Jakarta, GayaTekno.id – Entah disadari atau tidak, live shopping telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat digital seperti saat ini.
Maka tidak heran jika fenomena live shopping menjadi berkah bagi para penjual yang menjajakan produk dagangannya dalam platform siaran langsung.
Merujuk pada hasil survei MetrixLab pada tahun 2024, 87% masyarakat Indonesia mengaku pernah menonton live shopping dan 77% di antaranya melakukan transaksi melalui fitur tersebut.
Dari kacamata penyedia platform jual beli online seperti Tokopedia dan ShopTokopedia, momen ini dimanfaatkan para UMKM lokal untuk memaksimalkan bisnis online, salah satunya lewat pemanfaatan fitur live shopping.
Hingga saat ini, terdapat lebih dari 21 juta penjual tergabung di platform Tokopedia dan ShopTokopedia, yang akan mempermudah masyarakat Indonesia untuk mengakses lebih banyak produk kebutuhan sesuai dengan preferensi mereka.
Selain itu, data terbaru mencatat 60% konten promosi di TikTok dukung produk lokal di ShopTokopedia. Hal ini mendorong Tokopedia dan ShopTokopedia terus menggencarkan kampanye Beli Lokal dan Promo Guncang agar produk buatan brand lokal selalu mendapatkan panggung khusus.
“Sejak merger, kita sudah ada 21 juta UMKM. Bergabungnya Tokopedia dan TikTok memperluas jangkauan pasar kedua pihak karena sasaran pasarnya memang berbeda. Fenomena live shoping kan baru banget. Pertama kali booming, kami bertanya-tanya kenapa sistem ini begitu diminati. Tapi setelah diamati, live shopping merupakan cara berbelanja yang berbeda karena lebih interaktif,” ungkap Communications Senior Lead Tokopedia and ShopTokopedia, Rizky Juanita Azuz di Jakarta pada Senin (19/8/2024).
Masih dari survei yang sama, penjual di ShopTokopedia membawa dampak signifikan pada calon pembeli, yaitu pengguna 3,4 kali lipat lebih mungkin browsing TikTok untuk mengeksplor produk baru, pengguna 2,5 kali lipat lebih mungkin mempertimbangkan melakukan pembelian setelah menyaksikan live stream penjual.
Sementara itu, 2 dari 3 pengguna cenderung melakukan pembelian di hari yang sama setelah melakukan pembelian di ShopTokopedia, dan 64% pembeli akan meninggalkan ulasan setelah melakukan pembelian di ShopTokopedia.
Imbasnya, kemudahan ini juga tercermin dari berbagai dampak positif yang dicatat Tokopedia dan ShopTokopedia selama semester I 2024 dibandingkan semester I 2023.
“Pelaku usaha yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir 7 kali lipat jika dibandingkan dengan penjual lainnya yang tidak melakukan live shopping,” tambah wanita yang akrab disapa Kiki tersebut.
Brand Lokal Kian Moncer
Dari 21 juta merek lokal yang berjualan di Tokopedia dan ShopTokopedia, NPURE menjadi salah satu brand yang menuai manfaat dari fitur live shopping.
“Kenapa tertarik (berjualan dengan fitur live shopping)? Kalo kita lihat, tren dari luar, live shopping itu sesuatu yang dilakukan oleh penjual. Jadi itu kita lihat sebagai peluang. Untik di online, memang udh lumayan settle. Tapi kami ingin terus meningkat dan memperluas pasar,” ujar Chief Marketing Officer NPURE, Joanne Victoria kepada GayaTekno.id saat mengajukan pertanyaan.
Sekadar informasi, NPURE didirikan pada tahun 2017 oleh Willy Handoko setelah melihat banyaknya produk skincare dari luar negeri namun sulit untuk didapatkan.
Tantangan ini justru membuka kesempatan bagi NPURE untuk berinovasi dengan mengeluarkan rangkaian produk yang menggunakan bahan baku alami yang berasal dari petani lokal.
“Selain itu, fitur live shopping di ShopTokopedia juga sangat membantu mendongkrak penjualan NPURE hingga 4 kali lipat,” imbuh Joanne.
Senada dengan Joanne, Co-Founder SAFF & Co., Santi Tan mengatakan bahwa fitur live shopping menawarkan keuntungan yang jauh melebihi ekspektasi dirinya.
“Dengan memanfaatkan fitur live shopping di ShopTokopedia, sales SAFF & Co. bisa melonjak hingga 3 kali lipat,” tutup Santi.
Untuk diketahui, SAFF & Co., merupakan merek parfum lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia. Ketika industri lokal parfum masih berkembang di tahun 2020, SAFF & Co. mengambil peluang tersebut dan menciptakan produk parfum berkualitas dengan harga terjangkau.
Berikan Komentar