Didukung Dua Kementerian, TikTok Percepat Digitalisasi UMKM di Indonesia

#Majubarengtiktok

GayaTekno.id – TikTok berkomitmen untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dengan menyelenggarakan program pendidikan gratis bagi pelaku bisnis UMKM dalam kampanye bertajuk #MajuBarengTikTok.

Program #MajuBarengTikTok terdiri dari rangkaian pelatihan inspiratif bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta Industri Kecil dan Menengah (IKM) di seluruh Indonesia, yang didukung pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia (Kemenkop UKM RI) serta Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI).

Digitalisasi memberikan pengaruh dalam peningkatan bisnis UKM dan IKM. Data dari Kemenkop UKM menunjukkan bahwa UKM yang terhubung platform digital mengalami pertumbuhan, dengan peningkatan transaksi daring sebesar 26%.

Sementara saat ini baru 19 persen atau sekitar 12 juta UKM yang mengakses platform digital, termasuk untuk pemasaran. Oleh karena itulah, pemerintah menargetkan 30 juta dari 64 juta UKM bisa go digital di tahun 2023.

#Majubarengtiktok

“Digitalisasi adalah bagian penting untuk penguatan ekonomi KUMKM. Untuk bisa mewujudkannya, perlu adanya kolaborasi dengan platform digital melalui program literasi digital, pengembangan kapasitas SDM, peningkatan kapasitas dan kualitas produksi hingga mengoptimalkan akses pasar bagi para pelaku usaha,” papar Dwi Andriani Sulistyowati, Asisten Deputi Pengembangan SDM UKM, Kemenkop UKM, dalam konferensi virtual pada Kamis (27/5/2021).

Sementara dala. konteks industri, kemudahan akses dapat meningkatkan konsumsi sekaligus kebanggaan masyarakat akan produk dalam negeri.

“Perkembangan positif ini perlu disinergikan dengan akses transaksi digital yang mudah di berbagai kanal, IKM harus dapat beradaptasi dengan teknologi dan cara pemasaran yang terus berkembang agar IKM dapat terus tumbuh dan berkembang dengan optimal,” sahut,” Gati Wibawaningsih, Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka, Kementerian Perindustrian.

Sebagai platform digital, TikTok mendorong percepatan digitalisasi UKM dan IKM melalui program #MajuBarengTikTok, yang akan diselenggarakan pada 3-29 Juni 2021.

Inisiatif ini berupa rangkaian kelas online yang dapat diikuti oleh para pelaku bisnis di seluruh Indonesia. Topik yang diangkat pun beragam, termasuk kelas pemasaran digital, pembuatan konten kreatif, serta mengoptimalkan fitur-fitur yang ada di TikTok for Business dalam menjangkau konsumen.

TikTok juga menjalin kemitraan dengan berbagai pihak terkait, yaitu Telkomsel, BCA,  Pertamina, GoFood, BliBli, Moka, Foodizz, Micro Mentor, hingga SMESCO, untuk turut memberikan materi yang bermanfaat bagi UKM dan IKM.

“Program #MajuBarengTikTok ini menjadi perwujudan nyata usaha kami untuk ikut mempercepat digitalisasi UKM dan IKM, serta merangkul target audiens yang lebih luas lagi melalui platform kami,” pungkas Pandu Nitiseputro, Head of SMB, TikTok Indonesia.

Setelah mendapat serangkaian pelatihan di kelas online, peserta #MajuBarengTikTok akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan sertifikat digital.

Dalam jangka panjang, para peserta diharapkan dapat langsung mempraktikkan keterampilan secara langsung di aplikasi dengan panduan dari tim TikTok.

Peserta yang terpilih juga berkesempatan mendapat bantuan berupa credit ads TikToksehingga mereka bisa mengaplikasikan ilmu tersebut secara langsung ke bisnis masing-masing.

Tivan Rahmat
The advance of technology is based on making it fit in so that you don't really even notice it, so it's part of everyday life