Jakarta, GayaTekno.id – Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dan banyak bentuk perayaannya, tak terkecuali dengan tradisi berbelanja.
Menurut survei The Trade Desk pada 2023, 9 dari 10 orang Indonesia dipastikan berbelanja selama bulan Ramadan. Sedangkan data dari e-conomy SEA Google, Temasek, Bain & Company pada 2022 menyebut bahwa 80 persen konsumen di Indonesia akan meningkatkan atau mempertahankan penggunaan layanan digital pada tahun 2023.
Sementara itu, data internal Tokopedia mencatat bahwa selama Ramadan 2022, masyarakat tetap memilih ecommerce untuk berbelanja kebutuhan Ramadan.
Berdasarkan ketiga hasil survei tersebut, tidak heran apabila Tokopedia meyakini bahwa transaksi belanja Ramadan 2023 akan naik pesat, apalagi setelah pemerintah mengendurkan aturan pandemi.
“Terbukti dari adanya peningkatan jumlah product page view di Tokopedia sebesar lebih dari 50% dan peningkatan jumlah pesanan lebih dari 77%,” kata Vice President of Marketing Solutions Tokopedia, Edwin Chayadi, di Jakarta pada Kamis (23/2/2023).
Bahkan, peningkatan transaksi belanja kebutuhan Ramadan di Tokopedia telah dimulai sejak sebulan sebelumnya. Merujuk pada Ramadan tahun lalu, pencarian dan pembelian tertinggi terjadi pada minggu pertama hingga ketiga Ramadan, atau saat pembagian Tunjangan Hari Raya (THR).
Fesyen, Otomotif dan Aksesoris, Makanan dan Minuman, Rumah Tangga, serta Smartphone dan Tablet menjadi beberapa kategori yang paling banyak dicari masyarakat sepanjang Ramadan 2022.
Beberapa kategori produk dengan jumlah transaksi tertinggi, antara lain Fesyen, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Otomotif dan Aksesoris, serta Rumah Tangga. Subkategori yang juga mengalami lonjakan permintaan, meliputi Hampers dan Dekorasi, Bumbu dan Peralatan Masak, Gaming, Perlengkapan Travel dan Kecantikan.
Pada kesempatan yang sama, Edwin juga mengurai metode pembayaran cashless yang ternyata menjadi yang paling populer untuk berbelanja kebutuhan Ramadan, baik melalui transfer antar bank, dompet digital, kartu kredit dan GoPayLater Cicil.
“Selain itu, lebih dari setengah pesanan selama Ramadan 2022 dikirim dengan bebas ongkir,” imbuh pria yang hobi dengan olahraga air tersebut.
Dengan banyaknya transaksi belanja kebutuhan Ramadan, maka tidak mengherankan jika Tokopedia
Tokopedia juga bekerja sama dengan lebih dari 14 mitra logistik terpercaya dalam menghadirkan beragam pilihan pengiriman, seperti instan, same day, next day, kurir toko, reguler, ekonomi dan kargo–untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan dan preferensi konsumen.
Berikan Komentar