#BerjuangBerkreasi, Cara TikTok Tingkatkan Nasionalisme di HUT RI ke-76

Kampanye TikTok #BerjuangBerkreasi HUT RI ke-76

GayaTekno.id – Dalam rangka menyambut peringatan Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia, TikTok meluncurkan program #BerjuangBerkreasi untuk membangkitkan rasa bangga kepada bangsa Indonesia yang tidak berhenti berkarya di tengah pandemi.

Program yang didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia ini akan menghadirkan sejumlah program seru bersama para pengguna.

Program #BerjuangBerkreasi meliputi berbagai kegiatan, termasuk kompetisi TikTok untuk para wartawan, TikTok Talk bersama kreator yang melestarikan budaya melalui video singkat, dan program belanja Merdeka Sale bersama brand lokal.

TikTok juga mengajak pengguna untuk mengikuti tantangan seru di dalam aplikasi, antara lain kompetisi #BerjuangBerkreasi untuk penggun yang berkarya dengan cara masing-masing, serta remake tantangan #WelcomeToIndonesia yang dipandu oleh penampilan musikal dari sejumlah kreator musik di TikTok.

Semua kemeriahan ini menawarkan cara baru bagi masyarakat untuk merayakan hari kemerdekaan di tengah pandemi.

Peringatan HUT RI ke-76 secara virtual oleh TikTok ini mendapat apresiasi dari pemerintah yang diwakili Kementerian Komunikasi dan Informatika, Republik Indonesia.

“Berkat kemajuan teknologi, perayaan ini kini bisa dilakukan secara virtual dan justru bisa menjangkau seluruh warga Indonesia dari Sabang sampai Merauke, seperti yang dilakukan TikTok melalui program #BerjuangBerkreasi ini,” ujar Ferdinandus Setu, Plt. Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Republik Indonesia.

Program #BerjuangBerkreasi ini sejalan dengan tema “Indonesia Tumbuh, Indonesia Tangguh” yang diusung pemerintah untuk Peringatan Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia.

Tema ini menggambarkan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

“Program #BerjuangBerkreasi ini menjadi perayaan bagi pengguna dan seluruh bangsa Indonesia, termasuk para pebisnis, wartawan, dan pengguna individu untuk menumbuhkan rasa bangga terhadap bangsa kita, termasuk budaya Indonesia,” kata Angga Anugrah Putra, Head of Operations, TikTok Indonesia.

TikTok juga berkolaborasi dengan Spotify sebagai mitra brand untuk streaming musik. Kolaborasi ini menghadirkan tantangan (hashtag challenge) di dalam aplikasi TikTok, bertajuk #MusikIndonesiadiSpotify yang akan menguji seberapa relate pengguna dengan sejumlah lagu lokal populer.

Beberapa penyanyi/musisi lokal juga menjadi bagian dalam kolaborasi ini, seperti Pamungkas, Hindia, Nadin Hamizah, serta dua musisi yang terkenal dengan tembang bahasa Jawa-nya, Guyon Waton dan Woro Widowati.

Acid Rahman
Cuek adalah karakter, tapi nyuekin itu pilihan