Cara Meningkatkan Omzet Bisnis Saat Ramadan, Cuma Modal WhatsApp!

Cara Meningkatkan Omzet Bisnis Saat Ramadan, Cuma Modal WhatsApp!

Jakarta, GayaTekno.id – Menjelang bulan Ramadan, para pelaku bisnis mulai mencari cara untuk menjaga agar bisnis tetap berjalan dengan lancar serta selalu terhubung dengan para pelanggan.

Bagi sebagian besar bisnis, WhatsApp merupakan sarana yang aman, andal, dan personal untuk berkomunikasi dengan pelanggan, terutama karena konsumen telah banyak beralih menggunakan aplikasi perpesanan ini (tujuh dari sepuluh orang Indonesia lebih suka mengirim pesan kepada bisnis dibandingkan email).

Berikut ini adalah cara meningkatkan omzet bisnis saat Ramadan hanya bermodalkan WhatsApp saja.

Membangun pengalaman perpesanan yang menyenangkan bagi pelanggan 

Bagi pelaku bisnis kecil di Indonesia, WhatsApp telah menjadi bagian penting dari aktivitas mereka sehari-hari. Mereka dapat menggunakan WhatsApp sebagai situs web dan konter toko virtual untuk menampilkan produk, menjawab pertanyaan pelanggan, dan mendorong tingkat penjualan.

Jadi, kamu harus siap ketika pelanggan datang. Sebagai contoh, Anda dapat memperbarui informasi jam kerja di profil bisnis pada aplikasi WhatsApp Business untuk memberitahukan bahwa kamu tetap buka selama bulan Ramadan, terutama jika jam operasional kamu berbeda dari biasanya, atau mengirim pesan untuk menyampaikan kepada pelanggan ketika kamu sedang tidak bisa dihubungi atau sedang shalat subuh atau maghrib.

Membuat pelanggan merasa lebih terhubung dengan bisnis/merek

Mengirim pesan yang dipersonalisasi menciptakan koneksi dan meningkatkan relevansi pesan, mengarahkan pengguna menggunakan tombol (balasan cepat, list, call to action), dan menggunakan pesan produk dengan keranjang dan pilihan produk adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh berbagai bisnis untuk menciptakan pengalaman interaktif yang meningkatkan keterikatan dan kualitas.

Jika kamu memiliki produk, penawaran, atau promosi khusus selama bulan Ramadan, ada baiknya kamu menyorotnya di katalog agar pelanggan dapat dengan mudah menemukan apa yang ingin mereka beli.

Menarik pelanggan baru 

Untuk usaha kecil, menemukan pelanggan baru adalah hal yang sangat penting. Setelah kamu berhasil menawarkan pengalaman yang berharga kepada pelanggan kamu, penting untuk mengarahkan lebih banyak orang untuk mengunjungi kanal WhatsApp kamu.

Tambahkan kode QR ke etalase, situs web, kemasan produk, dan materi pemasaran kamu agar dapat dengan mudah dipindai dan ditautkan ke WhatsApp.

Kode QR dapat ditemukan melalui pilihan Alat Bisnis → Pintasan. Kami juga dapat dengan mudah berbagi kode QR dengan orang lain melalui aplikasi.

Meningkatkan kunjungan dari media sosial 

Banyak pelaku bisnis kecil dan menengah yang kini hadir di Instagram dan Facebook. Dengan menggunakan Alat Bantu Bisnis, kamu dapat menambahkan tombol WhatsApp ke akun Facebook atau Instagram sehingga ketika pelanggan mengklik tombol tersebut, percakapan di aplikasi WhatsApp bisnis akan segera dimulai.

Hal ini akan memungkinkan pelanggan yang menjelajahi bisnis kamu di platform tersebut untuk memulai percakapan dengan kamu di WhatsApp, mengajukan pertanyaan, atau melakukan pemesanan dengan mudah.

Untuk menemukan pelanggan baru, kamu bisa membuat iklan Facebook dan Instagram yang ketika diklik akan membuka percakapan WhatsApp.

Iklan ini merupakan cara yang sangat efektif dan ampuh untuk menarik pelanggan baru dan memudahkan mereka untuk berkirim pesan dengan bisnis kamu.

Pastikan bisnis tetap terorganisir dengan baik

Bulan Ramadan adalah waktu yang sangat menyibukkan bagi berbagai bisnis, terutama karena sebagian besar aktivitas perdagangan terkonsentrasi hanya dalam beberapa jam dalam sehari.

Mengingat potensi arus percakapan dari pelanggan baru, sangat penting untuk menjaga bisnis dan percakapan Anda agar tetap terorganisir.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan Koleksi katalog untuk mengelompokkan dan mengatur produk kamu ke dalam kategori tertentu sehingga memudahkan pelanggan untuk menelusuri produk kamu.

Untuk melacak percakapan, tandai percakapan tertentu dengan deskripsi yang dapat disesuaikan untuk melacak hal-hal seperti pembayaran yang tertunda, pelanggan baru, dll. (label hanya dapat dilihat oleh kamu, bukan oleh pelanggan).

Seiring dengan meningkatnya jumlah pelanggan dan volume percakapan, kamu dapat beralih dari aplikasi WhatsApp Business ke WhatsApp Business Platform yang lebih efektif untuk membantu kamu berinteraksi dengan konsumen dalam skala yang lebih luas.

Feby Vebriani
Beberapa orang itu seperti mendung. Ketika mereka menghilang, suasana jadi lebih cerah.