Jakarta, GayaTekno.id – Melanjutkan komitmennya sebagai digital telco company yang berkontribusi bagi kemajuan bangsa, Telkomsel kembali menggelar IndonesiaNEXT yang kini sudah memasuki musim ketujuh (season 7).
IndonesiaNEXT merupakan program tanggung jawab sosial dari Telkomsel yang membuka peluang lebih luas bagi seluruh pemuda Indonesia untuk meningkatkan kompetensi, keterampilan, dan kapabilitas digital mereka agar dapat menjadi talenta digital berkualitas dan berdaya saing global.
Selama tujuh tahun terakhir, IndonesiaNEXT secara konsisten berfokus pada pengembangan digital skills dengan menunjang perolehan sertifikasi keahlian bagi mahasiswa, baik sertifikasi internasional User Interface & User Experience (UI/UX), Google Search Engine Optimization (SEO), Adobe Illustrator & Photoshop, Microsoft PowerPoint & Excel, maupun sertifikasi nasional digital marketing dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).
Bergulirnya penyelenggaraan tahun ketujuh IndonesiaNEXT dengan tema ’We are the NEXT’ ditandai dengan pelaksanaan Kick-Off IndonesiaNEXT Season 7 di Jakarta, Jumat (2/12/2022).
“Di season 7 ada perubahan konsep karena kita memberikan kurikulum yang lebih relevan bagi mahasiswa sehingga mereka bisa lebih adaptif dengan industri. Karena, mahasiswa harus memiliki keterampilan dalam kompetensi digitalnya,” ujar Saki Hamsat Bramono, Vice President Corporate Communications Telkomsel.
Tahapan Seleksi
Pada penyelenggaraan IndonesiaNEXT Season 7, peserta dari seluruh wilayah Indonesia akan mengikuti setiap proses secara online dengan pola merdeka belajar mandiri dan kreatif dengan metode blended learning (synchronous dan asynchronous).
“Mulai dari webinar nasional yang mendatangkan pemateri yang kompeten di bidangnya. Kemudian tahap kedua, pelatihan hard skill akan ada sertifikasi internasional, Google SEO, Microsoft, dan lain-lain. Ada 2000 orang yang akan diberikan pelatihan, yang disortir menjadi 100 orang untuk masuk ke bootcamp,” papar Nova Sarastuti, CSR Program Manager Telkomsel, dalam kesempatan yang sama.
Pada tahap bootcamp, Telkomsel bakal membekali peserta dengan berbagai softskill, seperti public speaking, dan lain-lain. Peserta yang menjalani tahapan ini akan mendapat sertifikasi internasional.
Selanjutnya, peserta akan dikerucutkan menjadi 34 mahasiswa untuk mengikuti National Bootcamp.
“Pada National Bootcamp, akan ada pelatihan creative thinking. Ini juga ada pelatihan UI/UX beserta sertifikasinya,” imbuh Nova.
Setelah fase national bootcamp, penyelenggara akan memilih 3 peserta terbaik yang berhak mendapatkan dana pendidikan plus diberangkatkan ke Sillicon Valley di Amerika Serikat.
“Selain sertifikasi, Telkomsel juga mengapresiasi para pemenang IndonesiaNEXT Season 7 dengan memberangkatkan mereka ke Silicon Valley untuk menimba ilmu di sana,” tutup Saki.
Kabar baiknya, pendaftaran IndonesiaNEXT Season 7 diperpanjang hingga 18 Desember 2022 mendatang. Pendaftaran berlaku untuk seluruh mahasiswa Indonesia dengan jenjang pendidikan D3 – S2.
Sekadar informasi, sejak penyelenggaraan pertamanya di 2016, IndonesiaNEXT telah menjangkau lebih dari 73 ribu peserta yang berasal dari 2.900 universitas di seluruh Indonesia.
Melalui serangkaian pelatihan dan sertifikasi keahlian di IndonesiaNEXT, seluruh mahasiswa dari segala jurusan di Indonesia, mulai dari jenjang studi Diploma hingga S2, berkesempatan untuk menjadi talenta digital masa depan Indonesia.
Fokus IndonesiaNEXT dalam meningkatkan kemampuan teknologi digital para peserta diharapkan mampu mendorong ekosistem digital di Indonesia yang berdampak pada penguatan ekonomi digital nasional.
Berikan Komentar