Telkom CX Summit 2022 Soroti Penggunaan Teknologi Untuk Efisiensi Bisnis

Telkom CX Summit 2022

Jakarta, GayaTekno.id – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) secara resmi membuka pagelaran CX Summit 2022 yang digelar secara hybrid pada Rabu (12/10/2022).

Melalui Telkom CX Summit 2022, perusahaan pelat merah itu menyoroti peran teknologi dalam mengefisiensikan prosedur layanan yang ditawarkan perusahaan kepada para pelanggannya, sehingga meningkatkan pengalaman penggunaan layanan (user experience).

CDIO Telkom Indonesia, Muhammad Fajrin Rasyid menyampaikan, penyederhanaan penggunaan layanan akan berperan penting dalam meningkatkan indeks kepuasan pelanggan terhadap perusahaan, sehingga pemanfaatan teknologi mutlak dimiliki oleh perusahaan yang ingin terus berkembang di tengah situasi global yang kian memanas, seiring dengan belum meredanya konflik antara Rusia dan Ukraina.

“Menurut kami, teknologi merupakan salah satu senjata bagi bisnis, terutama di era bisnis sekarang,” papar Fajrin dalam konferensi virtual, Rabu (12/10/2022).

Tak hanya dari perang geopolitik yang melibatkan dua negara pecahan Uni Soviet tersebut, krisis ekonomi global juga dipengaruhi oleh inflasi yang tinggi yang berakibat pada kenaikan suku bunga bank sentral.

Seandainya perusahaan tidak mempersenjatai diri dengan teknologi, lanjut Fajrin, bisa jadi banyak perusahaan publik maupun startup yang akan terkena dampaknya.

Oleh karena itu, para pelaku bisnis harus mencari cara untuk membuat bisnisnya dapat bertahan melalui krisis dunia saat ini, termasuk dengan memaksimalkan teknologi.

“Salah satu caranya, menurut kami, adalah terkait bagaimana kita mengembangkan bisnis dengan lebih baik, termasuk melalui teknologi,” sambungnya.

Teknologi dapat membantu operasional bisnis agar berlangsung dengan lebih efisien, misalnya melalui pengembangan aplikasi. Selain itu, masih banyak kemampuan teknologi lainnya yang juga dapat menunjang efisiensi operasional bisnis.

“Kami percaya bahwa untuk mengembangkan perusahaan, maka pemanfaatan teknologi sangat dibutuhkan,” timpal Fajrin.

Di sisi lain, ajang Telkom CX Summit 2022 mendapatkan apresiasi dari Menteri BUMN, Erick Thohir, yang turut hadir dalam acara tahunan tersebut.

“Adanya acara ini menunjukkan komitmen Telkom Group dalam memperlihatkan kepuasan pelanggan dalam situasi ekonomi politik global yang penuh dinamika dan ketidakpastian,” puji mantan pemilik Inter Milan tersebut.

Sekadar informasi, Telkom CX Summit 2022 menghadirkan sejumlah pembicara yang berbagi pengalaman tentang pemanfaatan teknologi untuk bisnis.

Sebut saja pengusaha kawakan sekaligus eks Menteri Perdagangan Gita Wijawan, CEO Youth Lab Indonesia Muhammad Faisal, President General Electric (GE) Indonesia Handry Satriago, Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas Taufik Hanafi, dan masih banyak pembicara ulung di bidangnya masing-masing.

Tivan Rahmat
The advance of technology is based on making it fit in so that you don't really even notice it, so it's part of everyday life