Transformasi Tantan, Dari Aplikasi Kencan Menjadi Pan-Entertainment

Transformasi aplikasi tantan

GayaTekno.id – Saat lahir di Indonesia pada Juli 2018, Tantan mengikrarkan diri sebagai aplikasi kencan bagi kaum urban. Namun di tengah pandemi, aplikasi tersebut bertansformasi ke dalam format baru.

Jack Wu selaku Senior Director, Business Development & Branding Department of Tantan Inc. mengatakan bahwa transformasi ini merupakan bagian dari strategi perusahaan dalam menyikapi perubahan perilaku masyarakat selama pandemi.

Oleh karena itu, kini Tantan menggunakan strategi Social+, yaitu sebuah ekosistem baru dari strategi pan-entertainment yang menggabungkan media sosial dan entertainment dalam sebuah platform.

Istilah pan-entertainment sendiri merujuk pada produk kreatif multi-level yang dikembangkan dari kekayaan intelektual, contohnya game dan film. Ekosistem pan-entertainment Tantan beridir di atas empat pilar, yaitu: Fitur Baru, Teknologi Baru, Konten Baru, dan Model Bisnis Baru.

Transformasi aplikasi tantan

Melalui strategi Social+, Jack menerangkan bahwa konsumen akan merasakan fitur-fitur baru seperti Social+ Live Streaming, Social+ Mobile Game, Social+ Content, dan Social+ New Retail.

Dengan diperkenalkannya Social+ Live Streaming, pengguna Tantan sekarang dapat berinteraksi langsung dengan pengguna lain selagi mereka mengembangkan koneksi sosial mereka.

Social+ Mobile Game Tantan, yang sedang digarap untuk diluncurkan pada Kuartal 1 tahun 2022, akan berbasis teknologi 5G baru yang dikombinasikan dengan teknologi AR/VR untuk menghadirkan sebuah pengalaman yang berbeda.

Sedangkan untuk strategi Social+ Content, Tantan akan berfokus pada lisensi konten dari Korea, Cina, dan Jepang, serta memberdayakan lebih dari 50+ mitra content provider dan multi channel network melalui program training dengan memberikan pelatihan yang diperlukan dan meningkatkan traffic bagi kreator konten.

Selain itu, Tantan akan membantu brand menemukan dan bermitra dengan creator yang inovatif untuk berkolaborasi dalam kampanye untuk membangun awareness dan menarik pelanggan baru, serta memberikan pelatihan bagi mereka yang bercita-cita menjadi influencer atau KOL.

Melalui platform Super Star Celebrity Producing Project, yang akan digelar sekitar akhir 2021 atau awal 2022, Tantan akan membina users untuk merealisasikan impian mereka menjadi superstar.

Terakhir, ada strategi Tantan Social+ Retail, Tantan akan membentuk kemitraan dengan brand lokal untuk membuat Tantan Cafe atau Tantan Restaurant, untuk menghadirkan gaya hidup Tantan yang unik secara offline.

Tivan Rahmat
The advance of technology is based on making it fit in so that you don't really even notice it, so it's part of everyday life