Qualcomm Integrasikan Unreal Engine ke Dalam Snapdragon Cockpit Platform

Qualcomm Integrasikan Unreal Engine ke Dalam Snapdragon Cockpit Platform
Dok. Qualcomm

Jakarta, GayaTekno.id – Qualcomm dan Epic Games mengumumkan peluncuran pertama Unreal Engine ke dalam Snapdragon Cockpit Platform untuk kendaraan EV.

Berbeda dengan versi konsol, Snapdragon Cockpit Platform menawarkan lebih dari sekadar permainan, melainkan menyempurkan sistem informasi dan hiburan kepada pengguna mobil listrik.

Dengan memanfaatkan Unreal Engine, mobil yang berbasis pada platform otomotif Snapdragon memungkinkan produsen mobil untuk mendesain antarmuka yang imersif, efisien, dan simpel.

Hal ini tentunya akan mempermudah pengembang untuk menghasilkan sistem kokpit digital berkualitas tinggi dan dapat diskalakan di berbagai kendaraan dan layar.

Berkat Unreal Engine, platform antarmuka kendaraan listrik dapat menampilkan Human Machine Interface (HMI) disertai informasi dengan grafis yang lebih baik pada mobil listrik yang menggunakan prosesor Qualcomm.

Dikutip dari laman resmi Qualcomm pada Kamis (3/10/2024), antarmuka HMI yang kohesif akan mempermudah produsen mobil untuk mengembangkan sistem kokpit digital berkualitas tinggi yang dapat disesuaikan dan diskalakan di semua jenis dan tingkatan kendaraan.

Di sisi lain, kolaborasi ini menandai pertama kalinya Unreal Engine diintegrasikan secara langsung ke dalam platform otomotif Snapdragon.

Melalui kolaborasi teknologi ini, produsen mobil global yang menggunakan solusi Snapdragon Digital Chassis akan memiliki akses eksklusif ke perangkat Unreal Engine dengan fitur yang dioptimalkan, yang menyediakan kemampuan visualisasi dalam kabin yang canggih dan belum pernah ada sebelumnya, yang mencakup visual 2D dan 3D yang dapat disesuaikan sepenuhnya untuk menetapkan standar industri baru untuk area dalam kabin.

Berfungsi sebagai fondasi kreatif untuk desain, UX/UI dan simulasi, Unreal Engine mendukung aset terpadu di seluruh aplikasi, menawarkan alur kerja yang cepat dan fleksibel yang menghasilkan penghematan biaya, sekaligus memungkinkan kolaborasi dan iterasi waktu secara real-time.

“Kami gembira dapat memperdalam kolaborasi kami dengan Epic Games untuk menetapkan standar baru dalam pengalaman berkendara,” kata Laxmi Rayapudi, Vice President, Product Management, Qualcomm Technologies, Inc.

Dengan mengintegrasikan Unreal Engine ke dalam Snapdragon Cockpit Platforms, lanjut Laxmi, Qualcomm mempermudah produsen mobil dan ekosistem untuk berinovasi dan meningkatkan pengalaman berkendara ke tingkat yang lebih tinggi.

“Kami berharap dapat menunjukkan kekuatan inovasi bersama untuk membuka kemungkinan baru dalam pengalaman berkendara,” pungkasnya.

Tivan Rahmat
The advance of technology is based on making it fit in so that you don't really even notice it, so it's part of everyday life