Mazda MX-5 Miata Generasi Terbaru Bakal Ditenagai Mesin Lebih Besar

Mazda MX-5 Miata

GayaTekno.id – Mazda telah mengonfirmasi bahwa generasi terbaru dari MX-5 Miata akan hadir dengan mesin yang lebih besar, namun tetap mempertahankan filosofi ringan dan kesenangan berkendara yang menjadi ciri khasnya.

Dikutip dari Motor1 pada Rabu (16/4/2025), roadster ikonik ini akan dibekali mesin baru 2.5 liter empat silinder naturally aspirated yang dinamai Skyactiv-Z.

Mesin ini dirancang untuk memberikan keseimbangan optimal antara performa dan efisiensi bahan bakar, tanpa mengandalkan turbocharger.

Skyactiv-Z: Mesin Baru yang Efisien dan Bertenaga

Skyactiv-Z merupakan pengembangan terbaru dari Mazda yang menggantikan mesin 1.5 dan 2.0 liter Skyactiv-G pada model ND sebelumnya.

Mesin 2.5 liter ini menggunakan metode pembakaran lambda satu (λ=1), yang menyeimbangkan rasio udara dan bahan bakar untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi emisi.

Meskipun spesifikasi tenaga belum diumumkan secara resmi, Mazda menyatakan bahwa mesin ini akan menawarkan performa yang sangat baik serta konsumsi bahan bakar yang efisien.

Bobot di Bawah 1.000 Kilogram: Fokus pada Ringan dan Lincah

Mazda berkomitmen untuk menjaga bobot MX-5 generasi terbaru tetap di bawah 1.000 kilogram. Sebagai perbandingan, versi 990S khusus Jepang dari model ND memiliki bobot sekitar 990 kg dengan mesin 1.5 liter.

General Manager Divisi Desain Mazda, Masashi Nakayama, menyatakan bahwa tujuan utama adalah membuat MX-5 lebih ringan dari sebelumnya, tanpa mengorbankan dimensi kompak yang telah menjadi identitasnya.

Sementara itu, panjang mobil akan tetap di bawah 4 meter, memastikan kelincahan dan handling yang tajam tetap terjaga.

Transmisi Manual Tetap Hadir: Menjaga Kesenangan Berkendara

Di tengah tren otomatisasi dan fitur bantuan pengemudi yang semakin meluas, Mazda tetap mempertahankan transmisi manual pada MX-5 generasi terbaru.

Keputusan ini menunjukkan komitmen Mazda untuk mempertahankan pengalaman berkendara yang murni dan menyenangkan bagi para penggemar mobil sport.

Transmisi manual ini akan dipadukan dengan mesin Skyactiv-Z, memberikan kontrol penuh kepada pengemudi dan menjaga esensi dari MX-5 sebagai mobil sport yang mengutamakan keterlibatan pengemudi.

Elektrifikasi: Studi dan Pertimbangan

Meskipun Mazda sedang mempelajari kemungkinan menghadirkan versi listrik dari MX-5, perusahaan menyadari bahwa penambahan baterai akan menambah bobot secara signifikan.

Oleh karena itu, Mazda mempertimbangkan opsi elektrifikasi ringan, seperti sistem mild-hybrid 48V, yang dapat meningkatkan efisiensi tanpa menambah bobot secara drastis.

Namun, hingga saat ini, belum ada keputusan resmi mengenai elektrifikasi pada MX-5 generasi terbaru.

Kapan Hadir?

Meskipun belum ada tanggal resmi peluncuran, Mazda diperkirakan akan memperkenalkan MX-5 generasi terbaru dalam beberapa tahun ke depan.

Model ND3 yang diperbarui telah hadir sejak 2024, dan kemungkinan akan tetap diproduksi hingga setidaknya 2026.

Skyactiv-Z sendiri dijadwalkan debut pada akhir 2027 melalui model CX-5 hybrid, yang berarti MX-5 baru mungkin akan hadir setelahnya.

Dengan kombinasi mesin baru yang lebih besar, bobot yang lebih ringan, dan tetap mempertahankan transmisi manual, Mazda MX-5 Miata generasi terbaru menjanjikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan dan autentik bagi para penggemar mobil sport.

Ronald Bastian
Jika kamu tak mampu meyakinkan dan memukau orang dengan kepintaranmu, bingungkan dia dengan kebodohanmu.