Vivo Gandeng ZEISS, Saingi Duet Huawei – Leica?

GayaTekno.id – Hasil kamera smartphone, entah itu foto atau video, menjadi salah satu pertimbangan konsumen sebelum memilih dan membeli ponsel pintar yang diinginkan.

Maka, tidak mengherankan jika beberapa produsen smartphone bekerjasama dengan perusahaan lensa atau penyedia sensor kamera untuk meningkatkan kualitas pencitraan gambar pada sebuah smartphone.

Sebagai contoh, ada Huawei yang begitu mesra menjalin kemitraan eksklusif dengan perusahaan kamera ternama, Leica, dalam beberapa tahun terakhir untuk mendongkrak kinerja kamera smartphone. Huawei P dan Mate Series menjadi bukti kolaborasi mereka dalam menyajikan smartphone dengan kualitas kamera yang ciamik.

Rupanya, langkah serupa juga diikuti oleh Vivo yang baru saja mengikrarkan kerjasamanya dengan ZEISS, perusahaan global terkemuka di bidang optik dan opto-elektronik, serta pelopor dalam mobile dan professional imaging.

“Melalui kemitraan ini, teknologi mobile imaging ZEISS akan dapat dinikmati oleh lebih banyak konsumen,” papar Spark Ni, Wakil Presiden Senior dan CMO Vivo dalam keterangan tertulisnya.

“Berdasarkan sinergi yang saling melengkapi dalam spesialisasi optik dan teknologi digital terbaru, Vivo dan ZEISS ingin menjadikan kemitraan strategis ini sebagai titik awal untuk menciptakan peluang baru dalam mobile imaging yang memungkinkan eksplorasi kreatif, yang lebih luas, sekaligus mendukung pengembangan jangka panjang di berbagai industri,” ia melanjutkan.

Sebagai bagian dari kemitraan ini, Vivo dan ZEISS rencananya akan membangun vivo ZEISS Imaging Lab, sebuah program R&D bersama demi mendorong inovasi teknologi mobile imaging bagi smartphone flagship Vivo.

Kolaborasi strategis dan multi-aspek ini membuka kesempatan bagi vivo sebagai produsen smartphone global terkemuka yang didukung wawasan mendalam akan konsumen, serta kemampuan dalam teknologi penciptaan gambar yang terintegrasi untuk memperkuat serta memajukan teknologi fotografi seluler.

Melanjutkan program R&D bersama, Vivo dan ZEISS juga akan meluncurkan kampanye bertajuk “Vivo ZEISS Master Photography”, guna mempromosikan Vivo ZEISS Co-engineered Imaging System sekaligus menginspirasi pengguna agar dapat menikmati kreativitas mereka dengan smartphone flagship Vivo.

“Fokus kemitraan antara vivo dan ZEISS adalah mobile imaging. Pengalaman profesional ZEISS selama puluhan tahun dalam aspek teknologi optik dan pencitraan akan memungkinkan vivo meningkatkan performa penciptaan gambar pada seri premiumnya,” sahut Joerg Schmitz, Head of ZEISS Consumer Products.

Kemitraan Vivo dan ZEISS akan sangat penting bagi pengembangan mobile imaging ke depan. Kedua pihak akan bekerja sama untuk saling memfasilitasi dalam pengembangan aspek pelengkap mobile imaging.

Di satu sisi, teknologi optik ZEISS akan secara signifikan meningkatkan performa mobile imaging Vivo pada tingkat yang lebih profesional. Di sisi lain, Vivo dengan lebih 380 juta pengguna di seluruh dunia, memiliki wawasan yang mendalam akan preferensi konsumen dalam mobile imaging.

Dengan pengembangan komponen optik bersama ZEISS, serta kemampuan penciptaan gambar yang terintegrasi, vivo akan memberikan pengalaman smartphone fotografi yang lebih menarik, lebih mudah digunakan, serta lebih profesional kepada konsumen Vivo secara global.

Tivan Rahmat
The advance of technology is based on making it fit in so that you don't really even notice it, so it's part of everyday life