GayaTekno.id – Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat dan juga situasi pandemi, semua sektor dituntut untuk “Go Digital”.
Saat ini, aset digital yang paling penting di sebuah organisasi untuk menyebarkan informasi dan menerima masukan adalah website dan media sosial.
Aset digital di atas menjadi lebih penting untuk universitas-universitas di Indonesia guna memastikan ratusan, bahkan ribuan mahasiswa aktif dan juga para calon mahasiswa mereka bisa tetap up to date dan mengetahui apa yang saat ini sedang terjadi di kampus mereka.
Fenomena ini rupanya menarik perusahaan rintisan di bidang Teknologi Edukasi (EduTech), RevoU, untuk membuat riset agar memahami lebih jauh universitas di Indonesia yang memiliki website dan juga media sosial terbaik di Q1 2021.
Riset ini mengambil beberapa elemen, yang terdiri dari:
- Jumlah pengunjung website bulanan (SimilarWeb)
- Jumlah pengikut di media sosial (Instagram, Twitter, LinkedIn, dan YouTube)
- Jumlah konten di masing-masing media sosial tersebut
- Strategi konten di media sosial universitas di Indonesia
Untuk riset kali ini, RevoU mengumpulkan 30 universitas-universitas besar di Indonesia, baik universitas negeri maupun swasta. Berikut adalah temuan menarik dari riset ini, termasuk peringkat universitas di Indonesia paling populer di internet.
Website & Medsos UGM dan UI Paling Ramai
Univeritas Gadjah Mada (UGM) menjadi universitas paling eksis dan ramai dikunjungi warganet di dunia maya. Website universitas asal Yogyakarta ini dikunjungi 6,1 juta, punya 750 ribu pengikut di Instagram, 1,1 juta followers di Twitter, dan LinkedIn sebanyak 153 ribu.
Sementara itu, Universitas Indonesia (UI) juga sangat populer di jagat maya. Hal ini bisa dilihat dari jumlah pengunjung laman resmi mereka sepanjang Q1 2021 yang mencapai 5 juta, 680 ribu pengikut Instagram, 1,2 juta pengikut Twitter, dan 214 ribu di LinkedIn.
Jika ditotal, jumlah followers dari universitas-universitas di Indonesia paling banyak berada di Twitter (Total 6,8 juta). Sementara Instagram 50% lebih rendah (Total 3,8 juta).
Sedangkan untuk urusan YouTube, Institut Teknologi Bandung (ITB) paling banyak memiliki subscribers dengan 100 ribu, disusul ITS (64K), dan UGM (59K).
Temuan Pengunjung Website Bulanan
Berdasarkan data dari SimilarWeb, rata-rata waktu yang orang habiskan diuntuk 5 website universitas dengan pengunjung bulanan terbanyak (UGM, UI, Binus, ITB, dan Brawijaya) adalah 5.5 menit.
2 Universitas Swasta yang ada di posisi 10 besar berdasarkan jumlah pengunjung bulanan website adalah Binus University (peringkat 4 dengan 4,3 juta pengunjung/ bulan) dan Telkom University (peringkat 9 dengan 1,8 juta pengunjung/ bulan).
Berikan Komentar