Jangan Tiru Smartfren, Kamu Gak Sanggup

paket kuota malam unlimited smartfren

Jakarta, GayaTekno.id – Ketika berbicara tentang industri kreatif, rasanya cukup lumrah bila prosesnya selalu dibantu dengan teknologi. Entah itu dari alat, pengerjaan, hingga media promosi untuk memamerkan karya yang dibuat. Ringkasnya, ekosistem industri kreatif tidak bisa dipisahkan dengan teknologi.

Menyadari hal tersebut, tidak heran jika berbagai perusahaan berbasis teknologi berlomba-lomba untuk mendukung industri kreatif dengan produk atau layanan yang mereka punya, tidak terkecuali bagi Smartfren.

Meski pada dasarnya merupakan operator seluler, tapi anak perusahaan Sinarmas itu tidak hanya fokus untuk mendulang cuan dari layanan yang ditawarkan. Lebih dari itu, brand yang melekat dengan generasi muda tersebut punya visi nyata untuk memajukan industri kreatif di Tanah Air.

Bukan cuma janji layaknya orasi para pemilik ‘kursi’ di negeri ini, Smartfren telah memberikan bukti nyata untuk merealisasikan visinya itu. Butuh contoh? Nyok kita urai satu per satu aksi Smartfren dalam mendorong perkembangan industri kreatif di Indonesia.

Kartu Perdana Smartfren Gaming

Bentuk Ekosistem Esports

Sebagai operator seluler, wajar apabila Smartfren menjadikan paket data internet sebagai senjata utamanya untuk memajukan industri kreatif di Nusantara. Seperti yang sudah diketahui, kebanyakan para pemain di industri kreatif memerlukan akses internet untuk memuluskan usaha mereka.

Bagi generasi muda yang ingin menekuni bidang esports, misalnya, Smartfren menyediakan Kartu Perdana Gaming Smartfren. Dengan modal hanya Rp 16 ribu saja, pengguna bisa mendapatkan keuntungan berupa kuota gaming 7 GB, kuota utama 1 GB, dan 12 diamond yang bisa dipakai untuk membeli item dalam beberapa game populer, seperti Free Fire dan Mobile Legends: Bang Bang.

Tidak sebatas menyediakan kartu perdana dan paket data khusus gaming, operator seluler yang bermarkas di Jalan Sabang, Jakarta Pusat, itu juga memberikan dukungan kepada salah satu tim esports yang tengah naik daun, yakni Genesis Dogma. Selain itu, Smartfren juga kerap ambil bagian dalam sejumlah turnamen esports, termasuk dengan menggelar Scouting Ground Free Fire.

Dalam sebuah kesempatan, Chief Brand Officer Smartfren Roberto Saputra mengatakan bahwa aksi yang dilakukan oleh Smartfren semata-mata ingin mengubah asumsi sebagian masyarakat yang memandang sebelah mata tentang profesi gamer. Sedangkan dalam jangka panjang, industri kreatif diharapkan mampu menjadi sektor yang berkontribusi besar dalam perekonomian nasional.

Pasalnya, merujuk pada data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tahun 2021, industri kreatif berkontribusi sebesar 6,98 persen atau setara Rp 1.134 triliun bagi Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada 2021.

Kontribusi sektor ini diharapkan terus meningkat seiring banyaknya industri kreatif yang bergeliat di masa pandemi, termasuk industri gaming dan esports beserta ekosistemnya.

“Orang-orang ini bisa menjadi gamers content creators, bukan hanya atlet, tetapi mereka bisa juga menjadi esports caster atau MC-nya atau lain-lain. Jadi, bagi kami yang penting adalah bagaimana menyalurkan hobi gaming ini ke arah yang positif,” ucap Roberto.

Persiapan Smartfren jelang ramadan

Perkuat dan Perluas Jaringan Internet

Meski terlihat sepele, peran internet sangat vital dalam mendukung ekosistem industri kreatif di Indonesia. Apalagi saat bulan Ramadan dan Idul Fitri 1444 H lalu, penggunaan internet praktis meningkat, termasuk di kalangan pebisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang transaksi penjualannya meroket.

Untuk memuluskan bisnis mereka, Smartfren meningkatkan kualitas dan coverage jaringan Smartfren mencapai 18% secara nasional. Kemudian saat arus mudik dan balik Lebaran berlangsung, Djoko Tata Ibrahim yang kini menjadi Komisaris Smartfren mengerahkan pasukannya untuk mengirimkan 337 mobile BTS, serta layanan pelanggan yang terus aktif 24 jam.

Hasilnya, lonjakan traffic internet hingga 10%, untuk layanan SMS juga terjadi kenaikan sebesar 8% demikian juga layanan voice terjadi kenaikan 25% dibanding lebaran tahun sebelumnya berhasil ditangani dengan baik.

Smartfren Community

Pahlawan tanpa tanda jasa. Mungkin itulah perumpamaan yang layak disematkan pada para anggota Smartfren Community. Pasalnya, mereka adalah ujung tombak Smartfren dalam mengakselerasikan industri kreatif di Indonesia.

Selain menjadi wadah para anggota untuk menyalurkan minat dan kreativitas mereka masing-masing, Smartfren Community yang jaringannya sudah tersebar di berbagai penjuru wilayah Indonesia ini turut andil bagian dalam mengedukasi masyarakat tentang seluk beluk industri kreatif.

Bahkan belum lama ini, Smartfren Community menggelar roadshow di 22 kota yang ada di Indonesia dalam kegiatan bertajuk Teman Pintar – Santri Ngonten dan Buka Puasa Bersama sekaligus Donasi Sosial.

Head of Community Development Smartfren, Dani Akhyar mengatakan bahwa program Teman Pintar adalah wujud nyata komitmen dan kepedulian Smartfren dalam bidang Pendidikan di Era Digital.

Melalui program ini, Smartfren bertekad untuk mengedukasi para generasi muda, termasuk siswa agar bertransformasi dari konsumen konten menjadi produsen konten di media sosial sehingga bisa membuka peluang menjadi generasi muda yang bisa berkarya tanpa batas.

Nah, itu merupakan bagian kecil dari komitmen Smartfren dalam memajukan industri kreatif di Indonesia. Apakah kamu bisa meniru upaya tersebut? Jangan, kamu gak sanggup, itu berat. Biar Smartfren saja.

Kamu cukup mengikuti program yang ditawarkan oleh Smartfren saja, karena secara tidak langsung, kamu juga berpartisipasi untuk membuat industri kreatif di Indonesia lebih baik lagi.

Tivan Rahmat
The advance of technology is based on making it fit in so that you don't really even notice it, so it's part of everyday life