Jakarta, GayaTekno.id – Crewdible, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang fulfillment service atau gudang online, berkomitmen untuk membantu UMKM dalam mengatasi tantangan ekonomi saat pandemi melalui kampanye #bikinLOKALmakinVOKAL.
Melalui layanan bisnis online terpadu, Crewdible akan membantu UMKM dalam otomatisasi penjualan dan operasional. Dengan begitu, para pelaku UMKM dapat tumbuh dan berkembang bersama.
Pada tahun 2022 ini Crewdible telah menerima pendanaan Serie A dari Bukalapak. Bersama Bukalapak, Crewdible terus membantu para UMKM menghadapi berbagai tantangan dalam mengembangkan bisnisnya yang kerap dihadapi.
Misalnya, keterbatasan alat dan infrastruktur, kurangnya sumber daya dan pengalaman dalam mengelola fulfilment, kebutuhan modal dan biaya yang besar untuk membuat infrastruktur fulfillment, hingga lokasi usaha yang tidak strategis.
“Bukalapak dan Crewdible memiliki misi yang sama yaitu ingin agar UMKM mendapatkan dukungan berupa layanan teknologi terbaik untuk mendorong pengembangan bisnis UMKM dengan efisien dan berkelanjutan,” ujar Victor Putra Lesmana selaku Direktur Bukalapak disela acara Media Gathering Crewdible 2023 yang berlangsung di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (15/2/2023).
Hal senada juga disampaikan oleh Dhana Galindra, selaku Founder dan CEO Crewdible di tempat yang sama.
“Kami memiliki visi untuk menciptakan ekosistem terintegrasi yang memudahkan semua orang untuk memulai, mengembangkan, dan memiliki bisnis yang berkelanjutan. Selain itu, kami akan memberikan layanan fulfillment terbaik pada para UMKM. Sehingga para UMKM bisa berkonsentrasi untuk pengembangan produk dan brand mereka,” tutur Dhana.
Menurut Dhana, para pengusaha UMKM perlu memahami pentingnya transformasi digital untuk mempercepat akselerasi bisnisnya.
Untuk menjawab hal tersebut, Crewdible menawarkan Fulfillment Automation yang merupakan penerapan teknologi dan sumber daya.
Tujuannya untuk mengelola operasional bisnis yang memungkinkan dalam mempercepat proses, menghemat waktu, dan mengurangi kesalahan manusia, ini diwujudkan Crewdible melalui 3 poin utama yang meliputi perluasan otomatisasi operasi, otomasi jaringan penjualan, dan teknologi yang dioptimalkan.
Crewdible terus memperluas layanan untuk membantu otomatisasi dalam hal operasional ke kota-kota kecil di seluruh Indonesia. Dengan begitu, para pelaku UMKM di kota-kota tersebut dapat memiliki kesempatan yang sama untuk bersaing dengan pelaku UMKM di kota-kota besar.
Dengan otomasi jaringan penjualan, Crewdible membantu penjual online untuk mengotomatisasi dan meningkatkan penjualan mereka melalui Crewdible Dropshipper Network.
Crewdible Dropshipper Network sendiri telah menghubungkan jutaan inventaris online seller dengan jutaan reseller atau dropshipper dari seluruh Indonesia.
Selanjutnya, melalui teknologi yang dioptimalkan, anagemen order/pesanan, penjualan, inventaris stok barang hingga laporan keuangan penjualan yang komprehensif.
Lalu ada Warehouse Management System (WMS) yaitu Platform yang digunakan oleh seluruh mitra Gudang untuk menangkap setiap pesanan dari online seller/pebisnis online. Dengan begitu pesanan bisa langsung diproses secara realtime untuk kemudian diteruskan ke logistik hingga sampai ke tangan konsumen.
(Donnie Pratama)
Berikan Komentar