GayaTekno.id – Para pelanggan Indihome yang memakai layanan grup video Zoom dilaporkan mengalami gangguan pada Selasa pagi (13/10/2020).
Kendati demikian, masalah tersebut sudah berhasil diatasi. Hal ini disampaikan Telkom selaku induk usaha Indihome dalam keterangan tertulisnya.
“Telkom Indonesia terus berkomitmen memastikan kualitas layanan terbaik bagi pelanggan. Sebelumnya sempat terjadi gangguan akses melalui jaringan IndiHome menuju layanan video conference milik sebuah content provider internasional selama beberapa menit. Saat ini akses layanan sudah kembali normal,” ujar Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo.
Setelah melakukan pengecekan dan identifikasi, dapat disampaikan bahwa gangguan terjadi karena adanya perubahan konfigurasi di jaringan milik mitra content provider tersebut.
“Dalam hal ini IndiHome hanya menyalurkan akses ke layanan video conference menuju pelanggan di Indonesia. Kami telah berkoordinasi dengan mitra content provider tersebut dan saat ini layanan sudah bisa diakses seperti semula,” imbuhnya.
Arif menegaskan, gangguan tersebut bukan berasal dari jaringan IndiHome, melainkan dari penyedia layanan video, dalam hal ini Zoom. Pasalnya, internet IndiHome masih bisa dipakai untuk mengakses aplikasi lainnya.
“Sedangkan untuk jaringan akses IndiHome baik ke domestik maupun content provider internasional lainnya tetap berjalan normal, tanpa ada gangguan,” pungkasnya.
Ringkasnya, masalah IndiHome gangguan pakai Zoom bukan berasal dari provider internetnya, melainkan pemilik aplikasi grup video tersebut.
Berikan Komentar