Cara Telkom Rayakan Hari Pelanggan Nasional 2024

Telkom Hari Pelanggan nasional 2024

Jakarta, GayaTekno.id – Hari Pelanggan Nasional atau Harpelnas (HPN) bukan hanya sekadar perayaan, namun menjadi momen refleksi bagi setiap perusahaan untuk memperkuat komitmen terhadap kepuasan pelanggan.

Oleh sebab itu, untuk memaknai HPN pada 4 September yang lalu, Telkom melakukan kunjungan serentak ke pelanggan setianya dari Sabang hingga Merauke.

Telkom menyadari pentingnya membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, tidak hanya sebagai pengguna layanan, tetapi juga sebagai mitra untuk bertumbuh dan berinovasi bersama.

OVP Enterprise Regional Management Telkom, Reni Yustiani menerangkan pentingnya peran pelanggan segmen bisnis dalam keberlangsungan bisnis Telkom.

“Melakukan komunikasi dua arah tentang kebutuhan layanan dengan pelanggan adalah salah satu agenda prioritas kami,” ungkap Reni dalam keterangan tertulisnya pada Minggu (8/9/2024).

Menurut Reni, kunjungan ke pelanggan penting dilakukan agar bisa mendapatkan input langsung dari pada pelanggan. Pada kesempatan kali ini, Telkom juga memfokuskan kunjungan untuk bertemu para pengguna produk unggulan Telkom yakni Indibiz layanan penyedia ekosistem solusi digital dunia usaha.

Kunjungan tidak hanya dilakukan kepada pelanggan, melainkan ke para pemangku kepentingan penting seperti organisasi bidang usaha tertentu.

Bahkan secara khusus, EVP Telkom Regional 2 E. Kurniawan melakukan audiensi bersama Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia yang dihadiri langsung oleh Ketua Umum IDI Adib Khumaidi beserta jajaran.

Pada pertemuan tersebut, terdapat banyak hasil positif yang dicapai untuk merancang ekosistem digitalisasi di sektor kesehatan yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Kunjungan lainnya juga dilaksanakan ke pelanggan Telkom yang menggunakan solusi digital dari Indibiz Health di beberapa Rumah Sakit Umum negeri atau swasta di Jakarta, Tangerang, dan Bandung.

Dengan solusi digital tersebut, layanan kesehatan semakin optimal, tidak ada lagi antri dan booking manual. Penjadwalan dokter, perawat, apotaker, dan manajemen alat kesehatan juga bisa terpantau secara real-time. Data kesehatan hasil operasional pun terintegrasi dengan sistem kesehatan nasional.

Telkom juga melakukan kunjungan serentak para pengguna Indibiz Ruko, solusi digital yang diperuntukkan untuk pelaku usaha niaga dengan berbagai solusi digital mulai dari kasir digital, manajemen stok, hingga pembayaran digital lengkap.

Para pelanggan seperti Mitra Visioner Pratama (MVNET), PT Sumber Kalimantan Abadi, Harbor’s Ice Cream & Coffee menyambut kedatangan Telkom dengan penyampaian testimoni positif. Sebab berkat Indibiz Ruko bisnis mereka bisa berkembang dan bersaing dengan kompetitor secara progresif.

Sementara itu, EVP Telkom Jateng DIY Jatim Bali Nusra, Fera Pebrayenti, melakukan kunjungan ke pelanggan setianya PT Tanto Intim Line yang menjadi pelanggan setia Indibiz Ekspedisi.

Telkom melalui Fera menyampaikan rasa terima kasih kepada client-nya karena sudah menggunakan layanan Internet of Things (IoT) untuk memudahkan proses operasional.

Kini utilitasasi puluhan armada kapal logistiknya sangat optimal karena bisa dipantau dan dilacak secara real-time.
Telkom juga mengunjungi beberapa kantor cabang PDAM sebagai pengguna Indibiz Energi.

PT Tirta Asasta Perseroda misalnya, merasa sangat terbantu dengan Antares Smart Water Meter yang rasio keterbuangan airnya (wasted water) di PDAM Depok dari yang semula di angka 33% mengecil hingga stabil di angka 20% tiap bulannya.

Begitu juga kunjungan pararel ke para pengguna Indibiz Multifinance yang dirancang agar lembaga keuangan bisa go digital, sehingga bisa meningkatkan literasi keuangan nasional di tingkat daerah rural.

Telkom Hari Pelanggan nasional 2024

BPR Centra Artha Tegal dan BPR Laksana Abadi Sunggal Binjai memberi testimoni positif mengenai Indibiz Multifinance karena bisa menopang digitalisasi bisnis perbankan mereka dengan optimal.

Kunjungan lainnya juga ditujukan untuk pelanggan Telkom yang menggunakan solusi digital Indibiz Sekolah. Lembaga pendidikan swasta maupun negeri seperti Yayasan Al Azhar Asy Syarif, SMAN 16 Batam dan Yayasan Ash Shofa Pekanbaru merespons sangat positif solusi digital dari Telkom tersebut untuk sektor pendidikan.

Harapannya, lembaga pendidikan bisa mengefisiensikan operasional sekolah dan meningkatkan kualitas bahan ajar Pendidikan.

Telkom juga rutin berkunjung ke beberapa hotel yang tersebar di Indonesia. Melalui Indibiz Hotel, manajemen hotel jadi lebih akurat baik dari sisi keuangan, manajemen aset, hingga keamanan.

Khusus di momen HPN yang lalu, Telkom memberikan apresiasi kepada pelanggan yang telah memberikan kepercayaan dan dukungan selama ini. Bagi Telkom, pelanggan adalah hal yang utama bagi perusahaan dalam membangun strategi berkelanjutan serta menciptakan nilai tambah yang lebih besar.

Bentuk strategi berkelanjutan dari Telkom tersebut dilakukan dengan menghadirkan ekosistem solusi digital dunia usaha bernama Indibiz yang kini telah memiliki 7 sektor di berbagai industri.

Langkah tersebut dilakukan seiring dengan strategi besar Telkom Indonesia untuk fokus kepada pasar B2B, yang mana melalui Indibiz, akan selalu bersama dengan para pelaku usaha untuk terus bertumbuh dan menjadi solusi digital bagi dunia usaha.

Telkom merancang Indibiz untuk mengurai pain-points yang sering menjadi hambatan pelaku usaha untuk berkembang. Adanya ketujuh ekosistem Indibiz ini sangat diterima masyarakat karena memang relevan dengan tantangan yang ada di lapangan.

Dan dalam waktu dekat, Telkom akan memperluas ekosistemnya ke sektor-sektor lain yang memiliki tantangan tersendirinya yang lebih kompleks.
OVP ERM Reni Yustiani mengatakan kunjungan ini merupakan agenda rutin seluruh insan Telkom.

“Hal ini tidak dilakukan karena bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional semata, tapi sudah menjadi salah satu tugas pokok kami untuk mengunjungi langsung pelanggan kami. Kami harus proaktif untuk mencari masukan, melakukan evaluasi, dan pengembangan bisnis dari para pelanggan setia,” tutup Reni.