Tips Aman Naik Pesawat Saat Pandemi

Tips Aman Naik Pesawat

GayaTekno.id – Kamu sering bepergian menggunakan pesawat? Jika ya, kamu harus menaati aturan dan tata cara baru saat menggunakan transportasi udara tersebut di masa pandemi seperti sekarang ini.

Sebagai peningat, pemerintah sudah membuka layanan transportasi pesawat agar masyarakat bisa tetap melakukan mobilitas jarak jauh. Jika tiket pesawat sudah dalam genggaman, ikuti tips aman naik pesawat di masa pandemi berikut ini.

Jaga jarak

Sesampainya di bandara, pastikan kamu sudah menggunakan masker dan face shield. Patuhi juga protokol kesehatan dengan cek suhu tubuh dan menjaga jarak dengan penumpang lainnya.

Jangan lupa menggunakan hand sanitizer jika tak sengaja menyentuh benda yang mudah dihinggapi virus.

Memakai face shield secara tidak langsung menghindari dari kebiasaan menyentuh wajah, terutama mulut, hidung dan mata selama perjalanan.

Siapkan dokumen pribadi

Selain tiket dan identitas diri, kamu perlu menyiapkan surat hasil Rapid Test atau PCR yang berlaku untuk 7 hari. Apabila hasilnya non reaktif dan negatif maka kamu akan mendapatkan surat keterangan bebas COVID-19.

Surat tersebut hanya berlaku untuk satu orang dan hasil rapid test berlaku selama tiga hari, sedangkan PCR berlaku selama tujuh hari.

Check in atau boarding pass sejak di rumah

Untuk mengantisipasi situasi yang ada, sebaiknya kamu melakukan check in atau boarding pass di rumah. Hal ini penting supaya kamu tidak terburu-buru saat sampai ke bandara.

Disarankan untuk sampai di bandara 3-4 jam sebelum keberangkatan. Pasalnya, kamu juga harus melakukan verifikasi terlebih dahulu di konter pemeriksaan rapid test, dan proses ini memakan waktu kurang lebih 10 menit. Mengantisipasi antrian mengular, sebaiknya datang lebih awal.

Take away makanan

Saat lapar menyerang, tentunya kamu harus membeli makanan untuk mengganjal perut. Tapi ingat, saat berada di tempat umum, sebaiknya bungkus makanan (take away) daripada menyantapnya di tempat.

Makanan tersebut bisa dinikmati di ruang tunggu atau di area lainnya. Supaya lebih aman, jangan lupa membawa tumbler dan alat makan pribadi dari rumah, ya!

Tivan Rahmat
The advance of technology is based on making it fit in so that you don't really even notice it, so it's part of everyday life