Jakarta, GayaTekno.id – Untuk memberikan kemudahan dalam menggunakan aplikasi, Tokopedia menambahkan fitur bernama Voice Over.
Secara khusus, fitur Voice Over Tokopedia akan memudahkan difabel, khususnya tunanetra, saat menggunakan aplikasi Tokopedia untuk memenuhi kebutuhan hingga menciptakan peluang.
“Lewat fitur ini kami berharap Tokopedia bisa menjadi platform yang semakin inklusif dan mempermudah lebih banyak masyarakat dari berbagai kalangan, termasuk rekan-rekan difabel,” papar Ferico Samuel, Engineering Manager Tokopedia sekaligus pengembang fitur tersebut.
Ferico juga menjelaskan bahwa kehadiran fitur itu tidak lepas dari kontribusi difabel yang sekaligus menjadi pengguna Tokopedia.
“Fitur Voice Over terus dikembangkan sesuai masukan rekan-rekan difabel yang menggunakan Tokopedia agar selalu relevan dengan kebutuhan mereka,” imbuhnya.
Mendapatkan Respons Positif
Inovasi Tokopedia ini rupanya mendapatkan respons positif dari tunanetra pengguna Tokopedia, Maria Hardono.
“Fitur Voice Over Tokopedia membantu saya dalam proses belanja daring. Saya bisa mendengarkan review produk dari pembeli lain, berbelanja dengan e-wallet dan mengikuti berbagai promo serta live shopping,” ujarnya
Serupa dengan Maria, tunanetra lainnya yang merupakan pengguna sekaligus pelaku usaha di Tokopedia, M. Reza Akbar, mengatakan menjelaskan bahwa fitur Voice Over di Tokopedia membuatnya lebih mandiri, khususnya dalam memenuhi kebutuhan harian serta menjalankan bisnis secara lebih mudah dan juga nyaman.
Saat ini, fitur Voice Over sudah bisa diakses melalui sistem iOS dan akan terus dikembangkan ke segala jenis sistem smartphone, termasuk Android.
Berikan Ruang Berkarir Bagi Difabel
Tak hanya itu, Tokopedia melalui Tokopedia Bersama pun berfokus pada pemberdayaan kelompok difabel agar menjadi lebih mandiri secara sosial maupun ekonomi.
Misal, lewat pembukaan kanal donasi, pelatihan keterampilan, akses terhadap pengembangan usaha dan masih banyak lagi.
Di sisi lain, Tokopedia, yang kini menjadi rumah bagi lebih dari 6.000 Nakama (sebutan karyawan Tokopedia), juga terus membuka kesempatan bagi talenta terbaik, termasuk difabel, untuk berkarya bersama dan menciptakan beragam inovasi digital.
Deva Prasetya Wibowo dan Shaleh Mahfud adalah contoh Nakama difabel di Tokopedia Care Yogyakarta yang bergabung sejak 2019 dan konsisten berkontribusi mempermudah masyarakat Indonesia lewat layanan pengguna 24/7.
“Deretan inisiatif Tokopedia diharapkan dapat memberikan solusi menyeluruh yang dapat membantu masyarakat Indonesia, khususnya rekan-rekan difabel, memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga menciptakan peluang sekaligus #BangkitBersama memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi,” tutup Ferico.
Berikan Komentar