan Sisca Kohl di internet.
“Pada tahun 2021, lebih dari sebelumnya, kita melihat bahwa masyarakat Indonesia mencari jalan menuju pemulihan. Tidak hanya menunjukkan ketahanan dan kemampuan beradaptasi, tapi masyarakat Indonesia juga bersemangat untuk bertumbuh lebih tangguh, hingga menciptakan terobosan,” ujar Feliciana Wienathan, Communication Manager, Google Indonesia dalam konferensi pers virtual pada Rabu (8/12/2021).
Di pengujung tahun yang penuh kebangkitan ini, Google melihat lebih dekat berbagai topik yang sedang trending terkait 9 kategori yang diumumkan tahun ini, diantaranya:
Siapa, Peristiwa Nasional, Lagu, Apa itu, Bagaimana Cara, Resep, Film, tren seputar COVID-19 dan daftar utama Tren Penelusuran secara keseluruhan.
Untuk melihat informasi lebih lanjut tentang Google Year In Search di dunia dapat mengunjungi g.co/2021trends/ID.
Berikan Komentar