Bareng Telkom, Honda Bangun Kota Virtual Honda MetaWorld

Honda metaworld

Jakarta, GayaTekno.id – Seiring dengan penetrasi metaverse yang mulai diganderungi masyarakat kekinian, Honda Prospect Motor (HPM) bersama Telkom Indonesia membangun platform dunia virtual Honda MetaWorld.

Menurut data Telkomsel, pengguna platform metaNesia sebagian besar merupakan anak muda yang disebut sebagai Gen-Z. Segmen ini berada pada rentang usia antara 9-24 tahun dan juga merupakan salah satu populasi terbesar di Indonesia.

Maka dari itu, melalui platform ini, HPM bertekad untuk memudahkan para pelanggannya untuk berinteraksi secara virtual dengan perusahaan maupun dengan antarsesama pengguna platform tersebut.

Public Relations and Digital Strategy Senior Manager PT Honda Prospect Motor (HPM), Yulian Karfili mengatakan, Honda MetaWorld hadir sebagai salah satu cara perusahaan untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi, sekaligus mendekatkan diri dengan Gen Z yang kesehariannya melekat dengan dunia digital.

Meski terdengar seperti hal yang baru, namun keterlibatan HPM dalam dunia virtual sudah dapat dilihat sejak tahun lalu.

“Honda pertama kali hadir di Metanesia pada 2022. Saat itu, tercatat sebagai ATPM (agen tunggal pemegang merek) pertama di Indonesia yang hadir di Metaverse,” papar Yulian dalam konferensi pers yang digelar secara daring pada Rabu (8/2/2023).

Berbeda dengan konsep yang dipamerkan pada tahun sebelumnya, Honda MetaWorld kini lebih kaya fitur. Selain hadir dengan konsep yang lebih matang karena menampilkan kota Honda dengan area permainan 60 kali lebih besar, pengguna platform ini juga dibekali akses untuk ‘merasakan’ pengalaman fitur terbaru yang lebih atraktif, teknologi terkini, dan aktivitas hiburan lebih banyak dari sebelumnya.

Bahkan, pengguna dapat menjajal beberapa area yang tersedia di Honda MetaWorld, mulai dari Brio Skate Park, Virtual Stage, Residential Area, Urban Area, hingga Test Drive Area mengendarai sejumlah mobil Honda.

Agar bisa mengekspresikan diri penggunanya, Honda MetaWorld juga menyediakan kustomisasi avatar, teknologi Mic and Chat, pilihan gestur dan ekspresi lebih bervariasi, dan fitur selfie.

Ke depannya, HPM juga berencana menggelar berbagai macam aktivitas, permainan, hingga melibatkan komunitas untuk berkumpul di Honda MetaWorld.

“Kami berharap kolaborasi ini dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus mengembangkan kreativitas berbasis digital di Indonesia,” pungkas Yulian.

Tivan Rahmat
The advance of technology is based on making it fit in so that you don't really even notice it, so it's part of everyday life