HUT ke-15, Tokopedia Gelar Festival Beli Lokal

Festival Beli Lokal Tokopedia

Jakarta, GayaTekno.id – Sebagai perayaan hari jadinya yang ke-15, Tokopedia bersama ShopTokopedia menggelar sebuah acara bertajuk Festival Beli Lokal.

Berlangsung selama dua hari, 24 – 25 Agustus 2024 di Plaza Timur Senayan Jakarta, Festival Beli Lokal menghadirkan ratusan merek lokal dari beragam industri dan wilayah di Indonesia, pengalaman belanja online-to-offline.

Melalui Festival Beli Lokal, Melissa Siska Juminto selaku President Director Tokopedia & TikTok E-commerce mendorong UMKM lokal untuk bertransformasi digital agar bisnis mereka semakin berkembang.

“Saya di Tokopedia telah 12 tahun, jadi saya melihat banyak merchant berkembang karena berhasil meningkatkan penjualan dan brand mereka setelah bergabung bersama kami,” ujar Melissa kepada awak media di Jakarta pada Sabtu (24/8/2023).

Dalam tentang 15 tahun perjalanannya di Indonesia, Tokopedia senantiasa memberikan edukasi kepada UMKM lokal agar dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

“Kami melihat edukasi itu sebagai fondasi dari banyak hal. Bagi kami, perjalanan 15 tahun di Tokopedia sangat panjang. Dari awal, effort kami memang mengedukasi merchant untuk bertransformasi secara digital,” imbuh Melissa.

Untuk memuluskan langkah tersebut, Tokopedia juga berperan sebagai penghubung antara UMKM lokal dengan pemerintah sebagai pembuat regulasi.

“Kami juga banyak bekerjasama dengan pemerintah untuk mempermudah merchant kami mendapatkan legalitas. Kami lihat, ke depannya UMKM kita ingin naik kelas. Kita beriringan dengan pemerintah,” ujar Melissa.

Selain itu, Tokopedia dan ShopTokopedia juga terus menginisiasi program yang dapat memperluas pasar UMKM lokal agar bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui kampanye Beli Lokal yang telah diluncurkan sejak Tokopedia dan TikTok merger. Pertama kali diperkenalkan sebagai tema tanggal kembar 12.12 pada akhir tahun lalu, kampanye Beli Lokal kini berhasil meningkatkan omzet para merchant yang bermitra dengan Tokopedia.

Data internal Tokopedia mencatat, dampak kampanye Beli Lokal di platform Tokopedia telah meningkatkan penjualan merchant rata-rata sebanyak 2 kali lipat, dengan peningkatan jumlah transaksi terbanyak di Jepara (Jawa Tengah), Ciamis, dan Cirebon (Jawa Barat). Perbandingannya diambil dari semester 1 tahun 2023 dengan semester 1 tahun 2024.

Sementara di ShopTokopedia, kampanye yang sama berdampak pada peningkatan transaksi yang cukup besar di luar pulau Jawa, yakni di Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Barat. Bahkan, penjualan tiap produknya rata-rata meningkat hampir sebanyak 3,5 kali lipat.

Selaras dengan data tersebut, CEO Kals Corpora & Brand Principal ZM Zaskia Mecca, Haykal Kamil, menyebut bahwa omzet perusahaan meroket hingga 3 kali lipat.

“Pasca pandemi, memang jumlah transaksi cenderung menurun, lalu stabil. Tapi itu sangat rasional sekali. Tapi sebagai brand fashion muslim yang cukup lama bermitra dengan Tokopedia, fase puncak transaksi tetap ada saat Ramadan dan Lebaran yang bisa meningkat 3 kali lipat daripada bulan biasa,” tambah adik kandung artis Zaskia Mecca tersebut.

Untuk ke depannya, Tokopedia juga akan terus berkolaborasi dengan banyak pihak untuk memajukan bisnis UMKM lokal di Indonesia agar dapat bersaing di kancah global.

“UMKM dalam negeri adalah tulang punggung ekonomi. Pertumbuhan ekonomi baru dapat diakselerasi jika kita bisa merespon peluang baru melalui pemanfaatan teknologi dengan cara baru, serta berbagai inovasi. Maka selain mengadakan Festival Beli Lokal, Tokopedia dan ShopTokopedia akan terus berupaya membantu lebih banyak pelaku usaha khususnya UMKM lokal memaksimalkan pemanfaatan konten video termasuk live streaming untuk membangun brand, memperluas pasar, dan meningkatkan penjualan,” tutup Melissa.

Selain menyajikan ratusan UMKM lokal, Festival Beli Lokal Tokopedia juga dimeriahkan oleh sejumlah musisi di Tanah Air, seperti White Shoes And The Couple Company, Project Pop, Inul Daratista, Idgitaf, Oom Leo Berkaraoke, Vierratale, hingga Maliq & D’Essentials.

Tivan Rahmat
The advance of technology is based on making it fit in so that you don't really even notice it, so it's part of everyday life