Rahasia Dibalik Perekrutan Karyawan IHG Hotels & Resorts

Rahasia Dibalik SDM IHG Hotels & Resorts

Jakarta, GayaTekno.id – Pengembangan sumber daya manusia adalah inti dari strategi perekrutan karyawan IHG Hotels & Resorts, dimana IHG tahun ini berharap dapat menciptakan 7.000 pekerjaan baru di seluruh Asia Tenggara, dan 1.500 di antaranya berada di Indonesia

Menurut World Travel and Tourism Council, industri perjalanan global akan menambah 126 juta pekerjaan dalam 10 tahun ke depan, ketika 65% atau 76,9 juta pekerjaan baru ada di Asia Pasifik, yang merupakan hasil estimasi berdasarkan pertumbuhan APAC Travel & Tourism GDP yang mencapai 8,5%.

Untuk menarik talenta terbaik di tiap negara, baik dari dalam dan luar industrinya, IHG telah mengembangkan strategi perekrutan dan retensi karyawannya, serta meningkatkan fokus pada pengembangan sumber daya manusia, disamping meningkatkan komitmen lain termasuk menciptakan budaya yang kuat dan inklusif serta menyediakan kondisi kerja yang fleksibel.

Rajit Sukumaran, Managing Director IHG Asia Tenggara dan Korea mengatakan bahwa IHG berinvestasi besar di Indonesia, setelah membuka hotel IHG pertama pada tahun 1995 dan akan tumbuh 50% dalam beberapa tahun ke depan.

“Ketika kami terus memperluas sumber daya dan kemampuan, kami akan fokus pada penciptaan lingkungan dimana setiap orang dapat tumbuh dan mengembangkan karier mereka,” ujar Rajit dalam keterangan resminya.

Rajit paham betul bahwa para calon karyawan memberi nilai tinggi untuk bekerja di perusahaan yang memiliki budaya dan nilai yang kuat, serta mempunyai rasa memiliki dan tujuan yang jelas, dan perusahaan pun setuju dengan mereka.

“Itulah sebabnya kami memberi kesempatan pada orang-orang untuk membangun karier bersama kami sambil menikmati work-life balance dan meningkatkan kesempatan belajar. Ini semua adalah bagian dari strategi people-orientated kami yang memastikan agar kolega-kolega kami senang menjadi bagian dari tim IHG,” tambahnya.

Mereka yang bergabung dengan IHG, imbuh Rajit, dapat merasa yakin bahwa mereka akan menikmati  pelatihan terbaik di kelasnya dan akses ke standar global di seluruh operasional perusahaan.

“Mereka juga akan menikmati budaya yang beragam dan inklusif yang menjunjung tinggi perbedaan, serta melakukan kegiatan-kegiatan bermanfaat untuk komunitas dan bumi – sebagai bagian dari rencana bisnis bertanggung jawab dalam 10 tahun ke depan, Journey to Tomorrow,” tegas Rajit.

Peluang untuk tumbuh dan berkembang secara konsisten menjadi alasan utama mengapa orang-orang bergabung dengan IHG, dan perusahaan-perusahaan ingin meningkatkan kecepatan perekrutan untuk mengisi posisi di 100+ hotel yang sudah beroperasi, serta 90 proyek yang sedang dalam tahap penyelesaian di seluruh Asia Tenggara & Korea.

Dengan pemikiran ini, IHG telah mengembangkan serangkaian program untuk mendukung talenta-talenta memasuki industri ini, termasuk menciptakan jalur karir bagi calon hotelier dan pendekatan first-class untuk mengembangkan para karyawan guna mendorong kreativitas dan kinerja.

Perusahaan baru-baru ini meluncurkan IHG Skills Academy, program pelatihan virtual kelas dunia yang menawarkan pendidikan dan kursus online gratis dalam berbagai bahasa bagi kaum muda agar ‘siap kerja’ dan menjelajahi karir di bidang perhotelan.

Sementara di seluruh IHG, para kolega bisa mendapatkan keuntungan dari penawaran komprehensif terbaru IHG University yang membantu semua kolega menemukan jalan mereka untuk membangun keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan.

Di Indonesia, IHG bermitra dengan berbagai universitas dan lembaga akademik di Jakarta, Bali, dan Bandung untuk menarik calon hotelier muda dengan menerapkan program magang dan jalur manajerial yang kuat bagi orang Indonesia yang kembali ke luar negeri serta menciptakan Buddy System untuk para pemimpin di masa depan.

Sebagai bagian dari strategi DE&I, IHG juga menawarkan manfaat tambahan bagi keluarga berupa cuti hamil dan melahirkan yang lebih panjang, ruang laktasi di semua tempat kerja, serta pertanggungan asuransi yang komprehensif.

“Kami adalah perusahaan pertama dan terdepan dalam bisnis yang mengedepankan kualitas SDM (people business), dan selalu mencari talenta-talenta hebat yang bersemangat untuk pekerjaan yang kami lakukan,” sambung Rajit.

Ini, kata Rajit, termasuk orang-orang dari berbagai latar belakang, dan kami sangat ingin menarik talenta dari dalam dan luar industri perhotelan. Ada jalur karir luar biasa yang dapat dipilih karyawan untuk memulai berdasarkan keahlian, preferensi, dan kepribadian mereka, dengan peluang untuk bekerja lintas batas dan provinsi, di berbagai brand dan fungsi yang berbeda, dan setiap kolega perusahaan mendapatkan pelatihan di tempat kerja sejak hari pertama.

“Kami menyarankan budaya mobilitas bagi para kolega kami untuk memastikan bahwa kita memiliki talenta tepat pada peranan yang tepat, dengan rencana suksesi yang jelas. Baru-baru ini kami meluncurkan peranan hotel yang bergulir yang memungkinkan rekan kerja diperbantukan untuk konversi dan lowongan baru sebagai bagian dari investasi berkelanjutan kami terhadap karyawan,” papar Rajit.

Sebagai perusahaan pilihan, IHG akan terus memperkuat proses penyiapan talenta-talenta perusahaan di seluruh tingkat bisnis yang berfokus pada menarik minat, membangun, dan mempertahankan talenta di seluruh pasar.

Sekadar informasi, IHG memiliki 25 hotel di Indonesia dan secara aktif merekrut untuk berbagai posisi di seluruh destinasinya seperti Jakarta, Bandung, Bali, Batam, dan Surabaya.

IHG adalah salah satu perusahaan hotel terkemuka di dunia dengan lebih dari 6.000 hotel dan 1.800 yang sedang sedang dalam tahap penyelesaian di seluruh dunia. Di Asia Tenggara dan Korea, perusahaan ini hadir di 10 negara dengan lebih dari 100 hotel yang beroperasi dan 90 hotel dalam tahap penyelesaian.

Feby Vebriani
Beberapa orang itu seperti mendung. Ketika mereka menghilang, suasana jadi lebih cerah.