Jakarta, GayaTekno.id – Tokopedia mengumumkan konferensi teknologi tahunan Tokopedia START CX F1RST Summit 2022.
Diselenggarakan pada Kamis (9/9/2022), Tokopedia START CX F1RST Summit 2022 berlangsung secara hybrid, yaitu daring melalui situs Tokopedia Academy dan luring di Tokopedia Tower, Kuningan, Jakarta Selatan.
Konferensi ini merupakan lanjutan dari START CX F1RST Summit 2021 yang dihadiri oleh 4.600 peserta, melibatkan 30 mitra strategis, serta ditonton lebih dari 34.000 kali melalui YouTube Tokopedia Academy.
Konferensi tahunan juga diharapkan dapat meningkatkan semangat berinovasi dan mendorong kemajuan talenta digital di Indonesia, khususnya di bidang CX .
Mengusung tema ‘Redefining CX Strategies to Navigate the Complex Future of Business’, Tokopedia START CX F1RST Summit 2022 fokus pada penekanan pentingnya strategi dan implementasi pengalaman pelanggan (customer experience atau CX) yang memadukan sentuhan manusia, teknologi dan data untuk menumbuhkan kepuasan pengalaman penggunaan, sehingga loyalitas pelanggan terbentuk.
“Melalui konferensi ini, kami harap para praktisi CX dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman, serta berjejaring untuk meningkatkan kualitas strategi dan implementasi CX. Di sisi lain, para penjual dapat belajar dari praktisi industri untuk mengaplikasikan strategi dan implementasi CX yang teruji,” papar SVP of Sales Operations & Product Tokopedia, Rudy Azhary Dalimunthe dalam konferensi virtual pada Rabu (7/9/2022).
Dalam ajang tahunan ini, puluhan pemimpin CX dari industri perbankan, telekomunikasi, internet dan pemerintah, akan berbagi pengalaman kepada para peserta Tokopedia START CX F1RST Summit 2022.
Secara terpisah, Chairlady Indonesia Customer Experience Professional Sri Safitri mengimbau agar praktisi CX untuk terus belajar dan menyelaraskan diri dengan kebutuhan pelanggan.
“Manajemen CX akan berpengaruh pada kinerja perusahaan. Di era digital ini, praktisi CX perlu terus belajar untuk memastikan praktik CX-nya telah bertransformasi sesuai kebutuhan pelanggan, untuk menghasilkan dampak yang maksimal,” imbuh Sri.
Bagaimana dengan CX Tokopedia?
Bicara tentang pengalaman pelanggan, Tokopedia sendiri memiliki beberapa inovasi yang mengedepankan sentuhan manusia sekaligus teknologi untuk meningkatkan pengalaman pengguna Tokopedia, baik untuk pembeli maupun penjual.
Dimulai dari pembeli, ada fitur pengelompokan jalur penanganan pertanyaan sesuai topik (service-based), sehingga pembeli bisa mendapatkan solusi yang lebih akurat dari Tokopedia Care.
Selain itu, ada pula personalisasi CX yang memaksimalkan tim riset untuk mendengar masukan pelanggan dan menjadikannya sebagai dasar untuk meningkatkan CX, investasi di artificial intelligence (AI) dan automasi dalam meningkatkan kualitas dan efisiensi pengalaman pelanggan, dan lain-lain.
Sedangkan bagi penjual, terdapat self-service experience yang memungkinkan penjual agar dapat memenuhi kebutuhannya secara mandiri di platform Tokopedia, mulai dari membuka toko online, membuat katalog produk, memproses pesanan, memonitor performa, hingga mengelola keuangan.
Tak hanya itu, penjual juga bisa memanfaatkan sistem pengalaman pelanggan berbasis digital, mengikuti program edukasi atau berkomunikasi langsung dengan Relationship Manager (RM) atau Customer First Squad (CFS) terkait pengembangaan usaha.
Berikan Komentar