Debut di Indonesia, Harga AION Y Plus Dibanderol Mulai Rp 415 Juta

Spesifikasi AiON Y Plus

Jakarta, GayaTekno.id – PT Indomobil Energi Baru, sebagai agen pemegang merek (APM) GAC AION di Indonesia, resmi meluncurkan mobil listrik perdananya, AION Y Plus.

Kendaraan ramah lingkungan ini hadir sebagai sebuah SUV kompak yang siap bersaing dengan BYD Atto 3 dan MG ZS EV yang sebelumnya sudah meluncur di Tanah Air.

“Menurut pandangan kami, model ini sangat cocok dengan masyarakat Indonesia. Selain membawa tenaga dan performa memadai, mobil ini juga menyediakan ruang kabin baris pertama dan kedua yang luas dan cukup untuk memenuhi dan memfasilitasi kebutuhan masyarakat Indonesia,” kata Chief Executive Officer GAC AION Indonesia Andry Ciu saat peluncuran AION Y Plus di Jakarta pada Rabu malam (19/6/2024).

Dilihat dari dimensinya, spesifikasi AION Y Plus memiliki panjang 4.535 mm, lebar 1.870 mm, tinggi 1.650 mm, dan dengan wheelbase 2.750 mm.

Berbeda dengan mobil listrik pada umumnya, desain lampu depan mobil listrik asal China ini juga cukup menarik dengan bentuk yang memanjang dari atas ke bawah.

Peluncuran AiON Y Plus

Kaya Fitur Keamanan

Untuk sektor keamanan, fitur AION Y Plus dilengkapi dengan berbagai teknologi keamanan yang memastikan kenyamanan dan keselamatan pengemudi dan penumpang.

Misalnya saja Advanced Driver Assistance System (ADAS); Adaptive Cruise Control with Stop and Go untuk mengatur kecepatan kendaraan sesuai dengan lalu lintas dan menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan.

Saat terjebak dalam kemacetan, fitur Traffic Jam Assist akan membantu pengendara untuk mengemudikan saat terjadi kemacetan dengan mengontrol akselerasi, pengereman, dan kemudi.

Kemudian, fitur Front Collision Warning akan aktif secara otomatis guna memberikan peringatan jika terdeteksi risiko tabrakan di depan. Begitu pula dengan Automatic Emergency Brake yang secara otomatis akan mengerem jika terjadi bahaya tabrakan.

Bagi pengendara pemula, Lane Departure Warning pada AION Y Plus akan memberikan peringatan jika kendaraan keluar dari jalur. Sedangkan Lane Keeping Assist membantu menjaga kendaraan tetap berada di jalur yang benar.

Di sisi lain, Keyless Start bakal Mlmemudahkan pengemudi untuk menghidupkan mesin tanpa menggunakan kunci fisik.

Jangan lupakan pula keberadaan Level 2 Activation and Level 2 Intelligent Driving, teknologi yang meningkatkan pengalaman mengemudi dengan fitur otomatisasi yang canggih.

Agar bisa menjangkau generasi muda, spesifikasi AION Y Plus turut dibekali LCBM Full Interactive System, yaitu sistem hiburan dan konektivitas yang lengkap. Ada juga Intelligent Voice Control agar pengendara bisa mengendalikan perangkat dengan suara.

Masih seputar fitur keamanan, keberadaan i-Pedal memastikan pengereman regeneratif yang memaksimalkan efisiensi energi.

Sementara itu, 360 Panoramic View Kamera mengelilingi kendaraan untuk memantau sekitar. Terakhir, AION Y Plus juga menggunakan teknologi baterai Magazine 2.0, yang dianggap sebagai fitur manajemen baterai mobil listrik paling aman di dunia.

Harga AiON Y Plus

Harga dan Ketersediaan

AION Y Plus ditawarkan dalam dua tipe, yaitu exclusive dan premium. Perbedaan keduanya terletak pada jangka tempuh, yaitu 410 km dan 490 km dalam sekali pengisian baterai.

Soal mahar, harga AION Y Plus Excecutive di Indonesia dibanderol Rp 415 juta (OTR Jakarta), sedangkan harga AION Y Plus Premium dijual senilai Rp 475 juta (OTR Jakarta).

 

 

Tivan Rahmat
The advance of technology is based on making it fit in so that you don't really even notice it, so it's part of everyday life