Kado Istimewa Tiktok Setelah Caplok Tokopedia

Kampanye beli lokal tokopedia tiktok

Jakarta, GayaTekno.id – Setelah mengakuisi 75,01% saham Tokopedia, TikTok langsung mengembalikan fitur TikTok Shop yang kini bisa dinikmati via aplikasi Tokopedia.

Selain kembali ‘menghidupkan’ si keranjang kuning pasca diembargo pemerintah, TikTok juga memberikan kejutan bagi para pengguna Tokopedia.

Sinergi antara TikTok dan Tokopedia tertuang dalam promo Harbolnas 12.12 Tokopedia yang mempermudah masyarakat untuk belanja online lebih hemat.

“Harbolnas merupakan kesempatan untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk makin bangga dalam menggunakan produksi buatan Indonesia. Salah satu cara untuk mewujudkan rasa bangga itu adalah dengan membeli dan menggunakan produk-produk buatan dalam negeri,” ujar Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan di kantor Tokopedia yang berada di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, pada Selasa (12/12/2023).

Sekadar informasi, pada tahun 2022 lalu, Harbolnas mencatat transaksi sebesar Rp22.7 triliun atau meningkat sebesar 26% dari transaksi di tahun sebelumnya. Pembelian produk lokal pun tercatat meningkat hampir 18% dari pembelian tahun lalu dengan nilai Rp 18 triliun.

“Kami berharap transaksi pada Harbolnas 2023 ini juga akan meningkat seperti tahun-tahun sebelumnya, tentunya dengan pembelian produk lokal yang juga akan terus meningkat. Para pelaku usaha terutama pelaku usaha lokal dapat memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan penjualannya dan memperluas pasar,” tambah politisi PAN tersebut.

Kampanye beli lokal tokopedia tiktok

Di sisi lain, Tokopedia berkomitmen untuk terus mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan, termasuk pada saat momen 12.12, lewat deretan inisiatif dan menghadirkan berbagai promo agar masyarakat dapat berbelanja online dengan lebih terjangkau.

“Salah satunya dengan menghadirkan kampanye ‘Beli Lokal’,” sahut Presiden Tokopedia, Melissa Siska Juminto.

Selain menguntungkan bagi pembeli, momen Harbolnas 12.12 dan kampanye Beli Lokal juga diharapkan bisa mendongkrak penjualan para pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal.

“Tokopedia sebagai perusahaan teknologi buatan Indonesia bersama mitra strategis selalu berupaya mendorong produk buatan lokal menjadi pilihan utama masyarakat,” imbuh Melissa.

Sekadar informasi, Tokopedia berkolaborasi dengan pemerintah dalam meluncurkan kampanye Beli Lokal agar pelaku usaha, khususnya UMKM lokal, bisa mendapatkan panggung yang lebih luas termasuk saat momen Harbolnas 12.12.

Melalui kampanye ini, ada pula deretan promo diskon hingga Rp 100.000 agar masyarakat bisa belanja produk lokal dengan lebih hemat.

Sinergi dengan TikTok

Tokopedia selalu berkolaborasi dengan seluruh mitra strategis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional terutama lewat pemanfaatan kanal digital.

Salah satu kolaborasi yang dijalankan oleh Tokopedia adalah melalui kerja sama dengan TikTok Indonesia untuk kampanye Beli Lokal’ di saat momen Harbolnas 12.12.

Sebagai komitmen dalam mendorong pertumbuhan UMKM lokal dan juga mempermudah masyarakat untuk belanja online, TikTok turut mendukung Hari Belanja Nasional dengan ikut menghadirkan kampanye Beli Lokal bersama Tokopedia.

Selain di Tokopedia, kampanye ‘Beli Lokal’ akan dapat ditemukan juga di aplikasi TikTok Indonesia untuk dapat memperluas jangkauan para pelaku usaha terutama UMKM.

“Dengan hadirnya kampanye ‘Beli Lokalpada aplikasi TikTok, para pelaku usaha, terutama UMKM lokal dapat berinteraksi secara langsung dengan pembeli dengan lebih atraktif,” tutup Direktur Eksekutif E-Commerce TikTok Indonesia, Stephanie Susilo.

Kampanye Beli Lokal yang dihadirkan oleh Tokopedia dan TikTok diharapkan dapat mendorong pertumbuhan UMKM Indonesia di penghujung tahun 2023.

Selain itu, kampanye Beli Lokal Tokopedia Tiktok ini diharapkan juga dapat turut mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. 

(Hesty Agustina)

Tivan Rahmat
The advance of technology is based on making it fit in so that you don't really even notice it, so it's part of everyday life