Hyundai Ioniq 5 Tanpa Wiper Belakang, Ini Solusinya

Geckowiper

Jakarta, GayaTekno.id – Hyundai Ioniq 5 2024 memiliki banyak keunggulan. Mobil ini nyaman, memiliki banyak ruang, terlihat keren, cukup efisien, memiliki jarak tempuh hingga 303 mil.

Meski begitu, ada beberapa fitur yang tidak dimiliki mobil listrik besutan Korea Selatan itu, salah satunya wiper kaca belakang.

Dengan bodi Hyundai Ioniq 5 yang menyerupai hatchback, hanya masalah waktu sebelum jendela belakang tertutup derasnya air hujan.

Meski terdengar sepele, namun keadaan akan menjadi lebih buruk saat pengendara berada di kondisi hujan deras sambil macet-macetan.

Sebenarnya, masalah ini sudah masuk dalam pembaruan Hyundai Ioniq 5 edisi 2025. Sayangnya, saat ini sudah terdapat banyak unit keluaran 2024 yang terlanjur mengaspal di jalanan.

Untungnya, Kickstarter mendanai seorang teknisi independen dari Tigs Design & Engineering di Swiss untuk mengatasi masalah tersebut lewat wiper portabel yang disebut GeckoWiper.

Sebagaimana dikutip dari Inside EVs pada Kamis (27/9/2024, GeckoWiper merupakan wiper belakang yang dapat dilepas – pasang dan ditenagai baterai yang dapat diaktifkan melalui kendali jarak jauh magnetik.

Wiper yang dapat dilepas dipasang pada kaca belakang dengan vacuum ini juga dilengkapi lapisan keamanan tambahan berupa magnet agar kokoh ketika menempel di kaca belakang mobil.

GeckoWiper menggunakan baterai yang dapat bertahan sekitar enam bulan dalam keadaan siaga. Lalu ketika baterai habis, pemilik tinggal melepas wiper dan mengisi ulang dayanya melalui kabel USB Type-C.

Meski baru diperkenalkan baru-baru ini, proses pembuatan GeckoWiper sebenarnya telah berlangsung sejak tahun 2022 lalu.

Detailnya, proyek ini dimulai pada tahun 2022 dan prototipe pertama dibuat setahun kemudian. Rencananya, pengiriman pertama GeckoWiper dijadwalkan berlangsung pada bulan Februari tahun depan.

Meskipun GeckoWiper dipasarkan sebagai solusi untuk Hyundai Ioniq 5, alat ini sebenarnya dapat dipasang pada mobil listrik lainnya yang tidak memiliki wiper kaca belakang, seperti Tesla Model Y dan Model 3, Polestar 2, Kia EV6 , dan Genesis GV60 .

Pengembang mengatakan bahwa versi GeckoWiper untuk setiap model sedang dalam pengerjaan, dengan mempertimbangkan aspek panjang wiper dan bilahnya, gaya kompresi, hingga sudut penyeka air agar cocok untuk setiap mobil.

Kickstars sendiri melabeli harga GeckoWiper senilai USD 500 atau sekitar Rp 7,5 jutaan. Perusahaan juga bersedia untuk melayani pengiriman ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Tivan Rahmat
The advance of technology is based on making it fit in so that you don't really even notice it, so it's part of everyday life