Jakarta, GayaTekno.id – Di era digital seperti saat ini, siaran langsung alias live streaming menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk memasarkan produk.
Maka, tak heran setiap platform e-commerce yang beroperasi di Tanah Air dilengkapi fitur live streaming. Lantas, platform manakah yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, perusahaan riset IPSOS telah melakukan survei tren live streaming e-commerce di Indonesia tahun 2024. Beberapa temuan pada riset tersebut antara lain sebagai berikut:
Tren Live Streaming E-commerce Terus Meningkat
Hasil riset IPSOS tersebut mengungkap, tren berbelanja melalui live streaming e-commerce terus meningkat di Indonesia. Platform seperti Shopee, TikTok, Tokopedia, dan Lazada aktif menghadirkan fitur live streaming untuk menarik lebih banyak konsumen dan mendukung brand lokal serta UMKM.
Platform Live Streaming yang Populer
Untuk kategori Top of Mind (TOM), Shopee Live diingat oleh 77% brand lokal dan UMKM, diikuti oleh TikTok Live (19%).
Sedangkan untuk Brand Used Most Often (BUMO), 72% brand lokal dan UMKM paling sering menggunakan Shopee Live, sementara TikTok Live digunakan oleh 26%.
Pun begitu dengan penguasaan pasar atau market share. Shopee Live menguasai 82% pasar live streaming untuk brand lokal dan UMKM, sedangkan TikTok Live menguasai 18%.
Faktor Penting dalam Memilih Platform Live Streaming
Survei yang sama juga mencermati kepuasan penjual terhadap layanan yang disediakan e-commerce. Hasilnya, 67% penjual merasa puas dengan layanan yang diberikan oleh Shopee Live, diikuti oleh TikTok Live (25%), Lazada Live (5%), dan Tokopedia Play (3%).
Peningkatan Omzet
Dengan berjualan secara live streaming, 67% penjual mengakui bahwa Shopee Live memberikan peningkatan omzet terbesar bagi bisnis mereka, dibandingkan TikTok Live (25%), Tokopedia Play (4%), dan Lazada Live (4%).
Pertumbuhan Bisnis
Secara tidak langsung, peningkatan omzet turut meningkatkan pertumbuhan bisnis para penjual. Dalam riset tersebut, 64% penjual menyatakan Shopee Live paling membantu dalam pertumbuhan bisnis mereka, disusul TikTok Live (27%), Lazada (6%), dan Tokopedia Play (3%).
Program Edukasi
Laporan ini juga menyoroti pentingnya program edukasi yang ditawarkan oleh platform live streaming e-commerce. Sebanyak 65% penjual menilai program edukasi Shopee Live bermanfaat, diikuti oleh TikTok Live (28%), Lazada Live (5%), dan Tokopedia Play (3%).
Dengan demikian, Shopee Live menjadi platform live streaming paling sering digunakan oleh penjual maupun pembeli dalam bertransaksi secara digital.
Menariknya, tren ini diprediksi akan terus berkembang dan menjadi faktor penting dalam persaingan e-commerce di Indonesia. Semua platform terus berinovasi untuk menawarkan pengalaman terbaik bagi brand lokal dan UMKM.
Berikan Komentar