Sennheiser MD 421 Kompakt, Mikrofon Cocok Untuk Musik

Sennheiser MD 421 Kompakt

Jakarta, GayaTekno.id – Banyak yang mengatakan bahwa jika seseorang pernah mendengarkan musik, kemungkinan besar ia pernah mendengar suara dari MD 421, mikrofon Sennheiser yang tampil dalam berbagai pertunjukan dan produksi musik.

Kini, Sennheiser meluncurkan penerusnya, MD 421 Kompakt, mikrofon yang sangat serbaguna dan menghadirkan performa legendaris yang sama, namun dalam kemasan multiguna, termasuk klip pemasangan yang sepenuhnya didesain ulang.

Spesifikasi Sennheiser MD 421 Kompakt memiliki pola cardioid pick-up yang luar biasa, memberikan reproduksi suara yang jernih, baik dalam aplikasi suara untuk live maupun rekaman.

Secara keseluruhan, MD 421 adalah mikrofon yang sangat serbaguna. Sejak diluncurkan pada tahun 1960, mikrofon ini telah unggul sebagai mikrofon studio dan vokal, tetapi banyak digunakan juga untuk kebutuhan penyiaran, yang muncul bersama banyak selebriti pada masa itu.

Sennheiser MD 421 Kompakt

“Saat ini, penerusnya, MD 421-II, yang diluncurkan pada tahun 1998, menjadi mikrofon serbaguna untuk berbagai keperluan dan dikenal luas digunakan pada drum, guitar cabs, dan instrumen tiup,” kata Bertram Zimmermann, Manager Live Sound & Studio dalam keterangan resminya pada Rabu (16/10/2024).

“Dengan MD 421 Kompakt, kami menawarkan suara legendaris yang sama dan kemampuan untuk menangani tingkat tekanan suara yang tinggi, namun dengan ukuran yang sangat ringkas,” tambah Jimmy Landry, Category Marketing Manager MI.

Sennheiser MD 421 Kompakt

Untuk memberikan dimensi yang ringkas sambil mempertahankan kapsul diafragma yang besar dan kualitas suara yang jernih seperti pada MD 421-II yang jauh lebih besar, saklar bass roll-off pada Sennheiser MD 421 Kompakt telah dihilangkan.

“Meskipun fitur ini sangat berguna saat MD 421 dirancang dan diteruskan ke MD 421-II, fungsionalitas ini sudah lama diambil alih oleh berbagai mixing desk dan DAW,” ujar Zimmermann.

“Hilangnya saklar ini memungkinkan kami menciptakan bodi mikrofon yang relatif kecil, menjadikan Kompakt sebagai mikrofon tom yang ideal, namun juga menjadi alat yang serbaguna untuk aplikasi rekaman atau pertunjukan live apa pun,” imbuhnya.

Dari segi suara, fitur Sennheiser MD 421 Kompakt memberikan reproduksi sumber suara yang sama detail dan autentiknya seperti yang membuat MD 421 dan MD 421-II terkenal.

Frequency response mikrofon ini berkisar dari 30 Hz hingga 17 kHz, yang selalu mereproduksi frekuensi tinggi dan rendah, dengan tabung bass yang memastikan respons low-end yang akurat dan luas.

Mikrofon Sennheiser

Suaranya kaya dan full-body, serta luar biasa jernih serta detail pada saat yang sama. MD 421 Kompakt juga menawarkan feedback rejection yang efektif dan mampu menangani tingkat tekanan suara yang sangat tinggi bahkan di lingkungan yang menantang.

Klip pada MD 421 Kompakt telah didesain ulang sepenuhnya dan kini menjadi bagian dari bodi mikrofon untuk pemasangan yang mudah dan bebas masalah.

“Klip adalah satu hal yang selalu dikritik oleh pengguna. Klip baru ini merupakan bagian integral dari mikrofon, dan drum clamp opsional yang dapat dipasang dengan aman pada klip ini, memastikan pemasangan yang kokoh dan aman pada drum, ” tutup Laundry.

Sennheiser MD 421 Kompakt

Di sisi lain, MD 421 Kompakt dirancang untuk menahan kerasnya dinamika tur dan penggunaan intensif di studio. Mikrofon ini dilengkapi dengan rangka yang kokoh dengan stainless steel basket, dan konektor XLR-3 berlapis emas. Penutup pelindung rangka bagian dalam untuk mengurangi paparan debu dan kelembapan. 

Dengan segala kemampuan tersebut, harga Sennheiser MD 421 Kompakt di Indonesia dibanderol senilai p 6.038.000, sedangkan versi untuk drum dilengkapi dengan drum clamp MZH dan dijual dengan harga Rp 6.234.000.

Perlu dicatat, drum clamp MZH yang disertakan dalam versi drum juga tersedia secara terpisah.