GayaTekno.id – Jelang akhir tahun 2020 lalu, Tokopedia mencatatkan peningkatan transaksi pada kategori Kecantikan mencapai hampir 2x lipat.
“Pembersih wajah, paket perawatan wajah, serum, masker wajah dan krim wajah menjadi beberapa produk kecantikan paling laris di Tokopedia,” terang AVP of Category Development for FMCG & Long Tail Categories Tokopedia, Jessica Stephanie Jap dalam konferensi virtual pada Senin (1/3/2021).
Terpacu respon positif tersebut, startup lokal tersebut langsung tancap gas dengan menghadirkan kampanye Tokopedia Beauty Dealight.
“Kampanye ini adalah upaya Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakat mendapatkan berbagai kebutuhan termasuk produk kecantikan,” jelas Jessica.
Tokopedia Beauty Dealight, yang berlangsung hingga 5 Maret 2021, juga merupakan panggung bagi pegiat usaha, khususnya UMKM lokal di industri kecantikan seperti Gentle Hour dan Maska Indonesia, untuk mempertahankan bisnis terutama di tengah pandemi lewat pemanfaatan teknologi.
Gentle Hour merupakan bisnis produk pembersih wajah lokal yang didirikan oleh Jeldine Madjukie, Joyce Arta dan Revata Pingkan pada Agustus 2020.
Sejak awal, Gentle Hour memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia yang memberikan kontribusi signifikan bagi penjualan.
“Tokopedia membantu kami menjangkau pelanggan lebih jauh bahkan hingga ke Papua. Bahkan kehadiran berbagai kampanye di Tokopedia, contohnya Oh Beauty Festival, bisa membuat Gentle Hour semakin dikenal di masyarakat sekaligus meningkatkan penjualan kami menjadi 13x lipat,” papar Joyce.
“Kami mengikuti kampanye Tokopedia Beauty Dealight sebagai salah satu upaya kami untuk terus memenuhi kebutuhan pasar. Selain itu, kami juga terus berinovasi, salah satunya dengan meluncurkan dua produk baru Gentle Hour yang bisa didapatkan secara eksklusif di Tokopedia,” imbuh Revata.
Selain itu, ada juga Maska Indonesia besutan Radiya Banyu dan Almas Hudiya pada 2019 yang menawarkan sederet pilihan produk skincare berbahan alami.
“Selama pandemi, mengingat masyarakat lebih banyak di rumah, penjualan produk kami di Tokopedia justru mengalami peningkatan signifikan,” ujar Raditya.
“Selain membuat produk kami semakin dikenal, berbagai kampanye dan fitur TopAds di Tokopedia juga membantu mendorong peningkatan transaksi hampir 2x lipat pada September 2020 lalu jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya,” sahut Almas.
Terkait produk kecantikan buatan lokal, Beauty Influencer, Affi Assegaf mengatakan bahwa kini setiap pegiat usaha skincare lokal berlomba menawarkan produk berkualitas yang tidak kalah saing dengan produk asing.
“Penjualan produk skincare lokal pun meningkat. Ini menandakan tingginya permintaan akan produk lokal di pasaran,” tutup wanita cantik tersebut.
Melalui Tokopedia Beauty Dealight, masyarakat bisa mengakses lebih dari 100 merek produk kecantikan berkualitas, terutama dari pegiat usaha lokal.
Masyarakat juga dapat menikmati gratis ongkir, exclusive launch, flash sale 3x sehari termasuk promo Tokopedia 99% clearance flash sale, voucher cashback dan masih banyak lainnya.
Berikan Komentar