Manfaat Fitur ECG Pada Garmin Fenix 8

Garmin fenix 8

Jakarta, GayaTekno.id – Garmin baru saja menambahkan fitur kesehatan Electrocardiogram (ECG) pada lini smartwatch terbaru besutannya, yaitu Garmin fēnix 8 Series yang telah resmi tersedia di Indonesia.

Dalam bahasa sederhana, fitur ECG pada Garmin fēnix 8 dirancang untuk membantu pengguna dalam memantau irama detak jantung secara lebih mudah melalui perangkat smartwatch.

Chandrawidhi Desideriani, Marcom Senior Manager Garmin Indonesia, mengatakan bahwa hadirnya fitur ECG App di fēnix 8 Series dan beberapa smartwatch Garmin yang kompatibel memungkinkan pengguna memantau kesehatan jantungnya dan dapat segera mengambil tindakan jika diperlukan.

“Sensor pada smartwatch akan merekam sinyal listrik yang mengontrol detak jantung pengguna dan menganalisis hasil rekaman untuk kemudian memberikan kesimpulan adanya tanda-tanda AFib,” kata wanita yang akrab disapa Andra itu melalui keterangan resminya pada Jumat (18/10/2024).

Di sisi lain, ECG atau Electrocardiogram, adalah tes medis yang memeriksa aktivitas listrik jantung untuk mendeteksi ketidaknormalan dalam ritme jantung.

ECG mengukur waktu antara detak jantung dan mencari pola yang tidak normal, seperti fibrilasi atrium (AFib), yang dapat mengindikasikan masalah kesehatan jantung serius.

AFib merupakan kondisi denyut jantung yang tidak beraturan dan sering kali cepat di atas 100 kali per menit (normal 60-100 per menit).

Kondisi ini dapat meningkatkan risiko stroke, gagal jantung, dan komplikasi terkait penyakit jantung lainnya. AFib dapat terjadi pada laki-laki maupun perempuan, dan risikonya cenderung meningkat seiring bertambahnya usia.

Seperti diketahui, teknologi ECG umumnya hanya tersedia di fasilitas medis. Namun kini Garmin membawa fitur ECG langsung ke pergelangan tangan Anda melalui fēnix 8 Series.

Maka dari itu, ECG App pada Garmin fēnix 8 Series menawarkan berbagai manfaat untuk pemantauan kesehatan jantung penggunanya, antara lain:

Deteksi Irama Jantung Abnormal

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendeteksi potensi aritmia atau kondisi irama jantung yang tidak normal, termasuk AFib, yang merupakan salah satu faktor risiko stroke.

Pantauan Harian yang Praktis

Dengan perangkat yang selalu berada di pergelangan tangan, pengguna dapat dengan mudah memantau kesehatan jantung mereka kapan saja tanpa perlu mengunjungi fasilitas medis.

Riwayat Kesehatan Tersimpan

Hasil pengukuran ECG dapat disimpan dalam aplikasi Garmin Connect. Nantinya, riwayat hasil rekaman ECG bisa dibuat menjadi laporan dalam format PDF untuk dikonsultasikan ke dokter atau penyedia layanan kesehatan.