GayaTekno.id – TikTok memperkirakan bahwa konsep belanja sambil mencari hiburan (Shoppertainment) akan menjadi tren pemasaran di sejumlah ecommerce untuk menghadapi periode festival belanja alias Mega Sales.
Berdasarkan data internal TikTok, kondisi pandemi mendorong masyarakat untuk berbelanja secara daring sambil mencari hiburan di platform tempat mereka berbelanja.
“Kondisi ini sangat menantang bagi para brand dan ecommerce untuk melihat kembali strategi yang selama ini mereka gunakan untuk menjangkau pelanggan. Strategi pemasaran di platform digital pun perlu menunjukkan bagaimana brand mengadaptasi perubahan tren, termasuk cara perilaku pelanggan mengkonsumsi konten digital,” ungkap Wiwy Sasongko, Executive Director, Retailer Vertical, NielsenIQ Indonesia dalam konferensi virtual pada Kamis (22/7/2021).
Mengacu pada hasil survei terhadap ratusan pengguna TikTok di Indonesia yang berhubungan dengan perilaku belanja, 1 dari 2 pengguna mengakui bahwa konsep Shoppertainment bisa membuat mereka terhibur.
Sementara dalam rangka menyambut Mega Sales, 78% dari responden tidak sabar menantikan periode ini tiba karena mereka akan berbelanja. Sedangkan 66% responden sudah mulai membandingkan harga produk incaran mereka di sejumlah ecommerce.
Menariknya, antusiasme pengguna TikTok terhadap periode Mega Sales tidak hanya berlaku untuk merek besar atau ternama saja, tapi juga bisa dimaksimalkan oleh brand baru.
Masih dari survei yang sama, 80% responden merasa senang karena menemukan konten baru di TikTok, dan 78% dari responden lainnya justru membeli produk dari brand baru atau brand berbeda dari yang mereka sering gunakan.
Di sisi lain, 55% dari responden mengaku sering melakukan pembelian secara mendadak atau spontan, di luar produk yang ada dalam daftar belanja mereka.
“Hal ini perlu diperhatikan oleh para brand agar tetap hadir di sisi konsumen di saat yang menantang ini melalui konten yang positif, informatif, serta menghibur – sesuai dengan ciri khas TikTok. Konsep Shoppertainment di TikTok hadir untuk memberikan kesempatan bagi para brand untuk dapat memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi konsumen,” pungkas Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing TikTok Indonesia.
Berikan Komentar