Review realme C25Y, Harga Murah Kamera Mewah

Review realme C25Y

Jakarta, GayaTekno.id – Realme menutup tahun 2021 dengan merilis dua smartphone dengan harga terjangkau, yakni realme 8i dan realme C25Y.

Untuk tipe smartphone yang namanya terakhir disebut, GayaTekno.id diberi kesempatan untuk menjajal smartphone tersebut yang hasilnya tertuang pada review realme C25Y berikut ini:

Desain dan Layar
Dilihat dari tampilan luarnya, desain realme C25Y cenderung membosankan karena tidak mengikuti tren smartphone kekinian yang mengadopsi konsep mengkilap alias glossy.

Pabrikan asal Tiongkok itu justru memoles bagian punggung smartphone dengan warna Glacier Blue yang terkesan kalem, plus penambahan garis-garis vertikal yang memanjang dari ujung atas hingga ke bagian bawah smartphone.

Desain realme C25Y

Memang kuno, sih, jika dibandingkan dengan efek kinclong yang dipancarkan smartphone berdesain glossy. Hanya saja, desain sederhana pada realme C25Y itu menjadi kunci agar perangkat tidak licin saat digenggam, sekaligus terhindar dari bekas sidik jari yang biasanya mudah menempel pada smartphone dengan efek glossy.

Di sudut kiri atas, terdapat modul kotak untuk menampung kamera dan LED Flash. Tak jauh dari modul tersebut, ada pemindai sidik jari alias fingerprint berbentuk bulat.

Harga realme C25Y

Sedangkan pada sudut kiri bawah dipasangkan logo realme, berdekatan dengan lubang speaker out. Terus terang, penempatan posisi speaker seperti itu membuat saya kurang nyaman karena suara yang dikeluarkan perangkat tertahan oleh tangan.

Jadi seandainya kamu menggunakan realme C25Y untuk menonton video atau mendengarkan musik, sebaiknya pakai earphone.

Fitur realme C25Y

Seperti biasa, sisi kanan perangkat dipakai untuk tombol pengaturan volume suara dan tombol power/daya. Sebelah kiri perangkat digunakan untuk slot dual SIM dan MicroSD, lalu sisi atas dibiarkan polos begitu saja.

Sedangkan di bagian bawah terlihat lebih ‘wah’ karena dipakai untuk lubang jack audio 3,5 mm, microphone, dan lubang pengisian daya yang sayangnya masih menggunakan sambungan Micro USB. Dengan harga realme C25Y yang dibanderol Rp 2,099 juta, seharusnya sudah cukup untuk menyematkan port Type-C.

Promo realme C25Y

Saat smartphone dibalik, terbentang layar realme C25Y dengan luas berukuran 6,5 inci yang panelnya berjenis IPS dan sudah membawa resolusi HD+. Di bagian atas layar, terdapat poni kecil untuk memuat kamera swafoto.

Satu hal yang tidak boleh terlewatkan, layar realme C25Y telah mengantongi sertifikasi lulus uji daya tahan TUV Rheinland.

Spesifikasi realme C25Y

Performa
realme C25Y hadir dengan sistem operasi Android 11 berlapis antarmuka realme UI yang menawarkan navigasi yang mudah serta nyaman dilihat.

Bicara dapur pacu, spesifikasi realme C25Y diotaki chip Unisoc T610 yang dipadukan dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB yang masih dapat diperluas menggunakan MicroSD hingga 256 GB.

Sekadar informasi, chip Unisoc T610 dibangun dengan proses 12 nm yang berjalan di jaringan seluler 4G. Prosesor octa-core ini mengadopsi desain arsitektur Arm DynamIQ dan mesin gambar Vivimagic Solution generasi kelima yang dikembangkan sendiri untuk menghasilkan teknologi pemrosesan tampilan berkualitas tinggi kepada pengguna entry level.

Sedangkan untuk menguji teknisnya, GayaTekno.id menggunakan bantuan aplikasi Geekbench 5. Adapun skor benchmark realme C25Y adalah 339 untuk single-core dan 1.272 untuk multi-core.

Skor Benchmark realme C25Y

Pada performa gaming, realme C25Y cukup bisa diandalkan untuk bermain game mobile populer saat ini, misalnya Mobile Legends: Bang Bang, Arena of Valor dan PUBG Mobile. Saat memainkan game PUBG Mobile dengan pengaturan grafis tertinggi HD dan frame rate High, realme C25Y masih sanggup memainkan game dengan mulus.

Baterai realme C25Y

Daya Tahan
Baterai realme C25Y yang memiliki kapasitas 5.000 mAh masih sanggup untuk menemani aktivitas harian, mulai dari chatting, browsing, menelepon, streaming video, dan sesekali bermain game.

Saat pengujian baterai menggunakan simulasi PCMark for Android, umur baterai realme C25Y nyaris mendapatkan durasi selama 16 jam.

Meski turun di kelas pemula, fitur realme C25Y dilengkapi OTG reverse charging yang membuat smartphone ini bisa menjadi powerbank untuk mengisi baterai perangkat lain. Menarik, bukan?

 

Kamera Realme C25Y

Kamera
Biasanya, orang awam cenderung menyepelekan kualitas kamera smartphone kelas entry-level. Akan tetapi, kamera realme C25Y membantah asumsi tersebut dengan menawarkan kemampuan kamera belakang beresolusi tinggi.

Bermodal trio kamera belakang dengan sensor utama 50 MP, kamera macro 2 MP, dan kamera sensor depth 2 MP untuk efek bokeh, performa kamera realme C25Y terbilang sangat mewah untuk kategori smartphone Rp 2 jutaan.

Berkat sensor 50 MP, hasil foto realme C25Y menyajikan warna foto cukup cerah dengan detail yang tajam.

Hasil Foto realme C25Y 50 MP
Hasil Kamera realme C25Y 50 MP

Pun begitu ketika pemotretan berlangsung pada malam hari, di mana porsi cahaya berkurang. Hasilnya pun tetap paripurna.

Hasil foto malam realme C25Y
Hasil Foto malam realme C25Y

Untuk fitur portrait dan macro cenderung biasa saja. Sedangkan untuk kamera depan, terpasang sensor 8 MP dengan jenis lensa wide-angle.

Hasil foto selfie realme C25Y
Hasil foto selfie realme C25Y

Untuk kemampuan kamera, realme C25Y sepertinya layak masuk dalam daftar smartphone dengan kamera terbaik di kelas entry-level yang meluncur tahun 2021.

Layar realme C25Y

Kesimpulan
Setelah melakukan review realme C25Y sekitar satu bulan, GayaTekno.id menilai bahwa smartphone ini membosankan untuk urusan desain dan terganggu masalah penempatan speaker yang kurang tepat.

Namun dibalik kekurangan tersebut, harus diakui bahwa realme C25Y menyimpan kemampuan kamera yang mewah dibalik harganya yang murah.

Selain itu, daya tahan baterai dan performa gamingnya juga layak diacungi jempol.

Tivan Rahmat
The advance of technology is based on making it fit in so that you don't really even notice it, so it's part of everyday life