Jakarta, GayaTekno.id – Peningkatan tren belanja di kawasan Asia Pasifik pada musim liburan menjadi topik utama yang dibahas perusahaan transportasi ekspres terbesar di dunia, Federal Express Corporation (FedEx), dalam survei terbarunya.
Dilaksanakan pada bulan Oktober 2024, survei ini mengumpulkan tanggapan dari 200 usaha kecil dan menengah (UKM) dan 300 konsumen di 12 negara di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia.
Survei ini mengeksplorasi ekspektasi, motivasi pembelian, dan kekhawatiran konsumen terhadap musim belanja, serta mengidentifikasi tren utama yang membentuk perilaku konsumen selama masa ini.
Menurut survei tersebut, 70% UKM memperkirakan peningkatan penjualan year-on year pada musim belanja di masa liburan, dengan hampir 80% di antara mereka memperkirakan pertumbuhan ini berasal dari Asia, terutama dari kawasan Asia Tenggara.
Optimisme ini sejalan dengan tren pasar e-commerce Asia Tenggara yang tumbuh dua digit pada 2024, didorong oleh peningkatan adopsi digital dan perdagangan lintas batas.
Selain itu, perdagangan intra-Asia juga terus berkembang pesat, dengan proyeksi bahwa perdagangan ini akan melampaui USD 13,5 triliun pada 2030.
Survei ini mengungkapkan peluang pertumbuhan bagi UKM, seperti:
- Lebih dari separuh (57%) konsumen lebih memilih berbelanja di platform e-commerce, dan 70% termotivasi oleh diskon dan promosi yang besar.
- Pengiriman gratis terus memainkan peran penting dalam mendorong pembelian konsumen. Selain itu, konsumen mengharapkan pesanan mereka tiba dalam waktu dua hingga tiga hari kerja, dengan opsi pengiriman yang aman dan nyaman.
- Konsumen menuntut bisnis mengembangkan praktik yang lebih berkelanjutan. Konsumen bersedia membayar lebih mahal untuk kemasan ramah lingkungan saat melakukan pembelian. Hal ini dapat menjadi peluang bisnis untuk untuk membedakan diri dari kompetitor di pasar e-commerce yang kompetitif.
“Di kawasan Asia Pasifik, musim pertukaran hadiah terus berlanjut di bulan-bulan menjelang Natal hingga Tahun Baru Imlek,” ungkap Kawal Preet, President, Asia Pasifik, FedEx.
Seiring dengan peningkatan transaksi e-commerce lintas negara, lanjut Kawal, para pelaku usaha kecil dan menengah harus mempersiapkan diri untuk memaksimalkan penjualan di musim perayaan ini.
“Melalui jaringan luas FedEx dan solusi digital yang cerdas dan intuitif, kami memberdayakan bisnis-bisnis ini untuk memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa, menyederhanakan pengiriman liburan, dan mendorong pertumbuhan bisnis dalam lanskap yang kompetitif ini,” tandasnya.
Berikan Komentar