GayaTekno.id – Tren terhadap brand dan produk lokal terus tumbuh. Berdasarkan survei yang dilakukan Katadata Insight Center (KIC) di penghujung tahun 2020 menunjukkan bahwa 82,3% responden memilih menggunakan produk lokal karena dimotivasi oleh kebanggaan terhadap produk dalam negeri dan 60,7% karena harga yang terjangkau.
Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat akan brand dan produk lokal sudah semakin besar sehingga diperlukan strategi yang tepat dari sisi inovasi, kemudahan akses pembelian serta marketing dan branding untuk mendorong pertumbuhan yang lebih besar.
“Sejak awal, kami melihat peluang pertumbuhan produk kecantikan lokal di Indonesia cukup besar. Masyarakat mulai beralih membeli produk dari brand lokal yang memang memiliki kualitas yang baik namun tetap memperhatikan harga yang terjangkau bagi konsumen di Indonesia,” papar Gitta Amelia, Co-Founder Secondate Beauty.
“Untuk itu, dalam setiap inovasi produk kami, Secondate Beauty berusaha untuk memperhatikan seluruh aspek penting yang menjadikan produk Secondate Beauty bukan hanya sebagai produk kecantikan, namun juga sebagai identitas dari penggunanya.”
Ia melanjutkan, setidaknya terdapat tiga trik yang dapat dilakukan oleh brand lokal untuk menarik perhatian masyarakat:
Gaungkan kebanggaan atas produk dan brand yang dimiliki
Sebagai brand lokal, tunjukkan rasa bangga sebagai sebuah serta kualitas produk yang dimiliki. Lakukan riset dasar untuk mengetahui tren yang saat menjadi perbincangan publik untuk menciptakan strategi komunikasi yang relevan.
Jangan lupa untuk konsisten menekankan keunggulan produk yang diciptakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia serta daya saing yang tidak kalah dengan produk berskala internasional.
Tentukan strategi komunikasi yang sesuai dengan core value dari brand
Untuk memperkenalkan brand dengan baik ke masyarakat luas, dibutuhkan sebuah strategi komunikasi yang matang dan tepat sasaran.
Sebelum melangkah jauh, tentukan pesan utama yang nantinya akan disampaikan melalui keseluruhan program, konten, kampanye, hingga promo.
Kreativitas sangat dibutuhkan untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan di tengah persaingan yang cukup ketat dengan brand internasional. Jika dikemas dengan menarik, ciri khas dari sebuah brand dapat terus melekat di hati masyarakat.
Terus berinovasi dan beradaptasi dengan minat dan kebutuhan masyarakat
Perubahan situasi dan kondisi yang terus bergerak di masyarakat mengharuskan setiap pegiat usaha untuk berinovasi dan beradaptasi.
Selain terus menciptakan produk yang sesuai dengan minat serta kebutuhan masyarakat, brand lokal juga harus terus memperluas jangkauan produknya dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini.
Dengan menambah channel penjualan ke ranah online dan adopsi pembayaran digital, brand lokal dapat semakin dekat dengan masyarakat yang kini sudah semakin digital.
Berikan Komentar