Review realme narzo 50i, Smartphone Gaming si Kantong Pas-Pasan

Review realme Narzo 50i

GayaTekno.id – Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna mobile game, berbagai perusahaan teknologi gencar merilis smartphone yang dibekali dengan kemampuan gaming.

Begitu juga dengan realme yang belum lama ini meluncurkan realme narzo 50i di Indonesia. Diklaim sebagai seri narzo termurah yang pernah dibuat, smartphone terbaru ini pun mencoba peruntungannya di Tanah Air melalui segudang fitur dan spesifikasi yang diusungnya.

Untuk mengetahui performa smartphone gaming Rp 1 jutaan tersebut, GayaTekno.id hadirkan review realme narzo 50i.

Desain realme narzo 50i

Desain
Ketika pertama kali melihat smartphone ini, pandangan mata langsung tertuju pada warna Mint Green yang membalut bodi belakang perangkat, cukup unik karena jarang ada smartphone yang memiliki warna seperti ini.

Jika diperhatikan lebih detail, terdapat tekstur kasar dari garis diagonal yang melintang di sekujur bagian belakang smartphone, sehingga tidak licin saat digenggam sekaligus bersih dari bekas sidik jari pengguna.

Fitur realme narzo 50i

Di atas kertas, bodi realme narzo 50i dibangun dengan dimensi 165,2 mm x 76,4 mm x 8,9 mm, cukup ramping digenggam dengan satu tangan. Sementara bobotnya tak lebih dari 195 gram.

Baterai realme narzo 50i

Di sisi kiri atas perangkat terdapat modul kamera beserta lampu LED, berdekatan dengan logo ikonik narzo. Sedangkan di bagian kiri bawah dipakai untuk lubang speaker.

Warna realme narzo 50i

Bergeser ke sisi bawah perangkat, pengguna akan menemukan oleh port Micro USB yang berdampingan dengan lubang jack audio 3,5 mm.

Promo realme narzo 50i

Untuk sisi kanan, perusahaan teknologi asal Tiongkok itu menghiasi perangkat dengan tombol fisik untuk power dan volume. Sisi kiri dipakai untuk slot kartu SIM, sementara bagian atasnya dibiarkan polos begitu saja.

Layar realme narzo 50i

Layar
Di bagian depan perangkat, terhampar layar realme narzo 50i yang menggunakan panel IPS berukuran 6,5 inci, beresolusi 760 x 1.600 piksel, membawa rasio 20:9, dan tingkat kecerahan 400 nits.

Pada sisi atas layar, pengguna akan mendapati ‘poni’ berdesain mini-drop yang dijadikan tempat untuk menampung kamera swafoto. Dibanding pendahulunya, area mini-drop tersebut diperkecil untuk memberikan rasio layar hingga 88,7 persen, sehingga visual yang ditampilkan lebih luas.

Jarak antara layar dengan bodi perangkat juga semakin sempit untuk memaksimalkan layar perangkat.

Spesifikasi realme narzo 50i

Performa dan Sistem Operasi
Secara teknis, spesifikasi realme narzo 50i dipersenjatai chip Unisoc SC9863A SoC. Sekadar informasi, chip ini membawa prosesor octa-core berkecepatan 1,6 GHz dan GPU IMG8322.

Untuk penyimpanan data, realme narzo 50i dibekali RAM 4 GB dan memori internal 64 MP yang masih bisa diperluas menggunakan MicroSD.

Beralih ke perangkat lunak, realme narzo 50i dijalankan dengan antarmuka realme UI Go Edition berbasis Android 11. Meski menggunakan sistem operasi versi ‘lite’ namun tampilan interface perangkat ini mudah dioperasikan.

Sedangkan untuk menguji performa realme narzo 50i, aplikasi Geekbench 5 memberikan skor 127 untuk single-core dan 472 untuk multi-core. Hasil Benchmark realme narzo 50i

Dengan spek seperti itu, realme narzo 50i masih mulus untuk menjalankan game-game ringan, misalnya Mobile Legends: Bang-Bang. Namun saat dipacu untuk bermain game FPS yang memerlukan refresh rate tinggi seperti PUBG Mobile, jangan gunakan settingan ‘rata kanan’ karena perangkat tidak mampu menjalankannya.

Jika dipakai bermain game dalam waktu yang lama, temperatur perangkat cepat memanas. Meski begitu, smartphone masih aman untuk menjalankan berbagai macam aplikasi secara bersamaan alias multitasking.

Warna realme narzo 50i

Baterai
Baterai realme narzo 50i dipersenjatai kapasitas 5.000 mAh dengan pengisian daya cepat 10 Watt yang sanggup membuat smartphone bertahan hingga lebih dari 13 jam.

Selain dibekali baterai jumbo, smartphone terbaru ini juga dilengkapi fitur Ultra Saving Mode dan App Standby Optimizer.

Ketika berada dalam Ultra Saving Mode, pengguna masih bisa menelpon hingga 2,2 jam meskipun sisa baterai hanya 5%. Sedangkan App Standby Optimizer dapat mengoptimalkan konsumsi baterai saat diam (idle).

Kamera realme narzo 50i

Kamera
Kamera realme narzo 50i hanya dibekali sensor tunggal beresolusi 8 MP di bagian belakang, dengan bukaan lensa f/2.0 dan fitur Auto Focus (AF). Meski tergolong minim, namun realme mengakali kekurangan perangkatnya dengan membenamkan fitur Chroma Boost yang membuat saturasi warna foto lebih hidup.

Selain itu, beragam mode foto pun disematkan pada smartphone ini, seperti Panaromic View, Mode Portrait, Expert, Timelapse, HDR, dan Filter Beauty. Sedangkan untuk video, smartphone bisa merekam video dengan format 1080p/30fps.

Hasil kamera belakang realme narzo 50i

Untuk performa kamera belakang, foto yang dihasilkan cukup baik asalkan pemotretan dilakukan dengan pencahayaan yang memadai. Namun untuk low light, masih kurang.

Hasil kamera depan realme narzo 50i
Hasil kamera depan realme narzo 50i

Beralih ke kamera depan, realme narzo 50i disokong sensor beresolusi 5MP AI dengan aperture f/2.2. Layaknya di bagian belakang, fitur realme narzo 50i juga dilengkapi mode portrait, AI Beauty, HDR, face-recognition, dan filter.

Kesimpulan
Setelah melakukan review realme narzo 50i selama beberapa pekan, smartphone ini menawarkan daya tahan yang mumpuni, kemampuan gaming cukup baik untuk game kelas rendah, dan desain yang trendi.

Meski begitu, kemampuan kamera realme narzo 50i masih kurang dari ekspektasi. Begitu juga dengan suhu perangkat yang cepat memanas jika dipacu untuk menjalankan game dengan pengaturan grafis tinggi.

Tapi secara keseluruhan, rasanya realme narzo 50i bisa menjadi opsi bagi si kantong pas-pasan yang menginginkan sebuah smartphone gaming, mengingat harga realme narzo 50i hanya dibanderol Rp 1,5 jutaan.

Tivan Rahmat
The advance of technology is based on making it fit in so that you don't really even notice it, so it's part of everyday life